Wisata

Ini Tujuh Masjid Unik yang Wajib Dikunjungi

Penulis: Dewi Andriani
Tanggal: 22 April 2021 - 03:37 WIB
Masjid Muhammad Cheng Ho. Keunikan bangunan terletak di arsitektur yang kental dengan gaya Tiongkok. - istimewa

Harianjogja.com, JAKARTA – Wisata religi menjadi salah satu aktivitas yang dapat dilakukan selama bulan Ramadan. Salah satu wisata religi yang dapat dilakukan ialah dengan mengunjungi masjid-masjid yang bersejarah serta memiliki arsitektur unik dan indah.

Sebagai inspirasi dalam wishlist untuk kunjungan wisata religi, tiket.com pionir Online Travel Agent (OTA) telah merangkum sejumlah masjid yang memiliki keunikan dan keindahan tersendiri.

BACA JUGA : Masjid Raya Sheikh Zayed di Solo Bakal Jadi Destinasi Wisata

1. Masjid Menara Kudus

Terletak di kota Kudus, Masjid Menara Kudus atau yang memiliki nama Masjid Al-Aqsha ini memiliki keunikan karena tampak fisik gedung ini berbeda dengan gaya desain masjid pada umumnya karena memiliki arsitektur bergaya Hindu kuno. Telah berdiri sejak jaman Majapahit, tempat ini kemudian berubah menjadi masjid ketika Sunan Kudus datang dan menyebarkan agama Islam di tempat ini. Masjid ini menjadi pilihan tepat untuk liburan dekat rumah yang layak dikunjungi.

2. Masjid Muhammad Cheng Ho

Nama Laksamana Cheng Ho telah lama dikenal di dalam sejarah sebagai laksamana muslim yang taat dan murah hati. Salah satu memorial yang berhubungan dengan beliau adalah Masjid Cheng Ho di kota Surabaya.

BACA JUGA : Sleman Mulai Merintis Wisata Religi 

Keunikan bangunan terletak di arsitektur yang kental dengan gaya Tiongkok, bahkan sekilas bangunan ini sama sekali tidak terlihat seperti masjid pada umumnya. Bagi warga pendatang, masjid ini sering menjadi salah satu spot destinasi wisata yang dikunjungi ketika musim liburan tiba karena keunikan arsitekturnya yang menyerupai kelenteng.

3. Masjid Kapal Semarang

Berlokasi di Kyai Padak, Ngaliyan, masjid yang memiliki nama asli Masjid Safinatun Najah ini memiliki bentuk menyerupai sebuah kapal. Arsitektur unik dan kaya akan filosofi menjadikan masjid ini juga disebut sebagai Masjid Kapal Bahtera Nabi Nuh. Tidak hanya itu saja, masjid ini juga dikelilingi oleh kolam air, sehingga bangunan masjid seolah mengambang di atas air. Kolam air juga berfungsi untuk membersihkan kaki jemaah sebelum masuk untuk beribadah.

4. Masjid Raya Sumatra Barat

Masjid yang baru rampung dibangun pada 4 Januari 2019 ini memiliki kekentalan bentuk arsitektur dan corak kultur tradisional Minang. Terlihat dari bentuk dan lekukan khas Minang, terutama di bagian atap yang melengkung khas Sumatra Barat tanpa kubah yang menjadikan banyak pelancong yang jauh-jauh datang ke Kota Padang hanya untuk mengabadikan momen di masjid ini.

5. Masjid Tiban

Terletak di Turen, Malang, masjid ini mengalahkan masjid-masjid lain karena ketinggian bangunannya. Bagaimana tidak Masjid Tiban memiliki sekitar 10 lantai, di mana lantai 1 menjadi tempat istirahat dan ruang musala, lantai 2 berisi loket, ruang istirahat, ruang makan, dan dapur, lantai 3 berisi musala, akuarium, dan kebun binatang mini. Selanjutnya lantai 4 merupakan lantai untuk keluarga pengasuh pondok pesantren, lantai 5 terdapat ruang musala, lantai 6 merupakan ruangan istirahat untuk santri, lantai 7 dan 8 berisi toko dan kios-kios milik pesantren yang dikelola oleh para santri, lantai 9 merupakan bangunan yang didesain sebagai lereng gunung, dan lantai 10 adalah gua dan juga puncak masjid.

Selain itu, tampak depan bangunan masjid ini didomonasi oleh warna biru dan putih dan tampak megah dengan kerucut atap menyerupai mahkota runcing berwarna biru langit. Sebagai informasi dikarenakan masjid ini masih berada di lokasi Pondok Pesantren Salafiyah Bihaaru Bahri'asali Fadlaailir Rahmah, pengelola meminta kepada pengunjung untuk mengenakan pakaian sopan di area ini dan menjaga kebersihan

BACA JUGA : GEMA TAKBIR JOGJA : Takbir sebagai Atraksi Wisata Religi

6. Masjid Al-Irsyad Satya Kota Baru Parahyangan

Berlokasi di Padalarang, Jawa Barat, masjid ini terpilih sebagai salah satu 5 bangunan terbaik sedunia dalam Penghargaan "The Best 5 World Building of The Year 2011 untuk kategori Bangunan Religi, versi Archdaily & Green Leadership Award tahun 2011” dari BCI Asia. Bangunan masjid ini berbentuk kubus dengan lanskap berbentuk garis-garis melingkar mengelilingi masjid sebagai representasi dari tawaf ketika mengelilingi Ka’bah. Pengunjung juga dapat menemukan kaligrafi tiga dimensi yang bertuliskan dua kalimat syahadat.

7. Masjid Agung Semarang

Dapat ditemukan di Gayamsari, Semarang, Masjid yang dikenal juga sebagai Masjid Agung Jawa Tengah ini memiliki arsitektur unik dan termegah di Indonesia. Salah satu keunikannya adalah kompleks masjid ini memiliki payung seperti Masjid Nabawi di Makkah. Masjid dengan gaya arsitektur perpaduan antara Arab, Jawa, dan Barat ini tidak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah, tetapi juga menjadi objek wisata terpadu untuk pendidikan, agama, sekaligus pusat syair Islam.

Maria Risa Puspitasari, VP Brand Marketing Tiket.com mengatakan bahwa untuk mendukung kegiatan wisata religi, pihaknya menggelar kampanye THR (Tiket Hari Raya) mulai tanggal 19 hingga 25 April dengan diskon hingga 50 persen + 25 persen.

“Kali ini, tiket.com mengundang masyarakat untuk menggunakan THR secara bijak, seperti untuk zakat, perayaan Idulfitri yang bersahaja, hingga perencanaan matang dalam menyusun perjalanan atau liburan dekat rumah di masa mendatang dengan memanfaatkan momentum kampanye THR (Tiket Hari Raya) dari tiket.com,” ujarnya.

THR kali ini spesial, karena mulai (19 April) tiket.com akan merayakan bulan Ramadan Pol-polan, dengan mengadakan Harga Gledek Spesial THR setiap harinya dari jam 15:00 – 21:00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Berita Terkait

Taman Pintar Dikunjungi 3 Ribu Lebih Wisatawan Sehari Selama Libur Lebaran
Pelaku Wisata Siapkan Strategi Ini untuk Atasi Kunjungan Wisatawan Mangunan yang Turun
Melemahnya Rupiah Tidak Lantas Mendorong Naiknya Kunjungan Wisman ke DIY
Pola Baru Kunjungan Wisatawan Selama Libur Lebaran 2024, Pusat Kuliner dan Oleh-oleh Ramai

Video Terbaru

Berita Lainnya

  1. Dominan Berawan, Cuaca Sragen Hari Ini Diprakirakan Lebih Nyaman
  2. Berawan Tebal lalu Hujan, Cek Prakiraan Cuaca Boyolali Jumat 19 April
  3. Cerah Berawan dan Gerimis di Klaten, Cek Prakiraan Cuaca Jumat 19 April
  4. Wonogiri Cerah Berawan Pagi-Siang Ini, Simak Prakiraan Cuaca Jumat 19 April

Berita Terbaru Lainnya

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru
Ada Kompetisi Unik, Pramusaji Kafe di Paris Balapan Bawa Baki
Rayakan Hari Kemenangan dengan Syawalan Sekar Kedhaton Restaurant
Menikmati Wisata Hanya dari Atas Sepeda Motor
Mengunjungi Gedung Monster, Bangunan Unik Padat Penduduk di Hong Kong
Berkeliling di Segarnya Taman Tengah Kota Jogja
Menyeruput Manis dan Segarnya Es Buah Legendaris di Jogja
Museum Kacamata Tokyo, Toko Kacamata Ikonik yang Tinggal Kenangan
Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII
Unik, Pepohonan di Tempat Ini Tumbuh ke Samping, Bukan ke Atas