Advertisement

Gereja Terkecil di Dunia, Lokasinya Unik Ada di Tengah Kolam

Lajeng Padmaratri
Jum'at, 26 Mei 2023 - 20:37 WIB
Lajeng Padmaratri
Gereja Terkecil di Dunia, Lokasinya Unik Ada di Tengah Kolam Kapel Cross Island, gereja terkecil di dunia yang ada di New York. - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sebuah gereja di New York dinobatkan sebagai gereja terkecil di dunia. Pasalnya, gereja itu hanya muat dua sampai enam jemaah saja.

Gereja terkecil di dunia itu bernama Kapel Cross Island yang berada di New York, Amerika Serikat. Sebuah papan penanda di dekat kapel itu menuliskan bahwa gereja yang didirikan pada 1989 itu memiliki luas hanya 28,68 kaki persegi atau sekitar 266,4 meter persegi.

Advertisement

Tak hanya unik karena ukurannya, lokasi kapel itu juga tidak pernah terbayangkan bagi banyak orang. Pasalnya, Kapel Cross Island berada di tengah danau bernama Oneida. Jika dilihat dari jauh, kapel yang dicat putih mungil itu seolah mencuat dari tengah kolam.

Melansir Atlas Obscura, gereja itu idealnya hanya mampu menampung dua orang, namun jika ingin dimaksimalkan bisa menampung enam orang di dalamnya. Kondisi itu menjadikan kapel ini menjadi gereja non-denominasi terkecil di dunia.

Kendati demikian, sejumlah pernikahan rupanya pernah dilakukan di kapel mungil ini. Meski berdesak-desakan, namun gereja itu tetap muat untuk menampung mempelai wanita, mempelai pria, dan seorang pendeta untuk menikahkan mereka.

Jika ada kesempatan mampir ke gereja terkecil di dunia ini, jangan lupa mengabadikan foto. Meski demikian, gereja itu hanya bisa dikunjungi jika sudah membuat janji.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Pemadaman Jaringan Listrik di Kota Jogja Hari Ini, Cek Lokasi Terdampak di Sini

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 06:27 WIB

Advertisement

alt

Mulailah Perjalanan Kuliner di sepanjang Pesisir Aegea di Turki

Lifestyle
| Jum'at, 26 April 2024, 03:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement