Advertisement

4 Kuliner Jajanan Enak dan Legendaris di Jogja

Tri Indah Lestari (ST22)
Jum'at, 16 Juni 2023 - 09:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
4 Kuliner Jajanan Enak dan Legendaris di Jogja Mbah Satinem saat meracik lopis pesanan pelanggannya, Selasa (26/7/2022). - Harian Jogja/Tri Indah Lestari\\r\\n\\r\\n

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Ingin puas kulineran di Jogja yang tidak mudah membuat perut kenyang? Atau hanya ingin kudapan pengganjal rasa lapar? Tenang, kamu bisa menjajal aneka jajanan enak dan legendaris yang porsinya cenderung lebih sedikit tanpa khawatir kekenyangan.

Jajanan-jajanan berikut ini sudah ada sejak lama dan masih dilestarikan oleh generasi selanjutnya hingga saat ini.

Advertisement

Lantas apa saja aneka jajanan atau kudapan pengganjal lapar enak nan legendaris di Jogja? Simak beberapa rekomendasi berikut ini:

1. Lumpia Samijaya

Menghabiskan waktu mengitari kawasan Malioboro belum lengkap jika tidak menjajal kuliner Lumpia Samijaya, lumpia goreng dengan isian sayur, ayam, dan telur puyuh ditambah taburan bawang putih dan parutan bengkuang yang gurih nan renyah teramat sayang untuk dilewatkan.

Mengandalkan lapak kecil di tengah gang kecil di sebelah utara Eks Hotel Mutiara, satu buah lumpia bisa kamu dapatkan dengan harga Rp5.000 untuk versi isian sayuran serta daging ayam saja dan Rp6.000 bila ditambah telur puyuh serta cabai rawit hijau utuh penambah cita rasa pedas.

Baca juga: Jajal Pesona Gunung Ireng Gunungkidul, Spotnya Melamun di Atas Bukit

Kuliner lumpia yang pertama kali dijajakan pada 1970 silam dan kini dilanjutkan generasi kedua kini telah membuka cabang lain di Jalan Mataram No.44, Suryatmajan, Danurejan, Yogyakarta.

2. Bakpao Goreng Mega Jaya

Kudapan asal negeri tirai bambu yang tersebar di seluruh penjuru Nusantara ini tampil beda namun patut dicoba. Bakpao yang umumnya diolah dengan cara dikukus justru digoreng. Bakpao Mega Jaya menyediakan isian manis seperti rasa cokelat, stroberi, atau kacang ijo maupun gurih dari bakpao rasa ayam.

Satu buah bakpao yang dibanderol Rp3.500 dan Rp5.000 untuk kuliner bakpao goreng yang kehangatan dan isiannya siap menyelimuti lidah dengan kenikmatan manis atau gurih yang makin terasa. Menemukan bakpao satu ini perlu keberuntungan karena biasanya berkeliling di daerah kota Jogja. Kamu bisa coba mencarinya di sekitar Pasar Ngasem atau sekitar Jalan Kusumanegara dan Jl. Glagahsari.

3. Lopis Mbah Satinem

Untuk menjajal lopis buatan Mbah Satinem ini kamu harus rela antri mulai pagi buta mengingat dagangannya begitu cepat ludes tak bersisa setiap harinya. Mbah Satinem biasanya mulai menjajakan lopis sejak pukul 06.00 pagi dan sudah ia lakoni dari tahun 1963.

Kuliner tradisional seharga Rp10.000 per porsinya berisi lopis, cenil, gatot, tiwul, ketan dibaluri dengan lelehan gula merah dan parutan kelapa ini berada tak jauh dari sebelah barat Tugu Pal Putih Jogja maupun Pasar Kranggan, tepatnya di Jalan Bumijo No. 52-40, Bumijo, Jetis, Kota Jogja.

4. Rujak Es Krim Pak Nardi

Rujak yang identik dengan aneka buah berpadu dengan saus kacang memiliki citarasa manis, pedas, asam, segar, dan pedas. Namun siapa yang menyangka rujak dan es krim bisa jadi paduan yang sempurna.

Dinginnya kuliner es krim memberi sensasi baru tapi bikin nagih, terutama jika disantap saat cuaca panas. Berada di sisi barat Pakualaman tepatnya di Jalan Harjowinatan, Purwokinanti, Yogyakarta, terdapat satu kedai kecil bernama Rujak Es Krim Pak Nardi sekaligus pioner rujak es krim di Jogja.

Rujak Es Krim Pak Nardi telah berdiri sejak 1978, kini kamu bisa mencicipi satu piring kecil rujak es krim ini cukup berbekal uang sebanyak Rp8.000 saja.

Itulah empat kuliner legendaris yang bisa kamu temui saat berwisata di Jogja. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Dua TPS 3R Belum Beroperasi, Sampah di Kota Jogja Diolah Swasta Pakai Sistem Tipping Fee

Jogja
| Kamis, 02 Mei 2024, 20:57 WIB

Advertisement

alt

Gula Menyebabkan Jerawat? Berikut Penjelasan para Ahli

Lifestyle
| Kamis, 02 Mei 2024, 08:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement