HomeWisata

Otopet & Sepeda Listrik, Atraksi Baru Berwisata di Kawasan Borobudur

Oleh:Nina Atmasari
22 September 2021 - 22:37 WIB

Wisatawan menikmati sensasi menggunakan happy otopet di Borobudur/Ist

Harianjogja.com, MAGELANG- Ada banyak wahana dan atraksi di kawasan Borobudur, Kabupaten Magelang yang bisa dinikmati wisatawan. Setelah andong, jeep dan VW, kini ada alat transportasi unik untuk menjelajahi pedesaan kawasan Candi Borobudur yaitu sepeda elektrik dan otopet.

Wahana baru ini digagas oleh Borobudur Scooter Electric yang ada di Desa Borobudur. Ada tiga macam alat transportasi listrik yang ditawarkan pada wisatawan, yaitu otopet, happy otopet dan happy bike (sepeda listrik). “Ketiganya sama-sama wahana bertenaga listrik, namun masing-masing akan memberikan sensasi yang berbeda-beda bagi yang menggunakannya,” kata Nanang Sipon Prakoso, pengelola di Borobudur Scooter Electric, Rabu (22/9/2021).

Ia menjelaskan happy otopet merupakan otopet bertenaga listrik yang memiliki ban angin lebih besar sehingga lebih nyaman untuk digunakan jarak lebih jauh. Rute yang sama juga digunakan untuk happy bike. Namun, dua jenis transportasi ini berbeda pada posisi pengendara yaitu terdapat tempat duduk pada happy bike. Selain itu, jika happy otopet hanya bisa digunakan untuk satu orang, untuk happy bike bisa digunakan untuk memboncengkan anak-anak. 

Adapun otopet memiliki ban lebih keras dibanding happy otopet sehingga hanya digunakan untuk jarak pendek dan medan yang lebih halus. Otopet biasanya digunakan wisatawan untuk menyusuri jalanan sekitar Candi Borobudur. Biaya sewa untuk otopet adalah Rp10.000 per 15 menit.

Untuk happy otopet dan happy bike bisa digunakan untuk jelajah desa. Ada dua paket rute yang ditawarkan untuk wisatawan, yakni menjelajahi UMKM, kerajinan dan keindahan alam di kawasan Desa Borobudur. Pertama, adalah durasi 1,5 jam dengan mengunjungi tiga destinasi, terdiri UMKM batik khas Borobudur, studio payung dan spot foto Mandala Borobudur. 

Adapun durasi tiga jam, ada tambahan destinasi yaitu UMKM madu dan gerabah, serta bisa ditambah makan. Tarif untuk durasi pendek adalah Rp250.000 per pax dan durasi panjang Rp350.000 per pax. “Untuk penggunaan, minimal dua pax. Khusus rombongan di atas 10 pax, bisa menggunakan jasa guide,” jelas Nanang.

Saat ini Borobudur Scooter Electric sudah memiliki 20 happy otopet, 20 hapy bike dan 50 otopet. Pengelola masih akan terus menambah ketiga jenis kendaraan tersebut agar bisa digunakan oleh lebih banyak wisatawan yang berombongan.

Nanang yang juga Ketua Desa Wisata Borobudur ini menambahkan adanya atraksi scooter electric, diharapkan semakin meramaikan wisata di sekitar Kawasan Candi Borobudur terutama UMKM milik warga Desa Borobudur. Ia berharap dengan menikmati wahana scooter electric ini, wisatawan yang datang untuk berlibur di sekitar Candi Borobudur bisa semakin kerasan. 

"Kami berharap, tambahan variasi armada wisata ini, membuat wisatawan semakin kerasan berwisata di Borobudur. Dengan begitu, akan banyak uang yang dibelanjakan disini. Pada akhirnya, kesejahteraan masyarakat semakin meningkat,” katanya. (ADV)

Tag: wisata Editor: Bhekti Suryani

Artikel Terkait
6 Tips Solo Traveling, Salah Satunya Boleh Bohong 1 year ago
Dari Bandara Sampai Pelabuhan untuk Pariwisata Super Premium Labuan Bajo 1 year ago
Besok Rabu 22 Januari 2020, Pendakian Gunung Sindoro Dibuka Kembali 1 year ago
Patung Gajah Bercorak Zebra di Objek Wisata Jurug Diprotes 1 year ago
Wisatawan di Bromo Tengger Semeru Tak Sebanyak Sebelumnya, Mengapa? 1 year ago

Berita Pilihan

6 Destinasi di Jogja yang Dikunjungi Najwa Shihab dan Mantan News Anchor Metro TV, Bisa Ditiru untuk Girl's Trip Rute Baru DAMRI, Tarif Jogja-Dieng Rp30.000 Puas Berwisata di Embung Potorono, Jangan Lupa Menyeruput Teh Telang Rela Ribet demi Aman Berwisata di Candi Borobudur Bromo dan Semeru Kembali Dibuka untuk Wisatawan, Ini Aturannya
Berita Terbaru
Nepal van Java Kian Berwarna, Perekonomian Warga Semakin Menggeliat 13 hours ago
6 Destinasi di Jogja yang Dikunjungi Najwa Shihab dan Mantan News Anchor Metro TV, Bisa Ditiru untuk Girl's Trip 1 day ago
Pemerintah Izinkan Perjalanan Wisata 19 Negara ke Bali dan Kepri 5 days ago
Jadi Pengunjung Pertama, Sandiaga Kelilingi Gunung Api Purba Nglanggeran 6 days ago
Kawasan Bromo Semeru Kembali Ditutup Total 1 week ago

Terpopuler

Masih Pandemi tapi Mau Traveling? Lakukan Saja 5 Tips Aman Ini! Ini Daftar Pasar Tiban di Jogja Selama Bulan Puasa Pesonna Tugu Hotel Jogja Berbagi Hewan Kurban dengan Warga Sekitar Menyambangi Kuil Gantung di Atas Gunung Hengshan Ladies Market, Surga Belanja bagi Pelancong yang Tega Menawar Harga di  Hong Kong
Nikmatnya Iga Bakar Tugu Jogja Menu Andalan Rustik Bistro & Bar 1 week ago
Indonesia Punya Menara Eiffel Sendiri Lho, Cek Lokasinya! 1 week ago
Ini Daftar Negara dengan Paspor Terkuat di Dunia, Nomor Berapa Indonesia? 1 week ago
Menparekraf Dukung Uji Coba Pembukaan Kawasan Wisata Dieng 1 week ago
Ini 10 Gunung Tertinggi di Indonesia 1 week ago