Advertisement

Makan Murah di Jogja: Slasar Malioboro Punya Bakso, Es Krim dan Kopi Wajib Dicoba

Theodora Nessie Christina Adhie/M149 dan Sekar Widya Anjari / M148
Senin, 30 Oktober 2023 - 19:07 WIB
Maya Herawati
Makan Murah di Jogja: Slasar Malioboro Punya Bakso, Es Krim dan Kopi Wajib Dicoba Slasar Malioboro, surga makan murah di Jogja. / Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Turun dari Stasiun Tugu, Kota Jogja di siang hari yang terik tentu mengundang rasa lapar. Saatnya mencicipi jajanan di sekitar stasiun dengan bekal uang secukupnya. Anda yang baru saja tiba di Kota Jogja untuk berwisata bisa makan murah di Jogja dengan mampir ke Slasar Malioboro.

Jika Anda berjalan kaki, saat sudah mencapai lorong pintu keluar stasiun, bisa menuju gerbang keluar yang berada di seberang Hotel Abadi. Belok ke kiri atau ke arah timur dan berjalan beberapa meter di trotoar lebar, Anda segera menemukan Slasar Malioboro. Alamat tepatnya adalah di Jalan Pasar Kembang No.4, Sosromeduran, Gedong Tengen, Kota Jogja.

Advertisement

Bangunan Slasar Malioboro ini tergolong baru, namun dengan desain lawas. Di sana Anda akan bisa menemukan beragam kedai dari yang tradisional ala angkringan Jogja hingga jajanan fancy yang sering kita cari. Contohnya bakso, es krim dan kopi.

Berikut ini rekomendasi kedainya untuk Anda yang mencari makan murah di Jogja, segera setelah tiba di Stasiun Tugu:

Bakso Rosso

Bakso di kedai ini disajikan dalam kuah gurih tanpa MSG. “Kami enggak pake MSG sama sekali, jadi aman dan sehat untuk dikonsumsi,” ujar Agung, pemilik Bakso Rosso di Slasar Malioboro, belum lama ini.

Kuahnya bening dan disajikan cantik menggugah selera. Menu bakso yang disediakan di Bakso Rosso pun beragam, seperti bakso isi telur ayam kampung, bakso mercon, bakso urat kecil, bakso halus kecil, bakso goreng, dan bakso keju. Anda bisa memilih sesuai bujet, karena harga bakso dibanderol Rp6.000 hingga Rp20.000 per biji.

Jika tidak mau ribet dengan beragam pilihan, ada juga menu paket yang disajikan lengkap dengan tahu, mi dan pangsit goreng. Pilihan paketnya ada Rosso Telur, Rosso Mercon, Rosso Happy dan Rosso Murah. Harga paket mulai Rp25.000 hingga Rp35.000.

Menurut Agung, Bakso Rosso berdiri pada awal 2020. Kedai pusat berada di daerah Seturan, tempatnya berada di DTA Square Ruko F2, Jalan Seturan Raya 9A, Sleman. Cabang di Seturan ini lokasinya sekitar 50 meter di selatan Depok Sport Center (DSC).

Untuk di Slasar Maliobor, Bakso Rosso termasuk kuliner favorit dan layak masuk daftar makan murah di Jogja para wisatawan. Per hari, Agung bisa menjual 150 hingga 300 mangkok. “Kalau ramainya itu jam 11-an pas makan siang sama malam pas weekend,” katanya.  Kedai Bakso Rosso, buka Senin-Kamis jam 06.00 hingga 22.00 WIB, sedangkan khusus untuk hari Jumat–Minggu kedai ini buka selama 24 jam.

Laju Kopi

Melepas penat setelah naik kereta api dari perjalanan jauh, Anda bisa mampir minum kopi di kedai Laju, Slasar Malioboro. Sembari minum kopi, Anda bisa sembari menikmati suasana Jogja di teras bangunan Slasar Malioboro dengan pemandangan jalanan kota dan suara kereta api kadang-kadang melintas.

Laju Kopi berdiri sekitar tahun 2018 dan memiliki cabang di berbagai kota. Di Jogja, Laju Kopi memiliki 2 cabang yaitu di Slasar Malioboro dan satu lagi di Jalan Kaliurang.

Menurut Yodi, barista di kedai Laju, jenis kopi yang paling banyak dibeli pelanggan adalah menu bernama Ais Kopi Susu Gula Alpen dan Kopi Susu. “Yang paling best seller di sini itu,” ujar Yodi.

Pilihan menu kopi di kedai Laju cukup beragam, mulai Rp20.000 hingga Rp24.000. Selain kopi ada pula jus, minuman cokelat dan aneka minuman panas mulai Rp12.000 hingga Rp26.000. Harga yang variatif layak Anda catat dalam daftar kedai makan murah di Jogja. Kedai ini buka jam 10.00 pagi hingga 22.00 malam.

Es Krim Cream & Crème

Kudapan manis yang selalu tren dan tak lekang dimakan zaman salah satunya adalah es krim. Begitu turun dari Stasiun Tugu, Anda yang ingin memulihkan energi dengan makan makanan manis, wajib menjajal menu es krim di kedai Cream & Crèame.

Kedai ini tepat berada di sebelah gerai Laju kopi di Slasar Malioboro.



Sajian es krimnya layak masuk dalam daftar makan murah di Jogja. Es krim dijual mulai Rp8.000 dengan aneka topping yang bisa dipilih pembeli. Es krimnya dijual dengan dua macam rasa dasar yaitu cokelat dan vanilla.

Sedangkan toppingnya bisa dipilih yaitu ochoco, crumble, corn flakes, marshmallow, strawberry jam, mango jam, mix berry jam, caramel sauce, dan oreo. Untuk tambahan topping, Anda cukup membayar Rp2.000-Rp3.000.

Selain es krim, Cream & Crème juga menyediakan milkshake dan float yang wajib Anda. Untuk menu milkshake, ada lotus cereal milkshake, banana oreo milkshake, peanut cereal milkshake, crumble milkshake. Dan untuk menu float, ada mango float dan rootbeer float. Semua minumannya dibanderol mulai harga Rp20.000–Rp 28.000. Kedai Cream & Crème buka mulai pukul 10.00 hingga 22.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal KRL Solo Jogja Jumat 3 Mei 2024, Berangkat dari Stasiun Palur Solo

Jogja
| Jum'at, 03 Mei 2024, 02:37 WIB

Advertisement

alt

Gula Menyebabkan Jerawat? Berikut Penjelasan para Ahli

Lifestyle
| Kamis, 02 Mei 2024, 08:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement