Advertisement

Suka Makanan Khas Palembang? Ini Rekomendasi Kedai Pempek di Jogja

Sirojul Khafid
Minggu, 06 Agustus 2023 - 22:17 WIB
Arief Junianto
Suka Makanan Khas Palembang? Ini Rekomendasi Kedai Pempek di Jogja Ilustrasi pempek palembang - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Salah satu keuntungan berada di Jogja sebagai Kota Pelajar, makanannya juga berasal dari berbagai daerah sebagai salah satu objek wisata kuliner di Jogja. Salah satunya pempek, makanan yang terkenal berasal dari Palembang.

Ada permintaan ada penawaran. Hukum dasar terciptanya pasar. Saat mungkin banyak warga Palembang yang tinggal di Jogja, kemudian rindu dengan makanan khasnya, muncullah para pedagang pempek. Pedagangnya bisa asli orang Palembang atau bukan. Namun biasanya produsen yang asli dari Palembang rasanya akan lebih original.

Advertisement

Mencoba pempek bisa jadi salah satu pintu masuk mengenali Palembang dengan segala ragam kulinernya. Kini, itu bisa dilakukan di mana saja, termasuk di Jogja. Berikut beberapa rekomendasi pempek untuk Anda:

BACA JUGA: Kuliner Jogja, Menyantap Udon di Pasar Tradisional

Pempek Ny. Kamto

Pempek Ny. Kamto. (Instagram ionafebe)

Di Pempek Ny. Kamto, pengunjung akan merasakan ikan tenggiri beserta kuahnya, dengan rasa cenderung pedas. Ada beberapa jenis pempek, seperti pempek selam, model, lenjer, bulat, lenggang, hingga kulit. Harganya mulai Rp9.000 sampai Rp25.000.

Warung pempek ini sudah cukup tua, setidaknya sudah mulai berjualan sejak tahun 1984. Ada beberapa cabang di Jogja, seperti di Jalan Affandi, Jalan Kaliurang kilometer 6,5, Jalan Beskalan, Jalan Laksda Adisucipto, Jalan Palagan Tentara Pelajar, Jalan Prof. Herman Yohanes, dan Jalan Godean. Pempek Ny. Kamto juga tersedia di dalam mal-mal seperti Hartono Mall, Sleman City Hall, dan Ambarrukmo Plaza.

Pempek dan Siomay Ulu Bundar

Pempek Ulu Bundar (Instagram ceritamakan)

Rasa dan nuansa ikan terasa cukup kental di Pempek dan Siomay Ulu Bundar. Apabila makan di warung, kamu bebas menambahkan cuko sebagai pendamping pempek. Ada pilihan cuko yang pedas dan nonpedas. Jenis pempek yang tersedia mulai dari selam, kulit, bulat, lenjer, sampai model.

Tidak hanya pempek, ada pula pilihan menu dari siomay sampai tekwan. Harganya mulai dari Rp6.000 sampai Rp10.000. Untuk menikmati sajian ini, konsumen bisa datang ke cabang Pempek & Siomay Ulu Bundar, di antaranya di Jalan C. Simanjuntak, Jalan Kaliurang, Jalan Laksda Adisucipto (seberang Ambarrukmo Plaza), Jalan Tamansiswa, dan Jalan Godean.

Pempek Mc Oji

Pempek Mc Oji. (Instagram tumbarmerica)

Cuko kental serta porsi yang besar. Itu komentar beberapa orang yang pernah mencoba pempek di Mc Oji. Tidak hanya itu, harganya juga tergolong ramah di kantong. Untuk satu porsi, harganya mulai Rp7.000 hingga Rp15.000.

Adapun varian pempek seperti lenjer, kapal selam, kulit, lenggang, tahu, model, dan tekwan. Konon katanya, pemilik Pempek Mc Oji merupakan orang Palembang asli. Sehingga rasanya dianggap seperti pempek asli dari Palembang. Untuk membuktikannya, langsung saja coba datang ke Pempek Mc Oji yang berada di Jalan Taman Siswa Nomor 101, Kota Jogja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

45 Caleg Terpilih DPRD Bantul 2024 Ditetapkan, Ini Daftarnya

Bantul
| Kamis, 02 Mei 2024, 22:37 WIB

Advertisement

alt

Gula Menyebabkan Jerawat? Berikut Penjelasan para Ahli

Lifestyle
| Kamis, 02 Mei 2024, 08:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement