HomeWisata

Mencecap Aroma Wangi Kopi Lereng Kelir

Oleh:Lajeng Padmaratri
24 Juli 2021 - 08:57 WIB

Parfum aroma kopi khas Lereng Kelir. - Instagram @wisatalerengkelir

Harianjogja.com, JOGJA--Salah satu kegiatan mengasyikkan bagi para pengunjung ketika berjalan kaki menuju Gardu Pandang Lereng Kelir ialah menyusuri perkebunan kopi dan durian di kanan kiri jalan setapak. Sebab, warga setempat menanam dua komoditas tersebut untuk diolah.

Melansir jatengprov.go.id, desa wisata Gertas Lereng Kelir juga menawarkan paket wisata pengolahan kopi. Di tempat itu, pengunjung dikenalkan budi daya tanaman kopi mulai dari tanam, perawatan, sampai panen dan pengolahan menjadi bubuk kopi yang siap disajikan.

Bahkan, kopi robusta khas Gertas ini menuai prestasi karena pada 2018 lalu berhasil masuk dalam urutan sepuluh besar kopi terbaik Indonesia tingkat nasional dalam ajang yang diselenggarakan oleh Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia (PPKKI) dan Asosiasi Eksportir dan Industri Kopi Indonesia (AEKI).

Tak hanya diseduh manual dan disajikan melalui warung kopi sekitar, kopi olahan warga Gertas ini juga diolah menjadi produk lain, mulai dari jenang kopi hingga parfum. Parfum itu digunakan untuk pengharum ruangan dan mobil.

Pemuda Gertas memilih kopi berkualitas rendah untuk membuat pengharum ruangan itu. Sebab, kopi berkualitas baik digunakan untuk olahan minuman. Hal ini juga menjadikan tidak ada kopi Gertas yang terbuang sia-sia dan seluruhnya terolah dengan baik.

Pengharum ruangan dari kopi itu pun masih diolah dengan berbagai varian aroma, mulai dari kopi hitam, kapucino, hingga moka. Produk ini bahkan sudah mulai dipasarkan melalui marketplace dengan harga satuan sekitar Rp35.000. (Detik)

Tag: wisata Editor: Arief Junianto

Artikel Terkait
6 Tips Solo Traveling, Salah Satunya Boleh Bohong 1 year ago
Dari Bandara Sampai Pelabuhan untuk Pariwisata Super Premium Labuan Bajo 1 year ago
Besok Rabu 22 Januari 2020, Pendakian Gunung Sindoro Dibuka Kembali 1 year ago
Patung Gajah Bercorak Zebra di Objek Wisata Jurug Diprotes 1 year ago
Wisatawan di Bromo Tengger Semeru Tak Sebanyak Sebelumnya, Mengapa? 1 year ago

Berita Pilihan

Rela Ribet demi Aman Berwisata di Candi Borobudur Bromo dan Semeru Kembali Dibuka untuk Wisatawan, Ini Aturannya Kawasan Wisata Genting Malaysia Bakal Dibuka Kembali Kabar Baik, UEA Buka Akses Masuk untuk Wisatawan, Syaratnya Sudah Vaksinasi Ini 6 Negara Paling Aman di Dunia
Berita Terbaru
Tujuh Kota Ini Tenggelam di Air 1 hour ago
Otopet & Sepeda Listrik, Atraksi Baru Berwisata di Kawasan Borobudur 23 hours ago
Yuk..Berwisata ke 8 Bangunan Tertua di Jakarta   2 days ago
Berwisata Sekaligus Berolahraga di Mangunan Omahe Bianca Sleman 3 days ago
Rela Ribet demi Aman Berwisata di Candi Borobudur 5 days ago

Terpopuler

Masih Pandemi tapi Mau Traveling? Lakukan Saja 5 Tips Aman Ini! Ini Daftar Pasar Tiban di Jogja Selama Bulan Puasa Pesonna Tugu Hotel Jogja Berbagi Hewan Kurban dengan Warga Sekitar Menyambangi Kuil Gantung di Atas Gunung Hengshan Ladies Market, Surga Belanja bagi Pelancong yang Tega Menawar Harga di  Hong Kong
Lanting, Oleh-oleh Renyah Setelah Piknik ke Curug Muncar 5 days ago
Piknik ke Curug Muncar, Lewati Dulu Jalan Bukit Berkelok-Kelok 5 days ago
Curug Muncar, Surga Tersembunyi di Perbukitan Purworejo 5 days ago
Wapres Sebut Pengembangan Wisata Halal Terhambat Rendahnya Literasi 1 week ago
Menikmati Mini Tokyo di Dlingo, Ada Kolam Renang Air Hangat 1 week ago