Wisata

Curug Muncar, Surga Tersembunyi di Perbukitan Purworejo

Penulis: Lajeng Padmaratri
Tanggal: 18 September 2021 - 07:27 WIB
Keindahan Curug Muncar, Purworejo, Jawa Tengah. - Instagram @aminsyahlevi

Harianjogja.com, PURWOREJO--Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah memiliki sejumlah destinasi air terjun yang indah. Masing-masing menawarkan pesona keindahan yang berbeda-beda, salah satunya ialah Curug Muncar.

Curug Muncar adalah salah satu air terjun yang memikat wisatawan untuk mendatangi Purworejo. Lokasinya berada di Dusun Kalibang, Desa Kaliwungu, Kecamatan Bruno, Purworejo.

Warga Kalibang menyebutnya Muncar karena berasal dari kata mancur. Sebab, air terjun ini menyerupai pancuran air yang jatuh dari ketinggian.

Aliran air terjun ini mengalir dari Sungai Muncar, salah satu anak Sungai Rebung atau Sungai Bedono yang berhulu di di dataran tinggi Sijabung pada ketinggian 600 meter di atas permukaan air laut. Curug Muncar sendiri memiliki ketinggian kurang lebih 60 meter.

Jika Anda menyukai petualangan alam, maka mengunjungi Curug Muncar adalah pilihan tepat karena air terjun ini masih sangat alami. Pemandangan di wilayah sekitar Curug Muncar masih sangat alami dan dipenuhi pemandangan bukit yang ditumbuhi pepohonan hijau.

Kendati demikian, dilansir dari Okezone, curug ini tidak bisa digunakan untuk bermain air. Sebab, di bawah air terjun tidak terdapat kedung atau kolam dan dikelilingi bebatuan besar. Air yang jatuh langsung mengalir ke sungai di bawahnya dan membentuk beberapa air terjun kecil.

Selain itu, arus air yang cukup deras berpotensi membahayakan pengunjung jika ingin bermain air. Meski begitu, pemandangan di sekitar air terjun bisa memuaskan Anda yang yang hobi berswafoto.

Jalan menuju ke Curug Muncar./Instagram @curugmuncarpurworejo

Anak Tangga

Pengunjung juga akan merasakan suasana sejuk ketika berada di Curug Muncar. Adanya cipratan air dari aliran curug yang niscaya akan membuat pengunjung melupakan lelahnya perjalanan tracking menuju lokasi.

Sebelum mengunjungi Curug Muncar, pengunjung akan melalui rute menanjak yang ditempuh dengan berjalan kaki. Rute menanjak itu melewati anak tangga menuju curug yang jumlahnya 196 buah.

Selama tracking, pengunjung akan bisa menikmati pemandangan perbukitan dari ketinggian. Jika beruntung, Anda bahkan dapat menjumpai monyet liar yang bergelantungan di antara pepohonan.

Setelah sampai di anak tangga terakhir, pengunjung masih harus berjalan beberapa meter menuju lokasi curug. Sesampainya di sana, beberapa pohon berukuran tinggi dan besar akan menyambut pengunjung.

Curug Muncar tampak eksotis dengan aliran air yang meluncur deras dan dikelilingi tebing alami di kanan-kirinya. Untuk menikmatinya, pengunjung bisa duduk di kursi panjang yang ada di salah satu pohon di sana.

Demi kenyamanan dan keamanan, pengunjung diimbau mengenakan alas kaki ketika berkunjung ke Curug Muncar. Sebab, di beberapa trek terdapat bebatuan dan kontur jalan sedikit terjal sehingga harus ekstra berhati-hati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

Melemahnya Rupiah Tidak Lantas Mendorong Naiknya Kunjungan Wisman ke DIY
Dispar DIY Gelar Pelatihan Event bagi Pengelola Wisata di Gunungkidul
Seusai Lebaran, Pelaku Wisata Andalkan Halal Bihalal dan Rombongan Siswa Sekolah
Hindari Kemacetan, Wisatawan Pilih Menginap di Homestay Pinggiran Kota

Video Terbaru

Berita Lainnya

  1. Panitia Pastikan Pemilihan Rektor UNS Solo Tidak Kisruh Seperti Sebelumnya
  2. Walah! Iran vs Israel Belum Kelar, Korea Utara Malah Uji Coba Rudal Super Besar
  3. Innalillahi… Calon Anggota Paskibra Sukabumi Meninggal saat Uji Kesamaptaan
  4. Sublim Kemasan Ramah Alam

Berita Terbaru Lainnya

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia
Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter
Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru
Ada Kompetisi Unik, Pramusaji Kafe di Paris Balapan Bawa Baki
Rayakan Hari Kemenangan dengan Syawalan Sekar Kedhaton Restaurant
Menikmati Wisata Hanya dari Atas Sepeda Motor
Mengunjungi Gedung Monster, Bangunan Unik Padat Penduduk di Hong Kong
Berkeliling di Segarnya Taman Tengah Kota Jogja
Menyeruput Manis dan Segarnya Es Buah Legendaris di Jogja
Museum Kacamata Tokyo, Toko Kacamata Ikonik yang Tinggal Kenangan