Advertisement

Unik, Kota Ini Dibangun dengan Jutaan Berlian Meteorit

Lajeng Padmaratri
Kamis, 29 Juni 2023 - 15:17 WIB
Lajeng Padmaratri
Unik, Kota Ini Dibangun dengan Jutaan Berlian Meteorit Kota Nrdlingen di Jerman dengan pemandangan cincin kawah meteorit. - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, BERLIN—Salah satu kota unik di dunia adalah kota Nördlingen di Jerman. Pasalnya, kota ini terkenal menggunakan banyak berlian meteorit mikro dalam pembangunannya.

Nördlingen terletak di wilayah Swabia Bavaria di Jerman selatan. Lokasinya di antara kota-kota Stuttgart dan Munich. Kota ini adalah salah satu lokasi utama di Romantic Road, yaitu ruas jalan dengan banyak tempat terbaik di Jerman selatan.

Advertisement

Melansir The Travel, sekitar 15 juta tahun lalu, selama periode Miosen, sebuah meteorit menghantam Jerman selatan dengan diameter sekitar 25 kilometer. Meteor itu diyakini telah menabrak bumi dengan kecepatan sekitar 70.000 km/jam meninggalkan kawah Nördlingen Ries yang terlihat di sana hari ini.

Dampak meteorit pada endapan grafit lokal menciptakan jutaan berlian kecil. Dipercaya bahwa dampaknya membuat area tersebut penuh dengan sekitar 72.000 ton berlian mikro berukuran 0,2 mm.

Kota itu dibangun di dalam cekungan kawah sekitar 6 kilometer barat daya dari pusatnya. Mereka menggunakan batu itu untuk membangun bangunan Abad Pertengahan. Orang setempat menggali batu dari kawah itu tanpa menyadari mereka sedang membangun kota di tengah kawah meteorit. 

Untuk melihat pemandangan kota yang menakjubkan, saat berada di Nördlingen, naiklah ke puncak gereja St. George-Kirche. Di puncak gereja, pengunjung dapat melihat cincin kawah dari kejauhan.

Jika berkunjung ke Museum Kawah Ries di sana, pengunjung juga bisa melihat batu bulan dari misi Apollo 16.

Menarik untuk dikunjungi, bukan?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jelang Pilkada 2024, Bawaslu Awasi Pejabat Daerah Gunungkidul

Gunungkidul
| Kamis, 02 Mei 2024, 20:07 WIB

Advertisement

alt

Gula Menyebabkan Jerawat? Berikut Penjelasan para Ahli

Lifestyle
| Kamis, 02 Mei 2024, 08:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement