Advertisement

Ini Kafe Tertua di Dunia, Jadi Tempat Nongkrong Sejumlah Tokoh Terkenal

Lajeng Padmaratri
Rabu, 02 Agustus 2023 - 20:47 WIB
Lajeng Padmaratri
Ini Kafe Tertua di Dunia, Jadi Tempat Nongkrong Sejumlah Tokoh Terkenal Kafe di Paris, Prancis yang bernama Le Procope merupakan salah satu kafe tertua di dunia. - Wikipedia

Advertisement

Harianjogja.com, PARIS—Sebuah kafe di Paris, Prancis rupanya termasuk dalam salah satu kafe tertua di dunia. Meski usianya 300 tahun lebih, kafe ini masih berdiri tegak dan siap melayani pelanggan.

Sebuah kafe tertua di dunia ada di Prancis yang bernama Le Procope atau Cafe Procope. Kafe itu berdiri sejak tahun 1686, otomatis saat ini usianya 337 tahun!

Advertisement

BACA JUGA: Kafe di Jogja, Ini 3 Rekomendasi bagi Anda yang Ingin Nuansa Seni

Keberadaan kafe itu membuktikan bahwa ngopi dan nongkrong bukanlah budaya yang baru-baru ini terbentuk. Budaya ini sudah lama berlangsung, bahkan sejak awal abad ke-12.

Melansir Mashed.com, kafe ini rupanya populer di kalangan orang penting pada masa itu. Antara lain, filsuf Jean-Jacques Rousseau dan Denis Diderot; matematikawan Jean-Baptiste le Rond d'Alembert; dan penulis Voltaire serta revolusioner Georges Danton, Jean-Paul Marat, dan Maximilien Robespierre.

Bahkan jika Anda tidak mengetahui sejarah Prancis, ada beberapa mantan pelanggan La Procope yang namanya terkenal. Mulai dari Thomas Jefferson, alias POTUS #3, yang dikenal sering nongkrong di sana, begitu juga ‘Tuan $100’, Benyamin Franklin.

BACA JUGA: Kafe Jepang Luncurkan Es Krim Unik Berbentuk Pedang Ninja, Tertarik Mencoba?

Jika tidak percaya, kafe ini memiliki plakat peringatan yang membuktikan fakta tersebut. Tergantung di jendela adalah tanda yang menandai situs di mana Franklin menyusun Perjanjian Aliansi 1778 antara Prancis dan Amerika Serikat yang akan membuat Prancis mengakui Amerika Serikat sebagai negaranya sendiri dan mendukung perjuangannya untuk kemerdekaan.

Plakat lain yang ditemukan di dalam restoran tersebut disumbangkan oleh Virginia Society dan menyatakan bahwa Thomas Jefferson sering makan di restoran tersebut antara tahun 1784 dan 1789. Selama itu, dia adalah duta besar AS untuk Prancis. Pelayannya, James Hemings, menjadi koki terlatih Prancis pertama di Amerika .

Kabar baiknya, Anda juga bisa makan di tempat para tokoh itu pernah makan. Besar kemungkinan setiap pengunjung bisa mencicipi menu yang pernah dicicipi oleh para tokoh itu lebih dulu. Pasalnya, kafe ini mempertahankan resep sejarah tertentu di menunya hingga hari ini, termasuk semur daging sapi muda, coq au vin, pipi sapi yang direbus, dan casserole kepala anak sapi yang selalu populer, yang berasal dari tahun 1686.

Berminat mencoba?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Mashed.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Pemadaman Listrik di Kota Jogja dan Bantul Hari Ini, Mulai Pukul 10.00 WIB

Jogja
| Senin, 06 Mei 2024, 06:47 WIB

Advertisement

alt

Tips Terhindar dari Dehidrasi hingga Heat Stroke Akibat Cuaca Panas

Lifestyle
| Sabtu, 04 Mei 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement