HomeWisata

Menyambangi Kuil Gantung di Atas Gunung Hengshan

Oleh:newswire
14 Juli 2018 - 17:35 WIB

The Hanging Temple di China - Amusing Planet

Harianjogja.com, BEIJING—China punya banyak tempat wisata yang unik dan kuno. Salah satunya The Hanging Temple alias Kuil Gantung. Tempatnya di atas Gunung Hengshan, daerah Datong.

Kuil ini sebenarnya tidak digantung dengan tali atau semacamnya, melainkan tertempel di tebing gunung mirip digantung. The Hanging Temple dibangun di ketinggian sekira 75 meter di atas tanah dan disangga oleh kayu-kayu yang panjang dan kokoh.

Meskipun nampak begitu mengerikan bagi wisatawan yang baru kali pertama datang dan berada di sisi tebing, kuil yang tepatnya dibangun di ngarai, kaki Gunung Hengshan, Provinsi Shanxi, China, memiliki lebih dari 40 aula dan paviliun di area yang luasnya 152,5 meter persegi saling terhubung satu sama lain melalui koridor dan jembatan. Semua bangunan kuil dibangun di lahan yang tidak rata tingginya, namun tetap terlihat rata dan seimbang.

Memasuki bagian dalam kuil gantung The Hanging Temple, ada sebanyak 80 buah patung cor terbuat dari perunggu, besi, dan pahatan tanah liat. Ada pula patung terbuat dari pahatan batu yang dibuat dari berbagai dinasti.

Menurut laman Amusing Planet, pembangunan kuil gantung di sisi tebing gunung ini bukanlah tanpa alasan. Konsep seperti itu dipilih agar kuil terhindar dari banjir yang mengerikan dan menggunakan gunung sebagai perlindungan dari hujan, salju, dan paparan sinar Matahari.

Berlibur ke China khususnya daerah Datong tidak lengkap jika belum menyambangi kuil gantung The Hanging Temple. Pasalnya, selain bentuk dan lokasinya yang unik, kuil gantung pun merupakan salah satu tempat wisata dan situs bersejarah di Datong, bahkan kuil telah dibangun lebih dari 1.506 tahun lalu.

Kuil gantung The Hanging Temple adalah kuil Buddha, Tao, dan Konghucu. Anda yang berminat untuk menyambangi kuil gantung super unik ini harus menyiapkan tenaga yang prima, karena ada ribuan anak tangga yang perlu dilalui.

Sumber: Okezone Tag: wisata Editor: Maya Herawati

Artikel Terkait
6 Tips Solo Traveling, Salah Satunya Boleh Bohong 1 year ago
Dari Bandara Sampai Pelabuhan untuk Pariwisata Super Premium Labuan Bajo 1 year ago
Besok Rabu 22 Januari 2020, Pendakian Gunung Sindoro Dibuka Kembali 1 year ago
Patung Gajah Bercorak Zebra di Objek Wisata Jurug Diprotes 1 year ago
Wisatawan di Bromo Tengger Semeru Tak Sebanyak Sebelumnya, Mengapa? 1 year ago

Berita Pilihan

Rela Ribet demi Aman Berwisata di Candi Borobudur Bromo dan Semeru Kembali Dibuka untuk Wisatawan, Ini Aturannya Kawasan Wisata Genting Malaysia Bakal Dibuka Kembali Kabar Baik, UEA Buka Akses Masuk untuk Wisatawan, Syaratnya Sudah Vaksinasi Ini 6 Negara Paling Aman di Dunia
Berita Terbaru
Tujuh Kota Ini Tenggelam di Air 2 hours ago
Otopet & Sepeda Listrik, Atraksi Baru Berwisata di Kawasan Borobudur 1 day ago
Yuk..Berwisata ke 8 Bangunan Tertua di Jakarta   2 days ago
Berwisata Sekaligus Berolahraga di Mangunan Omahe Bianca Sleman 3 days ago
Rela Ribet demi Aman Berwisata di Candi Borobudur 5 days ago

Terpopuler

Masih Pandemi tapi Mau Traveling? Lakukan Saja 5 Tips Aman Ini! Ini Daftar Pasar Tiban di Jogja Selama Bulan Puasa Pesonna Tugu Hotel Jogja Berbagi Hewan Kurban dengan Warga Sekitar Menyambangi Kuil Gantung di Atas Gunung Hengshan Ladies Market, Surga Belanja bagi Pelancong yang Tega Menawar Harga di  Hong Kong
Lanting, Oleh-oleh Renyah Setelah Piknik ke Curug Muncar 5 days ago
Piknik ke Curug Muncar, Lewati Dulu Jalan Bukit Berkelok-Kelok 5 days ago
Curug Muncar, Surga Tersembunyi di Perbukitan Purworejo 5 days ago
Wapres Sebut Pengembangan Wisata Halal Terhambat Rendahnya Literasi 1 week ago
Menikmati Mini Tokyo di Dlingo, Ada Kolam Renang Air Hangat 1 week ago