Advertisement

Rekomendasi 3 Tempat Wisata Jogja yang Lebih Syahdu saat Hawa Dingin Tiba

Tri Indah Lestari (ST22)
Minggu, 21 Mei 2023 - 19:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Rekomendasi 3 Tempat Wisata Jogja yang Lebih Syahdu saat Hawa Dingin Tiba Kondisi terkini Waduk Sermo, di Kecamatan Kokap, Kulonprogo, Jumat (21/6/2019). - Harian Jogja/Jalu Rahman Dewantara

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Teriknya panas matahari seringkali menjadi hal yang paling banyak dikeluhkan para pelancong saat sedang berwisata. Lain halnya saat hawa dingin tiba, mereka akan cenderung bersemangat. 

Hawa dingin turut membuat tempat wisata jauh lebih syahdu untuk dikunjungi. Di Jogja, berikut tiga rekomendasi yang patut kamu kunjungi:

Advertisement

1. Ledok Sambi

Segar dan sejuknya udara kaki gunung Merapi ditambah dengan aliran sungai sebagai sajian utama objek wisata di Ledok Sambi, akan terasa lebih syahdu saat hawa dingin tiba. Apalagi jika cuaca berawan, kamu tidak perlu khawatir akan kepanasan. Kamu juga bisa berkemah bersama teman atau keluarga hanya bermodalkan RP35.000 saja per orang untuk biaya tiket masuk.

Tak punya perlengkapan berkemah? Tenang pengelola wisata menyediakannya dan kamu cukup membayar seharga Rp120.000 per malam. Ada pula kegiatan lain seperti paintball dan outbound yang selain merenung menikmati aliran sungai dan hijaunya pepohonan.

Baca juga: Pemda DIY Lelang 37.743 Liter Minyak Kayu Putih, Tertarik?

Ledok Sambi berlokasi di utara Jogja tepatnya di KM. 19 Jalan Kaliurang No.2, Desa wisata Sambi, Pakembinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta.

2. Bersepeda di area sawah dan pantai

Berlokasi di Tirtohargo Bantul, ada satu aktivitas seru yang bisa kamu coba yakni bersepeda menyusuri pesona Bantul sisi selatan antara hijaunya lahan persawahan hingga deburan ombak dari Pantai Sadranan.

Hawa dingin Jogja akan menambah aktivitas gowesmu lebih syahdu, wisata yang dikelola Basikal with View ini terbagi atas dua waktu saja yakni di pagi hari mulai pukul 06.00 atau sore hari pukul 15.00.

Nantinya kamu bisa ikut open trip dengan rute sejauh 12-13 km berdurasi ±2,5 jam akan dibekali sepeda, air minum, poncho bila hujan, dan dokumentas yang mesti kamu pesan terlebih dahulu melalui kontak yang ada di Instagram @basikalwithview

3. Waduk Sermo

Menikmati refleksi senja di tepian Waduk Sermo akan membawa ketenangan jiwa. Wisatawan bisa melepaskan lelah dari kesibukan bekerja atau aktivitas harian. Hawa dingin akan semakin menambah syahdunya suasana di Sermo. 

Waduk seluas kurang lebih 157 ha dengan latar hutan dan Pegunungan Menoreh ini berlokasi di Sremo Lor, Hargowilis, Kokap, Kulon Progo, Yogyakarta. Perlu merogoh saku untuk tiket masuk wisata seharga Rp6.000 per orang. Bagi kamu yang ingin berkemah maka akan dikenakan biaya sebesar Rp15.000 per orang.

Dibangun sejak tahun 1994 selain menjadi objek wisata waduk sermo digunakan untuk meningkatkan irigasi, pengelolaan air agar terhindar dari banjir, bahkan sarana olahraga air.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

KPU Kota Jogja Siap Merekrut PPK-PPS untuk Pilkada 2024, Cek Caranya

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 18:17 WIB

Advertisement

alt

Stres Memicu Sakit Punggung, Ini Penjelasannya

Lifestyle
| Jum'at, 19 April 2024, 14:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement