HomeWisata

Wisatawan di Bromo Tengger Semeru Tak Sebanyak Sebelumnya, Mengapa?

Oleh:Newswire
18 Januari 2020 - 23:17 WIB

Wisatawan di Gunung Bromo. - Antara

Harianjogja.com, MALANG - Jumlah kunjungan wisatawan ke kawasan taman nasional tersebut sepanjang 2019, turun jika dibandingkan dengan tahun 2018, seperti tercatat Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB-TNBTS).

Kepala Sub Bagian Data Evaluasi Pelaporan dan Kehumasan BB-TNBTS Sarif Hidayat mengatakan bahwa pada 2019, jumlah kunjungan wisatawan ke Taman Nasional Bromo Tengger Semeru tercatat sebanyak 690.831 wisatawan sementara pada 2018, total kunjungan mencapai 853.016 orang.

"Salah satu faktor yang mempengaruhi penurunan jumlah wisatawan adalah penutupan pendakian Gunung Semeru," kata Sarif, di Kota Malang, Jawa Timur, Sabtu.

Sarif menjelaskan, penutupan pendakian Gunung Semeru merupakan salah satu faktor menurunnya jumlah kunjungan wisatawan ke Taman Nasional Bromo Tengger Semeru sepanjang 2019.

Penutupan tersebut, jelas Sarif, dilakukan mulai 3 Januari hingga 11 Mei 2019, kemudian dilanjutkan pada 22 September 2019 hingga memasuki awal tahun 2020, akibat kejadian kebakaran hutan dan lahan di kawasan Gunung Semeru.

Kebakaran yang terjadi pada 22 September 2019 selama beberapa waktu tersebut, menyebabkan kurang lebih 131 hektare areal hutan terdampak. Penutupan pendakian Gunung Semeru masih dilakukan hingga saat ini, untuk dan belum diketahui kapan akan dibuka kembali.

Sebagai catatan, pada Jumat (17/1) Gunung Semeru yang memiliki ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut (mdpl) tersebut mengalami erupsi dengan tinggi kolom abu mencapai 400 meter di atas puncak, dan berada pada Status Level II (Waspada).

"Penutupan Gunung Semeru itu salah satu faktornya, bukan faktor tunggal," kata Sarif.

Dari total jumlah kunjungan wisatawan ke kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru tersebut, sebanyak 669.422 orang merupakan wisatawan dalam negeri, dan lainnya 21.409 merupakan wisatawan mancanegara.

Total Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dari para wisatawan sepanjang 2019 mencapai Rp22,86 miliar.

Sumber: Antara Tag: wisata Editor: Nina Atmasari

Artikel Terkait
Mengenal Watu Lempeng, Wisata Kulonprogo yang Muncul Berkat Booming Gowes 2 days ago
14 Oleh-Oleh Kerajinan Tangan Khas Jogja 3 days ago
Daftar 5 Desa Wisata Menawan nan Eksotis di Indonesia 3 days ago
Mengulik Surga Bawah Tanah Cappadocia 4 days ago
Ngopi In The Sky di Gunungkidul Dihentikan, Eh Muncul di Jakarta 4 days ago

Berita Pilihan

22 Tempat Terbaik di Dunia untuk Dikunjungi Tahun Depan, Termasuk Indonesia 6 Pohon Tertua di Dunia, Ada yang 9.550 Tahun Mengenal Ngupit Klaten, Daerah yang Disebut Tertua di Indonesia Liburan ke Jogja, Jangan Lewatkan Jajanan Sehat! Pelaku Wisata Diharapkan Memahami Tren Baru yang Muncul Akibat Pandemi
Berita Terbaru
Deretan 10 Pantai Pasir Hitam Terbaik Di Dunia 1 day ago
Warung Makan di Jogja dengan Nama Aneh, Samperin Yuk! 1 day ago
Makanan Tradisional Jawa Tengah yang Punya Nama Unik, Ada Kupat Jembut 2 days ago
Mengenal Watu Lempeng, Wisata Kulonprogo yang Muncul Berkat Booming Gowes 2 days ago
14 Oleh-Oleh Kerajinan Tangan Khas Jogja 3 days ago

Terpopuler

Masih Pandemi tapi Mau Traveling? Lakukan Saja 5 Tips Aman Ini! Ini Daftar Pasar Tiban di Jogja Selama Bulan Puasa Pesonna Tugu Hotel Jogja Berbagi Hewan Kurban dengan Warga Sekitar Menyambangi Kuil Gantung di Atas Gunung Hengshan Ladies Market, Surga Belanja bagi Pelancong yang Tega Menawar Harga di  Hong Kong
Daftar 5 Desa Wisata Menawan nan Eksotis di Indonesia 3 days ago
Resep Mudah Ayam Penyet Ungkep Oles Sambal 3 days ago
Cita Rasa 10 Sate Klatak di Imogiri Bantul 3 days ago
Prambanan Gudangnya Tempat Piknik, Ada Wisata Religi Juga di Perbukitan 4 days ago
Mengulik Surga Bawah Tanah Cappadocia 4 days ago