Advertisement

3 Rekomendasi Resto Kuliner ala Kraton Jogja

Tri Indah Lestari (ST22)
Sabtu, 08 Juli 2023 - 05:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
3 Rekomendasi Resto Kuliner ala Kraton Jogja Bale Raos Resto. (Instagram - baleraosresto)\\r\\n

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kehidupan seputar Kraton Jogja menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Silsilah kerajaan hingga kuliner favorit petinggi kraton menjadi hal menarik untuk diulik. 

Soal kulinernya, wisatawan dapat mencicipi sajian khas kraton di beberapa resto. Disajikan dengan resep otentik turun temurun dari keluarga kerajaan, resto-resto di bawah ini menghadirkan makanan bangsawan Jogja ke tengah masyarakat jelata.

Advertisement

Berikut ini resto dengan sajian kuliner khas Kraton Jogja:

1. Bale Raos

Kulineran di Bale Raos, pengunjung dapat mencicipi tiap hidangan favorit raja Kesultanan Yogyakarta mulai dari Sri Sultan HB VIII sampai dengan X, tentunya dengan resep yang otentik dan kelezatan rasa khas hidangan kerajaan.

Dua hidangan yang patut dicoba ialah Gecok Ganom, olahan daging dengan kuah santan bercita rasa gurih dan Urip Urip Gulung yang berbahan dasar ikan lele fillet yang dipanggang berpadu dengan saus mangut. Wajib pula mencoba Beer Jawa, sesuai racikan dari Sri Sultan HB VIII dari campuran jahe, kayu secang, cengkeh, jeruk nipis, dll.

Baca juga: Minta Setop Tradisi Brandu, Pemkab Gunungkidul: Ikut Asuransi Ternak Saja!

Nuansa kerjaan semakin kental dengan arsitektur bangunan serta sajian alunan Gending Jawa yang tak jarang tampil bersama pertunjukan seni tari jawa klasik (beksan) atau musik keroncong di setiap sabtu malam. Lokasinya sendiri masih sekitar lingkungan Keraton tepatnya di Jalan Magangan Kulon No.1, Panembahan, Kraton, Yogyakarta.

2. Sekar Kedhaton Restaurant Kotagede

Resto yang berdiri sejak 18 tahun lalu ini mengusung tema dan membawa nuansa khas era Kerajaan Mataram Islam. Sekar Kedhaton Restaurant Kotagede berada di tengah area destinasi wisata Kotagede, tepatnya di Jalan Tegal Gendu No.28, Prenggan, Kotagede, Yogyakarta.

Bangunan restoran pun penuh nilai historis serta dipenuhi ornamen khas etnis Jawa yang begitu kental. Iga Brongkos, Ayam Panggang Lembaran, Empal Suir Kecombrang menjadi menu andalan dari Sekar Kedhaton, kelezatan citarasa hidangan lain yang memadukan menu ala Jawa, Asia, dan Barat pun turut menarik para wisatawan asing.

3. Gadri Resto

Masih di sekitar area Kraton terdapat Gadri Resto berada di Ndalem Joyokusuman atau rumah dari Pangeran Joyokusumo yakni adik Sri Sultan Hamengkubuwono X, tepatnya berada di Jalan Rotowijayan Nomor 5, Kadipaten, Kraton, Yogyakarta.

Setibanya disini, Nasi Blawong yakni nasi rempah berpadu ayam kampung bacem, daging lombok kethok, telur pindang, sambal, dan rempeyek teri menjadi menu yang wajib dicoba sebab satu sajian khusus saat ulang tahun harian Sultan (weton).

Hingga kini rumah masih ditempati oleh istri dan anak-anak dari pangeran Joyokusumo, membuat Gadri Resto terasa seperti makan dirumah bangsawan ditemani arsitektur, ornamen, dan dekorasi khas Kraton sekilas bagai museum bersejarah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal KRL Solo Jogja Jumat 3 Mei 2024, Berangkat dari Stasiun Palur Solo

Jogja
| Jum'at, 03 Mei 2024, 02:37 WIB

Advertisement

alt

Gula Menyebabkan Jerawat? Berikut Penjelasan para Ahli

Lifestyle
| Kamis, 02 Mei 2024, 08:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement