Advertisement

Daftar Penjual Mendoan di Jogja Berikut Harganya

Sirojul Khafid
Rabu, 30 Agustus 2023 - 10:17 WIB
Sunartono
Daftar Penjual Mendoan di Jogja Berikut Harganya Foto ilustrasi mendoan. - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Tempe dengan segala khasiatnya diolah dengan berbagai rupa, salah satunya mendoan. Olahan khas Banyumas ini menjadi teman ngobrol di warung atau melamun di teras rumah.

Secara bahasa, mendoan berasal dari kata mendo yang berarti setengah matang atau lembek. Istilah ini berasal dari Bahasa Jawa Banyumasan. Sesuai namanya, cara pengolahan mendoan memang tempe dan adonan yang digoreng setengah matang. Tempe dengan selimut yang lembek berpadu, menciptakan tekstur yang lembut namun gurih.

Advertisement

BACA JUGA : Resep Tempe Mendoan Kriuk, Nikmat Disantap Saat Hujan

Umumnya, warna mendoan agak kuning, tercipta dari rempah yang menjadi campuran adonan tepung. Meski ada pula mendoan dengan warna cenderung putih tulang kecoklatan. Berbeda dengan jenis tempe sebagai pelengkap soto, mendoan cenderung berukuran lebar.

Dengan segala dinamikanya, tempe mendoan terpilih menjadi Warisan Budaya Tak Benda dari Indonesia yang diresmikan oleh UNESCO pada 2021. Mengonsumsi mendoan, bisa menjadi salah satu cara melestarikan warisan budaya. Berikut tiga rekomendasi mendoan di Jogja.

1. Mendoan Juwara

Warna Mendoan Juwara cenderung kuning. Ukurannya juga lumayan besar. Untuk bisa mendapatkan 3 pcs mendoan ini, pembeli perlu mengeluarkan uang sebesar Rp12.000. Sementara untuk satuannya seharga Rp4.500.

Tidak hanya mendoan, di Mendoan Juwara juga menjual pisang goreng. Harganya Rp10.000 untuk 3 pcs. Untuk satuannya seharga Rp3.500. Mendoan Juwara ada dua cabang di Jogja. Berada di Jalan Persatuan Condongcatur Nomor 84, Gempol, Condongcatur, Depok, Sleman serta Jalan Kaliurang Timur, Palgading, Sinduharjo, Ngaglik, Sleman. Jam operasionalnya dari pukul 16.00 sampai 21.00 WIB.

2. Ramel Mendoan Banyumas

Lantaran mendoan dari Banyumas, maka banyak juga penjual dari daerah itu yang membuka dagangannya di Jogja. Salah satunya Ramel Mendoan Banyumas. Alamatnya berada di Jalan Babaran Gg. IV UH3/767, Tahunan, Umbulharjo, Kota Jogja. Jam operasionalnya dari pukul 16.00 sampai 20.00 WIB.

Untuk mendoan siap makan, harganya Rp28.000 dengan isi 5 pcs. Sementara mendoan siap goreng, alias masih mentah, harganya Rp18.000 dengan isi 6 pcs. Selain mendoan, Ramel Mendoan Banyumas juga menjual tahu isi sayur. Harganya Rp15.000 dengan isi 5 pcs.

3. Mendoan Sultan

Mendoan di sini juga tipe yang warnanya cenderung kuning. Bentuknya kotak sempurna dengan selimut adonan tepung yang nampak gurih. Ukurannya sedang, tidak terlalu besar dan kecil.

BACA JUGA : Resep Bikin Tempe Mendoan yang Enak

Harga satu mendoan di Mendoan Sultan sekitar Rp2.500. Tidak hanya mendoan, ada pula jenis tempe kemul, yang ukurannya lebih kecil. Harga tempe kemul Rp1.000 per pcs. Untuk bisa mencicipi mendoan ini, pembeli bisa datang ke Jalan Babaran, Warungboto, Umbulharjo, Kota Jogja. Jam operasionalnya dari 07.00 sampai 22.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Kereta Bandara YIA, Berangkat dari Stasiun Tugu Jogja, Cek di Sini

Jogja
| Jum'at, 03 Mei 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Gula Menyebabkan Jerawat? Berikut Penjelasan para Ahli

Lifestyle
| Kamis, 02 Mei 2024, 08:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement