Advertisement

Unik! Kafe di Jepang Bantu Penulis Selesaikan Deadline Tulisan

Lajeng Padmaratri
Senin, 04 September 2023 - 20:07 WIB
Lajeng Padmaratri
Unik! Kafe di Jepang Bantu Penulis Selesaikan Deadline Tulisan Suasana Manuscript Cafe, sebuah kafe di Jepang yang membantu pengunjung menyelesaikan pekerjaan yang dikejar deadline. - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, TOKYO—Banyak kafe bertema unik di Tokyo, Jepang, seperti yang menampilkan tema permainan maupun hewan peliharaan. Namun, yang satu ini beda, karena berkaitan dengan pekerjaan sebagian orang.

Yang lebih unik lagi, kafe yang terletak di persimpangan sibuk di wilayah Koenji, Tokyo ini bahkan tidak memperkenankan pengunjungnya pulang jika pekerjaannya belum selesai. Ya, kafe ini diperuntukkan bagi para penulis yang memiliki tenggat waktu, sehingga dikenal dengan nama Manuscript Cafe atau Kafe Penulisan Naskah.

Advertisement

BACA JUGA: Wisata Ekstrem, Nongkrong di Kafe Gantung dengan Ketinggian 90 Meter

Melansir CBS News, suasana kafe ini cukup serius. Sejumlah pelanggan duduk di meja kerja terpaku pada komputer mereka, diawasi oleh Takuya Kawai, pemilik dan kepala petugas penegak hukum di kafe itu.

Dengan biaya sekitar $2,50 (Rp37 ribu) per jam, pengunjung akan mendapatkan wi-fi cepat, dudukan komputer berpendingin udara, dan Kawai itu sendiri. Keberadaan Kawai sebagai pemilik kafe itu sekaligus untuk memeriksa kemajuan pekerjaan pengunjung setiap 30 menit, dan berupaya tanpa tekanan.

Di Kafe Penulisan Naskah di Tokyo, pelanggannya adalah para penulis, yang tidak bisa keluar jika mereka belum mencapai tujuan kerja mereka pada hari itu.

Salah satu pengunjung, Hiro Sekiguchi datang untuk menulis ceramah. Pada slip pendaftarannya dia meminta untuk diperiksa setiap setengah jam sampai dia selesai. Di situlah peran Kawai, sang pemilik kafe yang juga akan berusaha memastikan penulis ini memenuhi tenggat waktunya. 

BACA JUGA: Unik! Kafe di Jepang Punya Toilet yang Dikelilingi Akuarium Raksasa

Dengan hiruk pikuk lalu lintas yang terus-menerus di pinggiran kota yang tidak mencolok, tempat ini bukanlah tempat yang bisa Anda sebut menawan, kecuali memorabilia film dan dinding teknologi lama di kamar mandi. Namun yang terpenting di sini adalah suasana yang nyaman untuk pengunjung, dalam hal ini penulis, menyelesaikan pekerjaannya.

Salah satu rahasianya, kata Hiro Sekiguchi, adalah kurangnya gangguan. “Saya nyaman bekerja di sini. Belum lagi fokus,” kata dia.

Seperti diketahui, Tokyo merupakan wilayah metropolitan terpadat di dunia, jadi tempat yang tenang dan jauh dari keramaian untuk berkonsentrasi dan berkreasi sangatlah berharga. Siapa sangka, keberadaan kafe dengan layanan membantu penulis menyelesaikan tenggat penulisannya bisa menjadi salah satu hal yang dicari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : CBS News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Dua Maling Ternak di Wates Ditangkap, Polisi Dalami Keterkaitan Maraknya Kehilangan Ternak di Kulonprogo

Kulonprogo
| Minggu, 19 Mei 2024, 13:47 WIB

Advertisement

alt

Fakta! Orang Asia Lebih Rentan Terkena Hipertensi Dibandingkan Ras Lainnya di Dunia

Lifestyle
| Minggu, 19 Mei 2024, 13:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement