Advertisement

Rekomendasi Aktivitas Seru saat Liburan Sekolah di Jogja

Tri Indah Lestari (ST22)
Senin, 19 Juni 2023 - 23:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Rekomendasi Aktivitas Seru saat Liburan Sekolah di Jogja Ilustrasi camping di alam - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Tak sedikit wisatawan yang memilih menghabiskan waktu liburan sekolah di Jogja. Alasannya, di Jogja bisa mendapatkan pengalaman seru berwisata, baik wisata alam, sejarah, budaya, maupun wisata kuliner.

Wisata yang menawarkan aktivitas seru baik dengan tujuan sekadar rekreasi atau edukasi sering pula menjadi pilihan keluarga saat menghabiskan masa liburan sekolah.

Advertisement

Lantas, aktivitas seru apa saja yang bisa dilakukan saat liburan sekolah di Jogja? Simak rekomendasinya berikut ini:

1. Berenang

Berenang di kolam renang mungkin sudah biasa, tapi bagaimana dengan berenang di waterboom? Tentu jauh lebih menyenangkan karena dapat menjajal berbagai permainan air yang dapat memacu adrenalin selama liburan.

Misalnya di Jogja Bay atau yang kini dikenal sebagai Waterboom Jogja, yang pernah tercatat sebagai waterboom terbesar se-Asia Tenggara. Di sini ada 19 wahana permainan air yang berdiri di tanah seluas kurang lebih 7,7 hektare. Menariknya selain mencoba wahana air, terdapat pula Museum Air yang dapat menambah ilmu. 

Baca juga: Indonesia vs Argentina: Menunggu Pembuktian Shin Tae-yong

Wisatawan perlu merogoh saku untuk biaya tiket masuk sebesar Rp45.000 di hari biasa dan Rp55.000 di akhir pekan.

2. Jelajah Satwa

Untuk mengenal beragam satwa nusantara, wisatawan dapat berkunjung ke kebun binatang Gembira Loka. Bonbin alias kebun binatang ini membagi satwanya menjadi enam zona yakni zona cakar, zona mamalia, zona petting zoo, zona primata, zona reptil, dan zina taman burung. Tiket masuk Gembira Loka adalah Rp60.000 saat hari biasa dan Rp75.000 saat libur akhir pekan.

Selain itu wisatawan juga dapat mengunjungi Suraloka Zoo. Di sini wisatawan selain bisa berinteraksi dengan berbagai satwa seperti unggas, mamalia, reptil, amfibi, dan ikan, juga dapat menikmati wahana lain seperti flying fox, menaiki kuda, high rope, Game Augmented Reality, dan sejumlah wahana lain. Untuk masuk Suraloka perlu membayar tiket sebesar Rp30.000, belum termasuk dengan biaya wahana lainnya.

3. Panen Salak

Sisi utara Jogja yakni di Turi Sleman dikenal sebagai penghasil buah salak. Wisatawan dapat merasakan langsung sensasi memetik buah salak dari pohonnya. Tentunya wisatawan juga dapat menjajal langsung kelezatan dari buah salak yang baru dipetik. Salah satu jenis salak yang cukup populer ialah salak pondoh. Ada pula jenis lain seperti salak madu, salam semeru, hingga salak gading. Pengunjung juga dapat mengikuti workshop pengolahan salak.

Salah satunya kamu dapat mampir ke Omah Salak Sleman yang berada di Jalan Perum Gama Asri No.S-45, Kenteng, Wonokerto, Turi, Sleman, Yogyakarta. Tiket masuknya amat terjangkau yakni Rp3.000 saja, sementara untuk wisata edukasi Rp15.000 dan workshop olahan salak Rp75.000.

4. Camping atau berkemah

Menikmati pemandangan alam dengan berkemah bisa menjadi aktivitas seru saat liburan sekolah. Kegiatan ini bisa dilakukan di daerah pegunungan, pedesaan, maupun di tepi pantai.

Salah satu tempat yang patut di coba saat liburan ialah camping di Pantai Ngrumput. Di sini selain mengeksplorasi kecantikan Pantai Ngrumput dari tepi laut, ada pula puncak Kosakora yang menawarkan lanskap deretan Pantai Drini, Pantai Watu Kodok, Pantai Kukup hingga mercusuar di Pantai Baron. Wisatawan yang berkemah cukup membayar sebesar Rp15.000 per orang dan jika ingin menyewa tenda akan dikenai biaya sewa mulai dari Rp60.000 hingga Rp100.000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kabar Duka, Mantan Bupati Bantul Suharsono Meninggal Dunia

Bantul
| Senin, 06 Mei 2024, 07:37 WIB

Advertisement

alt

Tips Terhindar dari Dehidrasi hingga Heat Stroke Akibat Cuaca Panas

Lifestyle
| Sabtu, 04 Mei 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement