HomeWisata

Pariwisata Bali Dibuka Mulai Oktober 2021

Oleh:Ni Putu Eka Wiratmini
24 September 2021 - 22:57 WIB

Wisatawan berenang di kawasan Pantai Sanur, Bali, Minggu (10/6). Sejumlah tempat wisata di Pulau Bali mulai dipadati ribuan wisatawan domestik yang memanfaatkan waktu libur Lebaran 2018. - ANTARA FOTO/Wira Suryantala

Harianjogja.com, DENPASAR - Pariwisata di Bali rencananya melakukan uji coba pembukaan pada Oktober 2021 dengan destinasi rujukan mencakup Ubud, Sanur, dan Nusa Dua.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan kondisi Bali sudah menunjukkan situasi kondusif dalam mengatasi pandemi Covid-19. Saat ini pihaknya akan mulai melakukan persiapan pembukaan pariwisata Bali yang rencananya mulai dibuka pada Oktober 2021.

Selain itu, Bali akan meningkatkan protokol kesehatan seiring dengan rencana pembukaan pariwisata. Begitu juga dengan aplikasi Peduli Lindungi yang terus digalakkan penggunaanya.

Kemenparekraf bersama pemerintah Bali juga akan menyiapkan paket wisata adaptasi sebagai bentuk upaya uji coba pembukaan pariwisata Bali.

"Penyiapan paket wisata adaptasi karna kita akan memulai uji coba ini seperti vaksin booster, paket wisata adaptasi yang berkaitan dengan perluasan green zone ini yang nanti akan disiapkan bekerja sama dengan teman-teman industri," katanya, Jumat (24/9/2021).

Wakil Gubernur Bali Tjok. Oka Artha Ardhana Sukawati belum mau menyebutkan tanggal pasti pembukaan pariwisata yang rencananya dilakukan pada Oktober 2021. Hingga saat ini, pemerintah Bali masih akan memantau dan memonitor kondisi perkembangan COvid-19 di lapangan.

Saat ini, pihaknya terus menyiapkan sejumlah rencana dalam pembukaan pariwisataseperti cakupan wilayah yang dibuka hingga langkah yang harus dilakukan jika kondisi pandemi Covid-19 memburuk.

"Kita berharap ada plan a, plan b, dan plan c, jika keadaan baik seberapa cakupan wilayah yang kita buka, kalau keadaan kurang baik seberapa luas kita buka sampai kondisi terburuk pun," katanya.

Sumber: JIBI/Bisnis.com Tag: wisata Editor: Budi Cahyana

Artikel Terkait
6 Tips Solo Traveling, Salah Satunya Boleh Bohong 1 year ago
Dari Bandara Sampai Pelabuhan untuk Pariwisata Super Premium Labuan Bajo 1 year ago
Besok Rabu 22 Januari 2020, Pendakian Gunung Sindoro Dibuka Kembali 1 year ago
Patung Gajah Bercorak Zebra di Objek Wisata Jurug Diprotes 1 year ago
Wisatawan di Bromo Tengger Semeru Tak Sebanyak Sebelumnya, Mengapa? 1 year ago

Berita Pilihan

22 Tempat Terbaik di Dunia untuk Dikunjungi Tahun Depan, Termasuk Indonesia 6 Pohon Tertua di Dunia, Ada yang 9.550 Tahun Mengenal Ngupit Klaten, Daerah yang Disebut Tertua di Indonesia Liburan ke Jogja, Jangan Lewatkan Jajanan Sehat! Pelaku Wisata Diharapkan Memahami Tren Baru yang Muncul Akibat Pandemi
Berita Terbaru
Permintaan Meningkat, Vila Jadi Alternatif Wisata saat Pandemi 2 days ago
22 Tempat Terbaik di Dunia untuk Dikunjungi Tahun Depan, Termasuk Indonesia 3 days ago
101 Isu Destinasi Wisata Super Prioritas Belum Tuntas 4 days ago
9 Destinasi Romantis di Indonesia yang Cocok untuk Bulan Madu, Ada Jogja 4 days ago
Mengenal San Pedro, Penjara yang Punya "Pemerintahan" 6 days ago

Terpopuler

Masih Pandemi tapi Mau Traveling? Lakukan Saja 5 Tips Aman Ini! Ini Daftar Pasar Tiban di Jogja Selama Bulan Puasa Pesonna Tugu Hotel Jogja Berbagi Hewan Kurban dengan Warga Sekitar Menyambangi Kuil Gantung di Atas Gunung Hengshan Ladies Market, Surga Belanja bagi Pelancong yang Tega Menawar Harga di  Hong Kong
Wisata Bromo Dibuka, Ini Link Pemesanan Tiket Kunjungan 6 days ago
Di 5 Tempat Ini Matahari 'Enggan' Terbenam 6 days ago
6 Pohon Tertua di Dunia, Ada yang 9.550 Tahun 1 week ago
Unik, Penduduk Desa Ini adalah Orang-Orang Kerdil 1 week ago
Ini 10 Kota Paling Berhantu di Dunia 1 week ago