HomeWisata

Piknik ke Curug Muncar, Lewati Dulu Jalan Bukit Berkelok-Kelok

Oleh:Lajeng Padmaratri
18 September 2021 - 07:47 WIB

Pengunjung berfoto dengan latar Curug Muncar. - Instagram @curugmuncarindah

Harianjogja.com, PURWOREJO--Tak hanya wisatawan lokal, Curug Muncar juga ramai dikunjungi oleh wisatawan luar daerah. Lokasinya berjarak 44 kilometer dari pusat Kabupaten Purworejo atau 28 kilometer dari Kota Kutoarjo.

Untuk menjangkau curug ini, wisatawan bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum yang menuju ke arah Kaliwungu, Bruno. Ketika menuju Bruno, jalur yang ditempuh akan berkelok-kelok dan penuh tikungan, sehingga pengunjung perlu berhati-hati selama berkendara.

Selain kendaraan pribadi, Anda juga bisa menggunakan angkutan desa dan kota berupa minibus atau colt dari Bruno untuk menuju Curug Muncar.

Meski begitu, setelah menjumpai gerbang yang menunjukkan Curug Muncar, jalur akan menyempit dan hanya bisa dilalui satu kendaraan mobil. Sehingga, lebih disarankan menggunakan kendaraan roda dua.

Setelah menemui gerbang yang menunjukkan Curug Muncar, perjalanan dilanjutkan dengan melewati area pemukiman warga. Setelah itu, pengunjung bisa memarkirkan kendaraannya untuk kemudian melanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 30 menit.

Jika Anda berkunjung saat musim kemarau, air curug ini terlihat sangat jernih meski tidak begitu deras. Itulah sebabnya, sebelum menuju ke sana, pastikan cuaca cerah dan tidak hujan karena rute tracking akan licin jika hujan.

Dilansir dari Okezone, tarif masuk ke wisata Curug Muncar ini pengunjung hanya dikenakan biaya parkir kendaraan saja. Untuk parkir kendaraan roda dua dikenakan biaya Rp3.000 dan mobil Rp5.000. 

Tag: pariwisata Editor: Arief Junianto

Artikel Terkait
DIY Tingkatkan Kualitas Wisata, Berikut Langkahnya 1 year ago
BOB Dorong Pengemasan Wisata Semakin Baik 1 year ago
OPINI: Siapkah Wisata Kesehatan Indonesia? 1 year ago
Mau Liburan Ala Backpacker? Begini Caranya ... 1 year ago
Pembentukan Holding Pariwisata Tuai Dukungan 1 year ago

Berita Pilihan

6 Destinasi di Jogja yang Dikunjungi Najwa Shihab dan Mantan News Anchor Metro TV, Bisa Ditiru untuk Girl's Trip Rute Baru DAMRI, Tarif Jogja-Dieng Rp30.000 Puas Berwisata di Embung Potorono, Jangan Lupa Menyeruput Teh Telang Rela Ribet demi Aman Berwisata di Candi Borobudur Bromo dan Semeru Kembali Dibuka untuk Wisatawan, Ini Aturannya
Berita Terbaru
Nepal van Java Kian Berwarna, Perekonomian Warga Semakin Menggeliat 14 hours ago
6 Destinasi di Jogja yang Dikunjungi Najwa Shihab dan Mantan News Anchor Metro TV, Bisa Ditiru untuk Girl's Trip 1 day ago
Pemerintah Izinkan Perjalanan Wisata 19 Negara ke Bali dan Kepri 5 days ago
Jadi Pengunjung Pertama, Sandiaga Kelilingi Gunung Api Purba Nglanggeran 6 days ago
Kawasan Bromo Semeru Kembali Ditutup Total 1 week ago

Terpopuler

Masih Pandemi tapi Mau Traveling? Lakukan Saja 5 Tips Aman Ini! Ini Daftar Pasar Tiban di Jogja Selama Bulan Puasa Pesonna Tugu Hotel Jogja Berbagi Hewan Kurban dengan Warga Sekitar Menyambangi Kuil Gantung di Atas Gunung Hengshan Ladies Market, Surga Belanja bagi Pelancong yang Tega Menawar Harga di  Hong Kong
Nikmatnya Iga Bakar Tugu Jogja Menu Andalan Rustik Bistro & Bar 1 week ago
Indonesia Punya Menara Eiffel Sendiri Lho, Cek Lokasinya! 1 week ago
Ini Daftar Negara dengan Paspor Terkuat di Dunia, Nomor Berapa Indonesia? 1 week ago
Menparekraf Dukung Uji Coba Pembukaan Kawasan Wisata Dieng 1 week ago
Ini 10 Gunung Tertinggi di Indonesia 1 week ago