HomeWisata

Curug Muncar, Surga Tersembunyi di Perbukitan Purworejo

Oleh:Lajeng Padmaratri
18 September 2021 - 07:27 WIB

Keindahan Curug Muncar, Purworejo, Jawa Tengah. - Instagram @aminsyahlevi

Harianjogja.com, PURWOREJO--Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah memiliki sejumlah destinasi air terjun yang indah. Masing-masing menawarkan pesona keindahan yang berbeda-beda, salah satunya ialah Curug Muncar.

Curug Muncar adalah salah satu air terjun yang memikat wisatawan untuk mendatangi Purworejo. Lokasinya berada di Dusun Kalibang, Desa Kaliwungu, Kecamatan Bruno, Purworejo.

Warga Kalibang menyebutnya Muncar karena berasal dari kata mancur. Sebab, air terjun ini menyerupai pancuran air yang jatuh dari ketinggian.

Aliran air terjun ini mengalir dari Sungai Muncar, salah satu anak Sungai Rebung atau Sungai Bedono yang berhulu di di dataran tinggi Sijabung pada ketinggian 600 meter di atas permukaan air laut. Curug Muncar sendiri memiliki ketinggian kurang lebih 60 meter.

Jika Anda menyukai petualangan alam, maka mengunjungi Curug Muncar adalah pilihan tepat karena air terjun ini masih sangat alami. Pemandangan di wilayah sekitar Curug Muncar masih sangat alami dan dipenuhi pemandangan bukit yang ditumbuhi pepohonan hijau.

Kendati demikian, dilansir dari Okezone, curug ini tidak bisa digunakan untuk bermain air. Sebab, di bawah air terjun tidak terdapat kedung atau kolam dan dikelilingi bebatuan besar. Air yang jatuh langsung mengalir ke sungai di bawahnya dan membentuk beberapa air terjun kecil.

Selain itu, arus air yang cukup deras berpotensi membahayakan pengunjung jika ingin bermain air. Meski begitu, pemandangan di sekitar air terjun bisa memuaskan Anda yang yang hobi berswafoto.

Anak Tangga

Pengunjung juga akan merasakan suasana sejuk ketika berada di Curug Muncar. Adanya cipratan air dari aliran curug yang niscaya akan membuat pengunjung melupakan lelahnya perjalanan tracking menuju lokasi.

Sebelum mengunjungi Curug Muncar, pengunjung akan melalui rute menanjak yang ditempuh dengan berjalan kaki. Rute menanjak itu melewati anak tangga menuju curug yang jumlahnya 196 buah.

Selama tracking, pengunjung akan bisa menikmati pemandangan perbukitan dari ketinggian. Jika beruntung, Anda bahkan dapat menjumpai monyet liar yang bergelantungan di antara pepohonan.

Setelah sampai di anak tangga terakhir, pengunjung masih harus berjalan beberapa meter menuju lokasi curug. Sesampainya di sana, beberapa pohon berukuran tinggi dan besar akan menyambut pengunjung.

Curug Muncar tampak eksotis dengan aliran air yang meluncur deras dan dikelilingi tebing alami di kanan-kirinya. Untuk menikmatinya, pengunjung bisa duduk di kursi panjang yang ada di salah satu pohon di sana.

Demi kenyamanan dan keamanan, pengunjung diimbau mengenakan alas kaki ketika berkunjung ke Curug Muncar. Sebab, di beberapa trek terdapat bebatuan dan kontur jalan sedikit terjal sehingga harus ekstra berhati-hati.

Tag: pariwisata Editor: Arief Junianto

Artikel Terkait
DIY Tingkatkan Kualitas Wisata, Berikut Langkahnya 1 year ago
BOB Dorong Pengemasan Wisata Semakin Baik 1 year ago
OPINI: Siapkah Wisata Kesehatan Indonesia? 1 year ago
Mau Liburan Ala Backpacker? Begini Caranya ... 1 year ago
Pembentukan Holding Pariwisata Tuai Dukungan 1 year ago

Berita Pilihan

6 Destinasi di Jogja yang Dikunjungi Najwa Shihab dan Mantan News Anchor Metro TV, Bisa Ditiru untuk Girl's Trip Rute Baru DAMRI, Tarif Jogja-Dieng Rp30.000 Puas Berwisata di Embung Potorono, Jangan Lupa Menyeruput Teh Telang Rela Ribet demi Aman Berwisata di Candi Borobudur Bromo dan Semeru Kembali Dibuka untuk Wisatawan, Ini Aturannya
Berita Terbaru
Nepal van Java Kian Berwarna, Perekonomian Warga Semakin Menggeliat 14 hours ago
6 Destinasi di Jogja yang Dikunjungi Najwa Shihab dan Mantan News Anchor Metro TV, Bisa Ditiru untuk Girl's Trip 1 day ago
Pemerintah Izinkan Perjalanan Wisata 19 Negara ke Bali dan Kepri 5 days ago
Jadi Pengunjung Pertama, Sandiaga Kelilingi Gunung Api Purba Nglanggeran 6 days ago
Kawasan Bromo Semeru Kembali Ditutup Total 1 week ago

Terpopuler

Masih Pandemi tapi Mau Traveling? Lakukan Saja 5 Tips Aman Ini! Ini Daftar Pasar Tiban di Jogja Selama Bulan Puasa Pesonna Tugu Hotel Jogja Berbagi Hewan Kurban dengan Warga Sekitar Menyambangi Kuil Gantung di Atas Gunung Hengshan Ladies Market, Surga Belanja bagi Pelancong yang Tega Menawar Harga di  Hong Kong
Nikmatnya Iga Bakar Tugu Jogja Menu Andalan Rustik Bistro & Bar 1 week ago
Indonesia Punya Menara Eiffel Sendiri Lho, Cek Lokasinya! 1 week ago
Ini Daftar Negara dengan Paspor Terkuat di Dunia, Nomor Berapa Indonesia? 1 week ago
Menparekraf Dukung Uji Coba Pembukaan Kawasan Wisata Dieng 1 week ago
Ini 10 Gunung Tertinggi di Indonesia 1 week ago