Advertisement

Makan Murah di Jogja Versi Mahasiswa, Cek Tempatnya

Jihan Nabilah (M154)
Kamis, 09 Mei 2024 - 17:07 WIB
Maya Herawati
Makan Murah di Jogja Versi Mahasiswa, Cek Tempatnya Soto Bathok Mbak Rose menjadi salah satu tempat makan andalan para mahasiswa terutama Universitas Islam Indonesia (UII) karena harganya yang ramah dikantong. Lokasinya tak jauh dari kampus UII, yakni berada di utara kampus UII tepatnya di Jalan Balong-Degolan Kaliwanglu, Kapanewon Pakem, Kabupaten Sleman. - Harian Jogja - Jihan Nabilah

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA–Makanan murah tentu menjadi sebuah incaran dan andalan para mahasiswa. Selain harganya yang ramah di kantong, porsi yang banyak juga menjadi poin penting ketika mahasiswa mencari makanan.

Anda yang tinggal lama di Jogja tentu tidak sulit menemukan tempat-tempat makan murah. Tempat-tempat ini menjadi favorit mahasiswa yang sedang berkuliah di Jogja. Berikut ini rekomendasinya untuk Anda:

Advertisement

Soto Bathok Mbak Rose

Soto Bathok Mbak Rose menjadi salah satu tempat makan andalan para mahasiswa terutama Universitas Islam Indonesia (UII) karena harganya yang ramah dikantong. Lokasinya tak jauh dari kampus UII, yakni berada di utara kampus UII tepatnya di Jalan Balong-Degolan Kaliwanglu, Kapanewon Pakem, Kabupaten Sleman.

Soto bathok yang merupakan salah satu menu andalan dijual dengan harga Rp 8.000. Selain itu juga terdapat nasi pecel seharga Rp7.000 dan tahu kupat Rp10.000. Untuk minumanya terdapat es teh seharga Rp 4.000, jeniper (jeruk nipis sereh) Rp6.000, dan wedang uwuh Rp6.000.

Soto Bathok Mbak Rose buka setiap hari mulai pukul 06.30 WIB. “Tutupnya enggak tentu, sampai habis, biasanya sampai jam tiga sore,” ujar Rose, kepada Harianjogja.com, belum lama ini.

Selain harganya yang terjangkau, lingkungan yang asri dikelilingi pepohonan, udara segar, dan pemandangan Gunung Merapi, menjadi daya tarik lainnya saat menikmati menu makanan di warung Mbak Rose.

BACA JUGA: Makan Murah di Jogja, Menikmati Surga Kuliner Autentik di Pasar Ngasem

Batagor Mang Heri

Masih berada di sekitar kampus UII. Tak jauh dari gerbang utama kampus, hanya berjalan ke arah utara. Anda akan menemukan gerobak batagor dengan spanduk berwarna kuning bertuliskan “Batagor Mang Heri”. Gerobak yang tak pernah sepi pengunjung tersebut juga menjadi andalan banyak orang terutama mahasiswa UII.

Batagor Mang Heri lokasinya berada di Jalan Kaliurang KM 14,5, Sleman dan memiliki cabang di belakang Fakultas MIPA UII tepatnya di Jalan Nglanjaran, Sleman. Satu porsi batagor Mang Heri dijual seharga Rp6.000 dengan isian komplet, yakni batagor, kentang, dan timun. Tidak hanya batagor, terdapat dua menu lainnya, yakni cimol bisa dibeli seharga Rp5.000 per porsi dan cilok Rp5.000 per porsi.

Jajanan khas Bandung dengan bumbu kacang ini tentu menggoda siapa saja untuk mencicipinya. Satu porsi batagor Mang Heri cukup untuk mengganjal perut Anda sehingga cocok menjadi pilihan jajanan murah. Batagor Mang Heri berjualan sejak 2001 dan buka setiap hari mulai pukul 08.30-21.30 WIB.

Fried Chicken Cak Yunus

Beralih ke bagian Selatan, tepatnya di Kota Jogja. Tak jauh dari JeMbaktan Sayidan dan di belakang halte bus Trans Jogja, tepat di depan Museum Biologi UGM Jalan Sultan Agung, Wirogunan, Kota Jogja terdapat sebuah warung makan kaki lima bernama Fried Chicken Cak Yunus.

Fried Chicken Cak Yunus yang sudah berdiri sejak 1999 ini buka 24 jam. Fried Chicken Cak Yunus juga terdapat tempat makan di ruko, berada di seberang jalan, tak jauh dari tenda Fried Chicken Cak Yunus.

“Ayamnya kalau di sini sudah siap dari jam 6 pagi. Kalau yang di sana [ruko] bukanya dari jam 9 pagi sampai 10 malam,” ujar Isma, karyawan Fried Chicken seMbakri melayani peMbakyaran.

Fried Chicken Cak Yunus dapat menjadi pilihan makanan murah bagi mahasiswa. Harga satu porsi nasi ayam Cak Yunus mulai dari Rp12.000. Untuk minumannya es kopi Rp3.000, es teh Rp3.000, dan susu Rp4.000. Dengan harga yang terjangkau dan potongan ayam yang besar, cocok bagi Anda yang sedang mencari menu makanan murah, khususnya bagi mahasiswa.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pemkab Sleman Bakal Perketat Pengawasan Lalu Lintas Hewan Kurban

Sleman
| Senin, 20 Mei 2024, 15:57 WIB

Advertisement

alt

Terbaru, Kanker dari Protein Darah Terdeteksi

Lifestyle
| Minggu, 19 Mei 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement