Advertisement

Makan Murah saat Wisata ke Jogja, Cek Tempat Ini

Sekar Widya Anjari/M148 dan Theodora Nessie Christina Adhie/M149
Minggu, 15 Oktober 2023 - 16:07 WIB
Maya Herawati
Makan Murah saat Wisata ke Jogja, Cek Tempat Ini Sajian Bakmi Jawa Tulen Pak Markus di dekat Tugu Jogja. - Harian Jogja/Sekar Widya Anjari - M148

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Makan murah di Jogja bukan hanya menjadi incaran warga lokal, mahasiwa tetapi juga wisatawan.

Jangan khawatir, tak semua makanan di Kota Wisata ini dibanderol dengan harga turis. Ada banyak makanan di ceruk-ceruk kota yang rasanya lezat tetapi murah di kantong. Tempat-tempat makan ini menjadi langganan warga setempat. Berikut ini tempat makan murah di Jogja, tepatnya di sekitar Tugu Jogja:

Advertisement

Sarapan Bihun Goreng Pasar Kranggan

Anda yang menginap di sekitar Tugu Jogja, bisa berjalan kaki di pagi hari dan mengunjungi Pasar Kranggan di dekat Tugu Jogja. Di sana, di teras bagian depan terdapat penjual lauk pauk tradisional Jogja ala masakan rumahan. Harganya tentu sangat ramah di kantong.

Kerni, perempuan yang membuka lapak lauk ini menyebut menu yang menjadi andalan daftar makan murah di Jogja yang dijualnya adalah capcay jawa atau capcay ndeso. “Yang laris ada juga bihun goreng,” katanya belum lama ini.

Selain itu ada aneka lauk lainnya, seperti telur balado, tumis kikil, tumis daun pepaya, rendang jengkol, ayam bumbu bali, sambel teri, tahu, tempe, dan telur bacem. Harga termurah menu adalah Rp5.000. Jika Anda merogoh kocek Rp15.000, makanan yang Anda beli, cukup untuk beberapa porsi.

Lapak Kerni atau yang biasa dipanggil Bu Kerni tepatnya berada di pintu selatan bagian barat Pasar Kranggan Jogja (persis di depan Toko Roti Maden). Buka mulai pukul 07.30 WIB hingga habis.

Bakmi Jawa Tulen, Cokrodiningratan

Menu makan murah di Jogja lainnya, di sekitar Tugu adalah Bakmi Jawa Tulen milik Markus atau yang dipanggil Pak Markus. Tempatnya berlokasi di Cokrodiningratan JT II/229, RT.016/RW.004, Cokrodiningratan, Jetis Jogja.

Lokasinya berada di gang kecil. Anda bisa mendatanginya seraya berjalan-jalan sore hari di sekitar Tugu Jogja. Gunakan peta Google alias Google maps agar lebih mudah.

Bakmi Jawa Tulen buka setiap hari jam 10.00 pagi sampai jam 22.00 malam. Menu dan harganya dijamin tidak menakutkan bagi wisatawan yang berburu makan murah di Jogja.

Nasi goreng, bihun, bakmi, capcay, magelangan (campuran nasi goreng dan bakmi goreng) dan lainnya Rp16.000. Jika ada tambahan seperti hati ayam, telur, balungan harga mulai dari Rp4.000-an. Untuk es teh dan es jeruk Rp4.000.

“Saya sudah berjualan selama 22 tahun. Kami juga melayani penjualan secara online, bisa dicari di layanan makanan ojek online,” kata Markus, belum lama ini.

Warung Makan Bu Erni, Lotek, Gado - Gado, Kupat Tahu, dan Soto

Bosan sarapan dengan gudeg, maupun bubur ayam. Atau lagi mencari tempat makan siang yang murah di Jogja dan sehat tapi bingung menunya apa. Lotek dan gado-gado bisa jadi pilihan menu sarapan atau makan siang yang murah dan sehat.

Lotek mungkin tidak populer di tempat lain. Makanan ini menjadi makanan tradisional sehari-hari warga Kota Jogja, bentuknya mirip pecel dengan bumbu kacang, tetapi di dalamnya selain sayuran, ada lontong dan bakwan. Lotek lazim menggunakan sayuran kubis mentah. Bumbu kacangnya cenderung beraroma kencur.

Salah satu penjual lotek dan gado-gado yang bisa Anda temukan di sekitar Tugu Jogja adalah Warung Makan Bu Erni di Jalan Pakuningratan No.1, Cokrodiningratan, Jetis, Jogja.  

Warung Makan Bu Erni menyediakan 4 menu yaitu lotek, gado-gado, kupat tahu, dan soto. Bu Erni sudah berjualan selama kurang lebih 15 tahun dan dibantu suaminya. “Saya sudah berjualan kurang lebih 15 tahun dari tahun 2005 atau 2006,” ucap Erni.

Warung ini buka jam 05.00 pagi hingga 14.00 siang. Harganya tentu ramah di kantong dan bisa Anda masukkan daftar kunjung makan murah di Jogja. Satu porsi lotek Rp12.000, gado-gado Rp15.000 dan soto Rp8.000.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal KRL Solo Jogja Jumat 3 Mei 2024, Berangkat dari Stasiun Palur Solo

Jogja
| Jum'at, 03 Mei 2024, 02:37 WIB

Advertisement

alt

Gula Menyebabkan Jerawat? Berikut Penjelasan para Ahli

Lifestyle
| Kamis, 02 Mei 2024, 08:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement