HomeWisata

Indonesia Punya Menara Eiffel Sendiri Lho, Cek Lokasinya!

Oleh:Chelin Indra Sushmita
11 Oktober 2021 - 01:27 WIB

Menara Eiffel - Reuters/Philippe Wojazer

Harianjogja.com, SOLO - Tak perlu melancong hingga ke Paris, masyarakat kini bisa menikmati keindahan menara Eiffel di Rawa Pening. Dilansir dari JIBI/Solopos, menara yang mana merupakan ikon objek wisata Radesa Wisata Tuntang tersebut kini sedang naik daun di Jawa Tengah.

Namun, berbeda dari Eiffel Tower yang ada di Paris, Prancis, menara yang telah berdiri di tengah Rawa Pening sejak Juli 2020 ini terbuat dari bambu dengan tinggi sekitar 38 meter dan lebar 12,5 meter.

CEO sekaligus Founder Radesa Wisata Tuntang dan The Green Farm, Didik Setiawan, mengatakan bahwa Eiffel Tower tersebut dibuat untuk menunjukan sumber daya alam berupa bambu yang ada di desa wisata itu.

Adapun proses pembuatan sendiri lebih kurang memakan waktu delapan bulan. Dari penuturan Didik, diketahui bahwa pembuatannya melibatkan banyak pihak, seperti tenaga ahli bambu, BUMDes Tuntang Sejahtera, PLN Peduli, serta pemuda karang taruna setempat dan alumni pondok pesantren.

Didik lantas menambahkan, Menara Eiffel dari Desa Tuntang ini dikerjakan dengan sistem panel. Dengan begitu, bagian yang rusak atau kurang baik diganti tanpa harus merubuhkan seluruh bangunan.

Nah, untuk pengunjung yang ingin melihat langsung Eiffel Tower tersebut, mereka diharuskan naik perahu terlebih dahulu dari pinggir Rawa Pening.

Sementara itu, biaya tiket masuk yang dikenakan sebesar Rp10.000 per orang dengan biaya naik perahu Rp15.000 per orang. Selain itu, setiap pengunjung juga bisa menikmati pemandangan puncak di rooftop dengan biaya tambahan Rp10.000 per orang.

Lebih lanjut, untuk aksesnya sendiri, jalan menuju lokasi Desa Wisata Tuntang sudah sangat baik. Lokasi destinasi ini juga dekat dengan jalan tol dan juga pinggir jalan raya utama, sehingga pengunjung tak perlu khawatir akan menyasar.

Sumber: JIBI/Solopos.com Tag: wisata, viral Editor: Sunartono

Artikel Terkait
Tindak Lanjut Kasus Rubingah, Polisi Tunggu Perkembangan 1 year ago
Aneh, Rata-Rata Korban Kerajaan Agung Sejagat Adalah Orang Lanjut Usia 1 year ago
Kerajaan Kandang Wesi di Garut Bikin Geger, Disebut-sebut Punya Raja Bernama Nurseno 1 year ago
Mbah Rubingah Sudah Dipertemukan dengan Orang yang Menendangnya, Begini Akhir Kasusnya 1 year ago
Sudah Ditemukan, Begini Aktivitas Mbah Rubingah di Rumahnya 1 year ago

Berita Pilihan

6 Pohon Tertua di Dunia, Ada yang 9.550 Tahun Mengenal Ngupit Klaten, Daerah yang Disebut Tertua di Indonesia Liburan ke Jogja, Jangan Lewatkan Jajanan Sehat! Pelaku Wisata Diharapkan Memahami Tren Baru yang Muncul Akibat Pandemi Ditetapkan Sebagai Warisan Budaya Tak Benda dari Jogja, Ini Seluk Beluk Lemper
Berita Terbaru
Di 5 Tempat Ini Matahari 'Enggan' Terbenam 4 hours ago
6 Pohon Tertua di Dunia, Ada yang 9.550 Tahun 14 hours ago
Unik, Penduduk Desa Ini adalah Orang-Orang Kerdil 21 hours ago
Ini 10 Kota Paling Berhantu di Dunia 3 days ago
Wisata ke Jogja, Jangan Lewatkan Jajanan Murah Ini 3 days ago

Terpopuler

Masih Pandemi tapi Mau Traveling? Lakukan Saja 5 Tips Aman Ini! Ini Daftar Pasar Tiban di Jogja Selama Bulan Puasa Pesonna Tugu Hotel Jogja Berbagi Hewan Kurban dengan Warga Sekitar Menyambangi Kuil Gantung di Atas Gunung Hengshan Ladies Market, Surga Belanja bagi Pelancong yang Tega Menawar Harga di  Hong Kong
Nikmati Kuliner Sehat nan Legendaris di Jogja 3 days ago
Mengenal Keindahan Taman Nasional Bryce Canyon yang Mirip Palu Thor 4 days ago
Mendaki Gunung Tidar, Wisata Sehat dan Menenangkan di Masa Pandemi 6 days ago
MUBENG TIDAR: Geliat Wisata di Puncak Paku Tanah Jawa 1 week ago
Sandiaga Sebut Tidak Mudah Datangkan Wisman ke Bali, Ini Alasannya.. 1 week ago