HomeWisata

Unik, Penduduk Desa Ini adalah Orang-Orang Kerdil

Oleh:Intan Riskina Ichsan
30 November 2021 - 00:37 WIB

Orang-orang kerdil di China - News.com.au

Harianjogja.com, JAKARTA—China memiliki Desa Yangsi atau biasa juga disebut Desa Kurcaci. Terletak di Provinsi Sichuan di barat daya Cina, desa ini cukup terpencil dan unik karena 40% penduduk di desa itu adalah orang kerdil.

Bukan karena disengaja, namun mereka semua memang lahir dan besar di Yangsi. Desa ini telah membingungkan para ilmuwan selama beberapa dekade. Saat ini, jumlah mereka telah menyusut menjadi hanya 80 tetapi dulu 119. 36 dari 80 penduduk adalah manusia kerdil yang paling tinggi sekitar 116 cm dan yang terpendek 65 cm.

Kondisi pertumbuhan yang mengejutkan di Yangsi secara resmi ditemukan pada tahun 1951 tetapi laporan adanya manusia kerdil sudah ada sejak tahun 1911.

Beberapa penduduk setempat menderita kondisi misterius yang terutama menyerang anak-anak berusia antara 5 dan 7. Anak-anak ini berhenti tumbuh, tetap pada ketinggian yang sama selama sisa hidup mereka. Selain ketidakmampuan mereka untuk tumbuh lebih tinggi, beberapa korban juga menderita berbagai disabilitas lainnya.

Tidak ada penjelasan yang tepat sampat saat ini. Dari menguji penduduk hingga menguji biji-bijian, tanah, dan air di daerah itu, para ilmuwan benar-benar mencoba setiap metode yang memungkinkan untuk mencari jawabannya.

Penduduk tua di Yangsi melaporkan bahwa mereka dulu menikmati kehidupan yang damai sampai suatu malam di musim panas, penyakit misterius datang dan menyerang anak-anak antara kelompok usia 5 sampai 7 tahun dan anak-anak itu berhenti tumbuh. Bukan karena pertumbuhan mereka menjadi linglung tetapi banyak dari mereka juga menderita berbagai cacat fisik.

Ada juga yang mengatakan bahwa ketika Jepang menginvasi Cina, mereka melepaskan gas beracun yang menyebabkan masalah ini. Namun, selama invasi Jepang, tentara Jepang tidak benar-benar mencapai desa Yangsi.

Para ilmuwan bahkan telah menguji tanah di sini secara ekstensif, serta pasokan air dan biji-bijian yang ditanam di sini, tetapi tidak menemukan apa pun. Tidak ada satu pun penjelasan rasional mengapa desa terpencil yang satu ini memiliki penghuni dengan mayoritas orang kerdil.

Penjelasan yang paling aneh adalah tentang kutukan kura-kura hitam. Menurut cerita, seekor kura-kura hitam dengan kaki aneh ditemukan oleh seorang pria bernama Wang. Penduduk desa mengalami dilema antara membiarkan kura-kura pergi atau membiarnya. Mereka akhirnya membunuh kura-kura, memanggangnya, dan memakannya. Penduduk desa sekarang percaya bahwa kutukan kura-kuralah yang menyebabkan kemarahan anak-anak dan generasi mendatang.

Menariknya, pemerintah China tidak pernah menafikan keberadaan desa tersebut namun belum membuka desa untuk orang asing. Pemerintah belum memberikan penjelasan yang sah untuk pembatasan tersebut aturan ini baru saja diterapkan.

Sumber: JIBI/Bisnis.com Tag: kisah unik Editor: Budi Cahyana

Artikel Terkait
Boneka Arwah Viral, Perempuan di Bantul Banjir Order dari Selebgram 1 week ago

Berita Pilihan

22 Tempat Terbaik di Dunia untuk Dikunjungi Tahun Depan, Termasuk Indonesia 6 Pohon Tertua di Dunia, Ada yang 9.550 Tahun Mengenal Ngupit Klaten, Daerah yang Disebut Tertua di Indonesia Liburan ke Jogja, Jangan Lewatkan Jajanan Sehat! Pelaku Wisata Diharapkan Memahami Tren Baru yang Muncul Akibat Pandemi
Berita Terbaru
Bahaya! Jangan Pesan Pasta saat Naik Pesawat 1 day ago
Deretan 10 Pantai Pasir Hitam Terbaik Di Dunia 2 days ago
Warung Makan di Jogja dengan Nama Aneh, Samperin Yuk! 2 days ago
Makanan Tradisional Jawa Tengah yang Punya Nama Unik, Ada Kupat Jembut 2 days ago
Mengenal Watu Lempeng, Wisata Kulonprogo yang Muncul Berkat Booming Gowes 3 days ago

Terpopuler

Masih Pandemi tapi Mau Traveling? Lakukan Saja 5 Tips Aman Ini! Ini Daftar Pasar Tiban di Jogja Selama Bulan Puasa Pesonna Tugu Hotel Jogja Berbagi Hewan Kurban dengan Warga Sekitar Menyambangi Kuil Gantung di Atas Gunung Hengshan Ladies Market, Surga Belanja bagi Pelancong yang Tega Menawar Harga di  Hong Kong
14 Oleh-Oleh Kerajinan Tangan Khas Jogja 4 days ago
Daftar 5 Desa Wisata Menawan nan Eksotis di Indonesia 4 days ago
Resep Mudah Ayam Penyet Ungkep Oles Sambal 4 days ago
Cita Rasa 10 Sate Klatak di Imogiri Bantul 4 days ago
Prambanan Gudangnya Tempat Piknik, Ada Wisata Religi Juga di Perbukitan 5 days ago