HomeWisata

Sambut Hari Batik Nasional, Ini 5 Kampung Batik di Indonesia, Salah Satunya di Jogja

Oleh:Newswire
01 Oktober 2021 - 18:07 WIB

Pekerja membuat alat cap batik di Sondakan, Laweyan, Solo, Jawa Tengah. ANTARA

Harianjogja.com, SOLO - Tanggal 2 Oktober adalah Hari Batik Nasional. Pada Sabtu (2/10/2021) besok, perayaan Hari Batik Nasional tiba.

Seperti yang diketahui, penetapan hari tersebut merujuk pada ditetapkannya kain batik khas Indonesia sebagai warisan budaya UNESCO.

Nah, untuk memperingatinya, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Selain mengenakan busana dari kain batik itu sendiri, Anda juga dapat berkunjung ke kampung batik yang ada di Indonesia.

Berikut sejumlah kampung batik di Indonesia.

1. Kampung Batik Laweyan, Solo

Tempat ini menyediakan ratusan jenis motif batik yang bisa dipilih dan dibeli saat berkunjung. Tak hanya itu, berbagai artefak kejayaan industri batik juga dapat ditemukan dengan mudah di sini. Lalu, pengunjung pun bisa turut belajar membatik karena kampung ini menyediakan wisata edukasi yang bisa diakses oleh wisatawan umum, termasuk siswa sekolah.

2. Kampung Batik Palbatu, Jakarta

Di tengah hiruk pikuk kota Jakarta yang padat, ada sebuah tempat yang bisa memberikan pengalaman unik bagi warganya. Di Kampung Batik Palbatu, pengunjung bisa berbelanja batik dengan berbagai motif yang bisa dipilih. Dengan dekorasi tembok sepanjang sekitar 134 meter yang di cat dengan motif batik, wilayah ini berhasil meraih penghargaan Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

3. Kampung Batik Ngasem, Yogyakarta

Jika berkunjung ke Jogja, maka singgahlah sebentar ke sini. Ada sederet toko butik dan pernak pernik lainnya yang bermotif batik, baik hasil printing maupun hasil buatan tangan. Tak perlu khawatir soal harga, sebab pengunjung bisa melakukan tawar menawar kepada penjual hingga menemukan angka sepakat.

4. Kampung Batik Trusmi, Cirebon

Desa Batik yang terletak di Cirebon ini telah menampung lebih dari 3.000 perajin batik. Nah, selain berbelanja, pengunjung juga bisa belajar membuat batik sendiri dengan alat yang telah disediakan. Di samping itu, pengunjung pun dapat melihat proses pembuatan batik secara langsung dari awal hingga tahap siap jemur.

5. Kampung Batik Wiradesa, Pekalongan

Di Pekalongan, tepatnya di sepanjang jalan KH Hasyim Asy’ari, pengunjung dapat melihat deretan toko batik. Warga Desa Kemplong yang berada di area ini telah mengandalkan batik sebagai pemasukan utama sejak ratusan tahun yang lalu. Oleh karenanya, kemampuan membatik masyarakat sekitar pun tak perlu diragukan lagi.

Sumber: Bisnis.com Tag: batik Editor: Nina Atmasari

Artikel Terkait
Paguyuban Ibu-Ibu Kembangkan Motif Batik Khas Gunungketur 1 year ago
Alat Cap Batik Otomatis Pertama di Dunia Hadir di Jogja 2 years ago
Kurangi Impor Parafin, UKM Batik Direkomendasikan Gunakan Minyak Sawit 2 years ago
Inovasi Diharapkan Tidak Menghilangkan Nilai dan Tradisi Membatik 2 years ago
Pelajar dan Pegawai Ikut Membatik di Sepanjang Jalan Sukonandi 2 years ago

Berita Pilihan

22 Tempat Terbaik di Dunia untuk Dikunjungi Tahun Depan, Termasuk Indonesia 6 Pohon Tertua di Dunia, Ada yang 9.550 Tahun Mengenal Ngupit Klaten, Daerah yang Disebut Tertua di Indonesia Liburan ke Jogja, Jangan Lewatkan Jajanan Sehat! Pelaku Wisata Diharapkan Memahami Tren Baru yang Muncul Akibat Pandemi
Berita Terbaru
Permintaan Meningkat, Vila Jadi Alternatif Wisata saat Pandemi 2 days ago
22 Tempat Terbaik di Dunia untuk Dikunjungi Tahun Depan, Termasuk Indonesia 3 days ago
101 Isu Destinasi Wisata Super Prioritas Belum Tuntas 4 days ago
9 Destinasi Romantis di Indonesia yang Cocok untuk Bulan Madu, Ada Jogja 4 days ago
Mengenal San Pedro, Penjara yang Punya "Pemerintahan" 6 days ago

Terpopuler

Masih Pandemi tapi Mau Traveling? Lakukan Saja 5 Tips Aman Ini! Ini Daftar Pasar Tiban di Jogja Selama Bulan Puasa Pesonna Tugu Hotel Jogja Berbagi Hewan Kurban dengan Warga Sekitar Menyambangi Kuil Gantung di Atas Gunung Hengshan Ladies Market, Surga Belanja bagi Pelancong yang Tega Menawar Harga di  Hong Kong
Wisata Bromo Dibuka, Ini Link Pemesanan Tiket Kunjungan 6 days ago
Di 5 Tempat Ini Matahari 'Enggan' Terbenam 6 days ago
6 Pohon Tertua di Dunia, Ada yang 9.550 Tahun 1 week ago
Unik, Penduduk Desa Ini adalah Orang-Orang Kerdil 1 week ago
Ini 10 Kota Paling Berhantu di Dunia 1 week ago