HomeWisata

6 Pohon Tertua di Dunia, Ada yang 9.550 Tahun

Oleh:Intan Riskina Ichsan
30 November 2021 - 07:47 WIB

Tjikko Lama - visitdalama

Harianjogja.com, JAKARTA— Selepas hilangnya pohon “Sang Senator” sebagai salah satu organisme tertua di dunia, ternyata masih ada pohon-pohon kuno yang menarik para wisatawan. Berikut 6 pohon tertua di dunia yang masih tersisa dilansir dari Mental Floss:

1. Tjikko Lama di Swedia

Pohon tertua di dunia ini tumbuh pada Zaman Es, lebih dari 9.550 tahun yang lalu. Cemara Norwegia setinggi 16 kaki ini berada di Dalarna Swedia yang sistem akarnya dimulai kembali ketika jembatan es masih menghubungkan Kepulauan Inggris ke Eropa. Leif Kullman, ahli geologi yang menemukan pohon itu, menamainya setelah anjingnya yang mati.

2. Methuselah di California

Methuselah, pohon pinus bristlecone dari White Mountains California, diperkirakan berusia hampir 5000 tahun dan merupakan pohon non-klonal tertua di dunia. Lokasi yang tepat dari Methuselah ini adalah rahasia Dinas Kehutanan untuk alasan perlindungan. Pada tahun 1964, pohon yang sedikit lebih tua dengan nama Prometheus secara tidak sengaja ditebang oleh seorang ilmuwan yang tidak menyadari bahwa pohon itu sangat tua.

3. Llangernyw di Wales Utara

Llangernyw, pohon yew berusia 4000 tahun ditanam di tempat yang sekarang menjadi halaman gereja Wales Utara ketika Piramida Mesir masih dianggap sebagai perkembangan baru.

4. Zoroastrian Sarv di Iran

Zoroaster Sarv, sebuah pohon di Iran tengah, adalah monumen alam nasional. Cemara berusia 4000 tahun ini berakar tepat pada saat orang-orang kuno di Asia Tengah menemukan roda dengan jari-jari.

5. The Tree of One Hundred Horses di Sisilia

Diartikan sebagai Pohon Seratus Kuda adalah pohon kastanye besar di dekat gunung berapi Gunung Etna di Sisilia, diperkirakan berusia antara 2000 dan 4000 tahun. Nama yang tak ada bandingannya ini berasal dari legenda lama di mana 100 ksatria yang basah kuyup dan kuda-kuda mereka mencari perlindungan dari badai petir. Pohon yang benar-benar besar ini memegang rekor dunia untuk ketebalan, dengan keliling 190 kaki hampir sepanjang gelanggang hoki.

6. Fitzroya Cupressoides di Chili

Pohon ini adalah sejenis pohon cemara yang tinggi dan ramping di Pegunungan Andes. Dikenal secara umum sebagai Alerce, banyak dari pohon cemara yang menjulang tinggi ini telah ditebang dalam 200 tahun terakhir, tetapi para ilmuwan telah melacak dan melindungi satu pohon tertentu, yang diperkirakan berusia lebih dari 3600 tahun.

 

Sumber: JIBI/Bisnis.com Tag: kisah unik Editor: Budi Cahyana

Artikel Terkait
Boneka Arwah Viral, Perempuan di Bantul Banjir Order dari Selebgram 1 week ago

Berita Pilihan

22 Tempat Terbaik di Dunia untuk Dikunjungi Tahun Depan, Termasuk Indonesia 6 Pohon Tertua di Dunia, Ada yang 9.550 Tahun Mengenal Ngupit Klaten, Daerah yang Disebut Tertua di Indonesia Liburan ke Jogja, Jangan Lewatkan Jajanan Sehat! Pelaku Wisata Diharapkan Memahami Tren Baru yang Muncul Akibat Pandemi
Berita Terbaru
Bahaya! Jangan Pesan Pasta saat Naik Pesawat 1 day ago
Deretan 10 Pantai Pasir Hitam Terbaik Di Dunia 2 days ago
Warung Makan di Jogja dengan Nama Aneh, Samperin Yuk! 2 days ago
Makanan Tradisional Jawa Tengah yang Punya Nama Unik, Ada Kupat Jembut 2 days ago
Mengenal Watu Lempeng, Wisata Kulonprogo yang Muncul Berkat Booming Gowes 3 days ago

Terpopuler

Masih Pandemi tapi Mau Traveling? Lakukan Saja 5 Tips Aman Ini! Ini Daftar Pasar Tiban di Jogja Selama Bulan Puasa Pesonna Tugu Hotel Jogja Berbagi Hewan Kurban dengan Warga Sekitar Menyambangi Kuil Gantung di Atas Gunung Hengshan Ladies Market, Surga Belanja bagi Pelancong yang Tega Menawar Harga di  Hong Kong
14 Oleh-Oleh Kerajinan Tangan Khas Jogja 4 days ago
Daftar 5 Desa Wisata Menawan nan Eksotis di Indonesia 4 days ago
Resep Mudah Ayam Penyet Ungkep Oles Sambal 4 days ago
Cita Rasa 10 Sate Klatak di Imogiri Bantul 4 days ago
Prambanan Gudangnya Tempat Piknik, Ada Wisata Religi Juga di Perbukitan 5 days ago