Advertisement

Pantai Unik di Inggris, Airnya Bisa Menyala Biru Saat Malam Hari

Lajeng Padmaratri
Minggu, 25 Juni 2023 - 20:47 WIB
Lajeng Padmaratri
Pantai Unik di Inggris, Airnya Bisa Menyala Biru Saat Malam Hari Pantai di Inggris memiliki air laut yang bercahaya biru seperti magis. - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, ANGLESEY—Sebuah pantai di Inggris ramai dikunjungi wisatawan yang ingin melihat fenomena unik air laut bercahaya biru seperti magis. 

Fenomena alam sering ditemukan di tempat-tempat tropis di seluruh dunia. Namun, sebuah pantai di Anglesey, Wales, Inggris rupanya juga memiliki keunikan tersendiri.

Advertisement

Di sana, ada pantai yang air lautnya bercahaya biru saat malam hari. Cahaya itu seperti berpendar dan menarik perhatian siapapun yang melihatnya. Faktanya, cahaya biru yang terlihat di perairan itu adalah plankton bioluminescent yang bercahaya.

Fenomena ini bisa disaksikan juga di Semenanjung Gower. Namun, pekan ini, Penmon Point di timur laut Anglesey yang menjadi favorit para fotografer.

Mulanya, pantai itu sudah ditutup oleh pengelolanya. Namun, baru-baru ini fenomena unik itu membuat pantai itu dibuka kembali.

Melansir Mirror, efek eye-catching itu sebenarnya adalah hasil dari plankton bioluminescent konsentrasi tinggi yang ketika mereka bergerak menyebabkan air menyala dengan efek 'bersinar dalam gelap'.

Ini adalah fenomena alam yang langka, karena diperlukan konsentrasi plankton yang sangat tinggi untuk membuat efeknya terlihat jelas. Untuk membuat satu galon air menyala saja, dibutuhkan ribuan plankton ini. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika hanya beberapa pantai di seluruh dunia yang mengalami efek luar biasa ini.

Mengetahui kondisi terbaik untuk melihat plankton itu sulit, dan bahkan ketika bintang-bintang sejajar, tampilan sering gagal terwujud. Plankton tampaknya menyukai laut yang hangat dan hari yang cerah, dengan tampilan terbaik yang sering terlihat pada malam yang lebih gelap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Mirror

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

PDIP Sleman Buka Penjaringan Calon untuk Pilkada 2024, Ini Kriterianya

Sleman
| Minggu, 28 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Mengatasi Anemia dengan Makanan, Ini Daftarnya

Lifestyle
| Minggu, 28 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement