Advertisement

10 Negara dengan Biaya Hidup Termurah di Dunia 2023, Tebak Negara Mana yang Termurah?

Mutiara Nabila
Kamis, 19 Oktober 2023 - 17:27 WIB
Mediani Dyah Natalia
10 Negara dengan Biaya Hidup Termurah di Dunia 2023, Tebak Negara Mana yang Termurah? Wisatawan Mancanegara / Ilustrasi

Advertisement

Bisnis.com, JAKARTA—Beberapa negara memiliki biaya hidup yang sangat rendah, sehingga menjadikannya tujuan menarik bagi ekspatriat, pensiunan dan pengunjung dari negara lain yang tertarik untuk mengurangi pengeluaran mereka. Lalu, negara mana saja yang memiliki biaya hidup sangat rendah. 

Baca Juga: Berencana Piknik ke Luar Negeri? Ini Dia 5 Negara Tujuan Wisata Termurah di Dunia 

Advertisement

Berikut ini 10 negara termurah untuk tinggal dengan perkiraan biaya per bulan mengutip Wealthy Gorilla: 

  1. Kamboja

Kamboja memiliki rata-rata biaya hidup per bulan seniai US$812 atau sekitar Rp12,8 juta per bulan. Negara ini terletak di Asia Tenggara dengan luas sekitar 181.035 kilometer persegi, berbatasan dengan Thailand, Laos, Vietnam, dan Teluk Thailand. Ibu kota Kamboja adalah Phnom Penh dengan jumlah penduduknya sekitar 16 juta orang. Secara keseluruhan, biaya hidup di Kamboja terhitung murah, masih di bawah US$1.000 per bulan. Untuk menyewa apartemen studio kecil dengan satu kamar tidur di salah satu kota termurah di Kamboja, Sihanoukville, akan dikenakan biaya sekitar US$246 atau Rp3,8 juta per bulan. 

  1. Thailand

Thailand adalah negara termurah kesembilan untuk ditinggali di dunia dengan rata-rata biaya hidup US$679 atau sekitar Rp10,7 juta per bulan.  Thailand adalah negara yang terletak di tengah Asia Tenggara dan memiliki 76 provinsi dengan luas lebih dari 513.120 km persegi.  Thailand adalah negara terbesar kelima puluh di dunia, dengan total populasi lebih dari enam puluh sembilan juta orang. Untuk menyewa satu apartemen studio dengan satu kamar tidur di salah satu kota termurah, Udon Thani, akan dikenakan biaya sekitar US$199 atau sekitar Rp3,1 juta per bulan.  

  1. Malaysia

Malaysia memiliki rata-rata biaya hidup sekitar US$588 atau setara dengan Rp9,3 juta per bulan untuk akomodasi dasar dan biaya hidup. Seperti dua negara sebelumnya, Malaysia juga terletak di Asia Tenggara dan berbatasan dengan Singapura, Thailand, Vietnam, dan Indonesia. Malaysia terdiri dari tiga belas negara bagian dan tiga wilayah federal, yang dipisahkan oleh Laut Cina Selatan menjadi dua wilayah. Wilayahnya, Semenanjung Malaysia dan Malaysia Timur, mempunyai luas yang hampir sama dan total wilayah Malaysia adalah 330.803 km persegi dengan total populasi 31,6 juta orang dan Kuala Lumpur adalah ibu kotanya. Saat memesan akomodasi, biaya yang akan dihabiskan adalah sekitar US$209 atau Rp3,3 juta per bulan untuk apartemen satu kamar tidur di salah satu kota termurah, seperti Kota Kinabalu.  

  1. Meksiko

Meksiko memiliki rata-rata biaya hidup US$587 atau sekitar Rp9,25 juta per bulan. Negara ini berada di bagian paling selatan Amerika Serikat. Selain berbatasan dengan AS, negara ini juga berbatasan dengan Samudra Pasifik, Guatemala, Belize, Laut Karibia, dan Teluk Meksiko. Meksiko adalah negara terbesar kelima di benua Amerika, dengan luas sekitar 2.000.000 km persegi, dan negara bagian terbesar ketiga belas dengan populasi saat ini lebih dari 129 juta orang dan Mexico City adalah ibu kotanya. Sebulan di apartemen studio satu kamar tidur, di salah satu kota termurah di Meksiko, Queretaro, akan dikenakan biaya sekitar US$256 atau Rp4 juta per bulan.  

  1. Peru

Negara termurah keenam di dunia untuk ditinggali adalah Peru dengan biaya hidup rata-rata sekitar US$543 atau Rp8,5 juta per bulan. Negara berbahasa Spanyol ini layak untuk dicoba jika mencari tempat tinggal dengan harga yang murah. Peru adalah sebuah negara yang terletak di bagian Barat Amerika Selatan, berbatasan dengan Ekuador, Kolombia, Brasil, Bolivia, Chili, dan Samudra Pasifik.  Negara ini memiliki jumlah penduduk sekitar 32,17 juta jiwa, yang tersebar di wilayah seluas 1.285.216 km persegi. Ketika memesan akomodasi, biaya yang akan dihabiskan per bulan adalah sekitar US$198 aau Rp3,1 juta per bulan untuk apartemen satu kamar tidur di pusat kota. 

Baca Juga: Ini Daftar 10 Negara dengan Harga BBM Termurah, Indonesia Urutan Berapa? 

  1. Argentina

Berada di urutan kelima dalam daftar ini adalah Argentina dengan biaya hidup US$542 atau Rp8,5 juta per bulan. Dengan biaya ini, seseorang sudah bisa mendapatkan akomodasi dan biaya hidup selama sebulan penuh di salah satu kota termurah di Argentina, Salta. Argentina adalah negara berbahasa Spanyol lainnya, yang terletak di bagian selatan Amerika Selatan. Negara ini  berbatasan dengan Chili, Bolivia, Paraguay, Brasil, Uruguay, Samudra Atlantik Selatan, dan Selat Drake. Argentina adalah negara terbesar kedelapan di dunia dan terbesar kedua setelah Brasil, dengan total populasi lebih dari 44 juta orang dan meliputi wilayah daratan seluas 2.780.400 km persegi. 

Jika ingin tinggal di Argentina, harga untuk menyewa apartemen satu kamar tidur hanya seharga US$100 atau sekitar Rp1,5 juta per bulan berlokasi di kota termurahnya, kota Salta. 

  1. Vietnam

Tinggal di Vietnam akan mengeluarkan biaya sebesar US$500 atau sekitar Rp7,8 juta untuk tinggal selama sebulan penuh.  Negara ini adalah negara paling Timur di Semenanjung Indochina di Asia Tenggara dan berbatasan dengan Tiongkok, Laos, dan Kamboja. 

Vietnam memiliki sekitar 95,5 juta orang yang tinggal di wilayah seluas 331.212 km persegi dengan Hanoi sebagai Ibu Kotanya, namun kota Ho Chi Minh menjadi kota terpadatnya. Saat memilih tempat menginap di Vietnam, di kota termurahnya, Nah Trang, akan dikenakan biaya sekitar US$259 atau sekitar Rp4 juta per bulan untuk apartemen satu kamar tidur di kota.  

  1. Nepal

Nepal menduduki peringkat ketiga negara dengan biaya hidup termurah dengan hanya US$500 atau Rp7,8 juta per bulan. Nepal terletak di Asia Selatan, terutama di Pegunungan Himalaya, tetapi juga mencakup sebagian Dataran Indo-Gangga. Saat ini total populasinya adalah 29,3 juta orang yang tinggal di wilayah seluas 147.181 km persegi.  Berbatasan dengan China dan India, Nepal adalah negara terbesar ke empat puluh delapan berdasarkan jumlah penduduk dan negara terbesar ke sembilan puluh tiga berdasarkan wilayah di dunia. Dengan harga US$164 atau sekitar Rp2,5 juta, sudah bisa mendapatkan apartemen studio satu kamar tidur di salah satu kota termurah di Nepal, Pokhara. 

  1. Bolivia

Bolivia adalah negara dengan biaya hodup termurah kedua di dunia sekitar US$431 atau sekitarRp6,78 juta per bulan.  Negara yang terkurung daratan ini terletak di bagian barat Amerika Selatan dengan populasinya saat ini adalah sekitar 11,05 juta orang yang tinggal di wilayah seluas 1.098.581 km persegi. Ibu kota Bolivia adalah Sucre, dan Bolivia terdiri dari masyarakat multietnis, termasuk Indian Amerika, Afrika, Asia, Eropa, dan Mestizos. Bolivia adalah negara terbesar kelima di Amerika Selatan dan negara terbesar ke-27 di dunia. Negara ini menggunakan bahasa Spanyol sebagai bahasa resmi dan dominan. Namun, ada juga tiga puluh enam bahasa asli lainnya yang digunakan di negara ini. Untuk tinggal di sebuah apartemen studio satu kamar tidur di La Paz, salah satu kota termurah di Bolivia, akan dikenakan biaya sekitar US$145 atau Rp2,28 juta per bulan.  

  1. Indonesia

Tempat tinggal termurah nomor satu di dunia adalah Indonesia dengan rata-rata biaya hidup hanya US$340 atau sekitar Rp5,2 juta per bulan.  Indonesia yang merupakan rumah bagi sekitar 17.000 pulau menjadi negara kepulauan terbesar di dunia dan memiliki total populasi 264 juta orang, yang menjadikan Tanah Air sebagai negara dengan populasi terbesar ke-4 di dunia. Di lokasi-lokasi tertentu di Indonesia, seperti Bali dan Jakarta biaya hidupnya umumnya sebanding dengan kota-kota besar di wilayah barat lainnya di dunia. Namun, tinggal di tempat-tempat termurah seperti Senggigi di Lombok, untuk akomodasi dan biaya hidup bisa dipenuhi hanya dengan US$142 atau Rp2,2 juta per bulan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Percepatan Proses Tanah Wakaf, Kemenag Kulonprogo Rancang Pembantukan Satgas

Kulonprogo
| Minggu, 28 April 2024, 17:47 WIB

Advertisement

alt

Waspada! Perempuan Lebih Berisiko Terkena Diabetes Dibandingkan Laki-Laki

Lifestyle
| Sabtu, 27 April 2024, 15:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement