Advertisement

Satu-satunya di Dunia, Negara Ini Punya Museum Khusus Semangka

Lajeng Padmaratri
Kamis, 15 Juni 2023 - 23:27 WIB
Lajeng Padmaratri
Satu-satunya di Dunia, Negara Ini Punya Museum Khusus Semangka Di China, berdiri sebuah museum khusus semangka. - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, BEIJING—Sebuah pedesaan tepat di selatan Kota Beijing adalah salah satu daerah penghasil semangka terberat di dunia. Uniknya, di daerah itu juga didirikan museum semangka.

Melansir Atlas Obscura, museum unik itu didirikan di Kota Panggezhuang, Distrik Daxing, Beijing, China. Penduduk di wilayah itu menjadikan semangka sebagai salah satu hal yang perlu diberi penghormatan hingga dijadikan obyek museum.

Advertisement

Didirikan pada tahun 2002, China Watermelon Museum atau Museum Semangka China memiliki luas 4.000 meter persegi. Museum ini menelusuri asal muasal semangka dari tempat kelahirannya di Afrika bagian selatan hingga pendakian akhirnya ke luar angkasa.

Berbentuk seperti semangka besar yang dipisahkan oleh dua daun hijau besar, arsitektur museum ini sangat menarik perhatian. Dinamakan "semangka terbang", motif desainnya melambangkan melonjaknya produksi semangka di Daxing. Di luar tembok bangunan utama terdapat relief yang mencerminkan sejarah produksi semangka Cina. Ini adalah satu-satunya museum semangka di dunia.

Museum modern futuristik ini dikemas dengan berbagai ornamen lilin semangka, menampilkan berbagai varietas dari seluruh dunia, dan dikelilingi oleh lampu neon yang melimpah. Pajangan di sana mencakup hampir setiap aspek tentang semangka, dari sejarah mereka, hingga metode penanaman.

Selain itu, ada juga puisi China kuno yang dipajang yang mengacu pada buah segar itu, serta segala macam tanda dan plakat informasi. Bahkan bangunannya sendiri dihiasi dengan semangka impresionistik raksasa di atas pintu depan.

Sayangnya, tidak ada pameran di sini yang memiliki terjemahan dalam bahasa Inggris, tetapi mata pengunjung akan dipenuhi dengan berbagai ornamen semangka yang cerah, sehingga pengunjung akan terpukau dengan suasananya.

Waktu terbaik untuk mengunjungi museum ini adalah musim panas, sehingga pengunjung tidak hanya dapat mempelajari budidaya semangka lebih dalam, tetapi juga mencicipi berbagai jenis semangka dari seluruh dunia.

Museum Semangka hanya buka dari Senin sampai Jumat. Tiket masuknya 20RMB atau sekitar Rp50 ribu. Tertarik berkunjung?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Sultan Jogja Ingatkan Abdi Dalem Harus Jadi Penjaga Budaya

Jogja
| Rabu, 08 Mei 2024, 08:27 WIB

Advertisement

alt

Siklus Menstruasi Anda Bisa Jadi Barometer Kesehatan

Lifestyle
| Selasa, 07 Mei 2024, 23:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement