HomeWisata

Ingin Makan Lotek di Jogja? Ini Sejumlah Lotek Istimewa Rekomendasi dari Warganet

Oleh:Nina Atmasari
20 Juli 2021 - 16:07 WIB

Lotek Bu Bagyo. - Harian Jogja/Lajeng Padmaratri

Harianjogja.com, JOGJA- Lotek adalah salah satu makanan dari Jawa Barat kini mudah ditemukan di Jogja. Sepintas lotek ini hampir mirip dengan gado-gado, yakni makanan berupa rebusan sayuran segar yang disiram sambal dicampur bumbu kacang.

Keunikannya, sebagai bahan sambal di samping kacang sering kali ditambahkan tempe dan dalam bumbunya ditambahkan terasi, gula merah, dan bawang putih.

Jika Anda berada di Jogja dan ingin makan lotek, ada sejumlah warung makan yang menyajikan menu lotek. Warung makan yang menyediakan lotek ini direkomendasikan oleh sejumlah warganet melalui twitter.

Awal mulanya, warganet bernama Puthut EA yang merupakan seorang penulis, mencuitkan pertanyaan tentang warung lotek yang istimewa di Jogja.

"Menurutmu, lotek neng Yogya sing istimewa neng ngendi, Luuur?" tanyanya.

Pertanyaan yang diunggah pada Selasa (20/7/2021) ini kemudian mendapatkan tanggapan dari warganet. Dalam waktu sekitar lima jam, unggahan itu dikomentari oleh lebih dari 100 warganet, yang mayoritas memberikan rekomendasi lotek pilihan mereka.

Rekomendasi terbanyak menyebutkan Lotek Bu Bagyo, yang merupakan lotek paling populer di Jogja. Warung Lotek Bu Bagyo awalnya berada di Jl. Colombo, namun saat ini sudah punya 13 cabang di DIY.

Baca juga: Lotek Bu Bagyo, Sajian Sayuran Bumbu Kacang Sejak 1986

Lotek yang mendapatkan rekomendasi terbanyak kedua adalah Lotek Pandega. Rekomendasi diungkapkan @nearlynormalsss. "lotek pandega 10rb kenyang bego uda include mie sm bakwannya," tulisnya.

Lotek ini juga direkomendasikan oleh sejumlah warganet lain.
"Lotek Pandega ini enak bgt sambel kacange. Malah menu yang underrated tapi sakjane enak tenan itu sego pecelnya, sambel kacange pas banget. Cuma kalau beli lotek, waspada sama bakwannya (atau lebih tepatnya: remukan bakwan). Untuku wis remuk dua kali di situ karena dapet ranjau," tulis @setyotw.

"Lotek Pandega Putri 2, Banteng, Sinduharjo, Kec. Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55581," tambah @fajrulfalahfar1.

Lotek di kawasan utara juga direkomendasikan oleh @puspitorukmi, yakni di Jl. Kaliurang. "Uswatun mas, dulu di depan Superindo Jakal. Skrg pindah ke km 13." tulisnya.

Ada lagi rekomendasi dari @moddiealdieano, yakni di depan Mirota Kampus UGM. "Lotek depan Mirota Kampus UGM, mas. Bagi yang tidak suka terlalu manis itu cocok. Yang jual ibu-ibu. Atau, Lotek dekat perum PDAM, mas. Pas di p3an lampu merah jakal km 8. Yang jual sepasang kekasih yang selalu menggunakan sepatu Vans," tulisnya.

Warganet @bobsingadikrama merekomendasikan lotek Bu Mur di Jl. AM Sangaji 27 Jetis Kota Jogja. "Bu Mur The Best. Lotek dan kupat tahu Bu Mur. Buka jam 10–11. Tutup jam 14-15. gawe siji2, minta tambah daun jeruk dll buat costum ." tulisnya.

Referensi lotek juga diberikan oleh @agibtanjung_. "lalu kemudian referensi anyarku adalah lotek bu darso, kulon pesona merapi lor ndalan. kuwi yo lumayan mas (mungkin mas puthut sudah pernah coba). tipikal lotek kering, ora terlalu teles." tulisnya.

Seorang warganet bahkan mengungkap ada hiden gem lotek di Purwomartani. "Lotek Bu Anik, hidden gem, 100 meter wetan ringin Purwomartani..," tulis @ruaien.

Di dalam kawasan Kraton Jogja, juga ada lotek yang direkomendasikan oleh warganet @a_musyaddad. "Lotek ng panembahan, njero benteng kraton," tulisnya.

Bahkan di Jogja ada penjual lotek yang pembelinya antre banyak. Hal itu diungkap oleh warganet @akarifai_. "Lotek Pak Mul, Jl. Paris deket prawairotaman... kalau mau beli pesan via WA dulu, biar gak ngantri," katanya.

Di kawasan dekat Tugu Jogja, ada warung lotek yang direkomendasikan oleh @FranciscaVenita. "Depan gerejaku Jetis mas ngarep'e hotel pop jl. AM Sangaji, sebelum tugu kalo dari utara." tulisnya.

Lotek yang disebut warganet paling enak sedunia diungkap oleh @fuadrahmad. "Jakal km 8 seberang indomaret sblm bangjo. Paling enak sedunia, bumbunya smooth. Buka jam 10-2." katanya.

Ada lagi lotek rekomendasi warganet @nusaperdana07 yakni di Ngampilan. "Lotek Mak Tumilah. Jl. Serangan, selatan Koramil 13 Ngampilan," tulisnya.

Lotek di Bantul direkomendasikan oleh @RimboKribo. "Cedak kosku ana mas, nang daerah tegalwangi, tamantirto bantul. Enak tur akeh. Bakule wis mencapai financial freedom ketoke soale le buka mung seko jam 11 - 1 tok," katanya.

Nah, itulah sejumlah warung lotek yang direkomendasikan oleh warganet. Jadi, bagi Anda yang ingin makan lotek saat di Jogja, bisa memilih salah satu dari rekomendasi tersebut. Selamat berburu kuliner!

Tag: Kuliner Jogja Editor: Nina Atmasari

Artikel Terkait
Ini Lima Jurus Ampuh Atasi Kemacetan di Jogja saat Liburan  1 year ago
Ada Dawet Pedas di Sungai Mudal Kulonprogo. Mau? 2 years ago
Travel Agent & Media Gathering Menikmati Hidangan Kegemaran Para Raja Kraton Jogja di Gadri Resto 2 years ago
Bakpia Crispy, Alternatif Oleh-Oleh dari Jogja 2 years ago
Nikmatnya Serabi Kocor Mbah Rambat... 7 years ago

Berita Pilihan

Rela Ribet demi Aman Berwisata di Candi Borobudur Bromo dan Semeru Kembali Dibuka untuk Wisatawan, Ini Aturannya Kawasan Wisata Genting Malaysia Bakal Dibuka Kembali Kabar Baik, UEA Buka Akses Masuk untuk Wisatawan, Syaratnya Sudah Vaksinasi Ini 6 Negara Paling Aman di Dunia
Berita Terbaru
Tujuh Kota Ini Tenggelam di Air 1 hour ago
Otopet & Sepeda Listrik, Atraksi Baru Berwisata di Kawasan Borobudur 23 hours ago
Yuk..Berwisata ke 8 Bangunan Tertua di Jakarta   2 days ago
Berwisata Sekaligus Berolahraga di Mangunan Omahe Bianca Sleman 3 days ago
Rela Ribet demi Aman Berwisata di Candi Borobudur 5 days ago

Terpopuler

Masih Pandemi tapi Mau Traveling? Lakukan Saja 5 Tips Aman Ini! Ini Daftar Pasar Tiban di Jogja Selama Bulan Puasa Pesonna Tugu Hotel Jogja Berbagi Hewan Kurban dengan Warga Sekitar Menyambangi Kuil Gantung di Atas Gunung Hengshan Ladies Market, Surga Belanja bagi Pelancong yang Tega Menawar Harga di  Hong Kong
Lanting, Oleh-oleh Renyah Setelah Piknik ke Curug Muncar 5 days ago
Piknik ke Curug Muncar, Lewati Dulu Jalan Bukit Berkelok-Kelok 5 days ago
Curug Muncar, Surga Tersembunyi di Perbukitan Purworejo 5 days ago
Wapres Sebut Pengembangan Wisata Halal Terhambat Rendahnya Literasi 1 week ago
Menikmati Mini Tokyo di Dlingo, Ada Kolam Renang Air Hangat 1 week ago