Advertisement

Jarang Terjadi, Ada Pantai dengan Pasir Warna Biru

Lajeng Padmaratri
Minggu, 16 Juli 2023 - 23:17 WIB
Lajeng Padmaratri
Jarang Terjadi, Ada Pantai dengan Pasir Warna Biru Ilustrasi pasir biru. - iStock

Advertisement

Harianjogja.com, WINDHOEK—Pasir pantai umumnya berwarna hitam atau putih. Namun di Namibia, pengunjung dapat menemukan pasir biru cerah.

Melansir IFL Science, warna biru pada pasir pantai itu berasal dari sodalit, mineral tektosilikat berwarna biru yang banyak digunakan sebagai batu permata ornamental. Mineral pembentuk batuan ini ditemukan dalam batuan beku yang mengkristal dalam magma yang kaya akan natrium.

Advertisement

BACA JUGA : 4 Rekomendasi Penginapan View Pantai di Jogja

Sodalit mengandung natrium, aluminium, silikon, oksigen, dan klorin dan dapat seragam dalam warna atau garis-garis agar terlihat seperti pemandangan laut badai di atas batu. Penampilannya membuatnya menjadi pilihan populer untuk perhiasan berwarna biru.

Mineral ini membentuk batuan, tetapi di daerah di mana sodalit biasa terjadi, endapan yang lebih besar mungkin merupakan hasil aktivitas manusia karena penambangan sodalit menggiling mineral menjadi ukuran seperti pasir. Sodalite ditemukan di seluruh dunia, termasuk AS, Kanada, Rusia, dan Greenland, tetapi tidak ada yang membanggakan selain pantai di Namibia, berupa pasir pantai berwarna biru.

BACA JUGA : Bawa Pulang Pasir dari Pantai Ini, Wisatawan Bakal Dikenai Denda Rp49 Juta!

Pada pantai di Namibia, kondisi penambangan dan erosi dari angin serta ombak menjadi berkat pasir alami karena mereka dapat menghancurkan bebatuan yang lebih besar hingga jatuh ke dasar laut dan membuat pantai yang seluruhnya biru. 

Jadi lain kali Anda berada di pantai, mengapa tidak mengambil segenggam pasir dan melihat warna pasir apa yang bisa Anda temukan?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Ini Ruas Beserta Estimasi Biaya Perbaikan yang Diusulkan Melalui Program Jalan Inpres Daerah di Gunungkidul

Gunungkidul
| Minggu, 28 April 2024, 14:37 WIB

Advertisement

alt

Waspada! Perempuan Lebih Berisiko Terkena Diabetes Dibandingkan Laki-Laki

Lifestyle
| Sabtu, 27 April 2024, 15:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement