HomeWisata

Di 5 Tempat Ini Matahari 'Enggan' Terbenam

Oleh:Intan Riskina Ichsan
30 November 2021 - 17:57 WIB

Restoran bawah laut Under di Baaly Norwegia. Foto diambil 18 Maret 2019. - Reuters/Lefteris Karagiannopoulos

Harianjogja.com, JAKARTA— Pada keadaan normal, 24 jam dalam sehari terbagi menjadi waktu siang dan malam. Lain halnya dengan tempat yang posisinya dekat dengan lingkaran arktik.

Tempat-tempat tersebut jelas memiliki letak geografis yang berbeda sehingga matahari tidak terbenam dan membuat waktu siangnya lebih lama dibandingkan malam hari. Fenomena ini terjadi karena bumi miring pada porosnya sekitar 23 derajat.

Berikut lima tempat yang disebut sebagai negeri matahari tengah malam, dilansir dari CourtesyFeed:

1. Finlandia

Ski, bersepeda, panjat tebing, dan hiking adalah beberapa kegiatan yang bisa Anda lakukan untuk bersenang-senang saat mengunjungi negeri Matahari tengah malam ini. Pada pertengahan musim panas, selama berbulan-bulan matahari tidak terbenam di Finlandia sehingga banyak orang yang tetap pergi berperahu dan memancing walau sebenarnya waktu sudah malam.

2. Swedia

Saat berada di Swedia, Anda bisa menikmati Matahari tengah malam di Stockholm, ibu kota Swedia di mana matahari terbenam sekitar tengah malam dan terbit kembali pada pukul 04.30 pagi. Stockholm sebenarnya terdiri dari 14 pulau, juga terletak di tempat Danau Malaren yang terhubung dengan Laut Baltik. 30% dari Stockholm terdiri dari saluran air sehingga melakukan perjalanan perairan untuk melihat matahari tengah malam adalah hal yang tepat.

3. Kanada

Di Inuvik dan Wilayah Barat Laut, Kanada, siang hari akan muncul selama sekitar 50 hari di musim panas. Kegiatan yang bisa dilakukan saat matahari tidak terbenam adalah dengan memancing, berpartisipasi dalam Great Northern Arts Festival (fitur tahunan pada pertengahan Juli), bermain golf di tundra, dan berpartisipasi dalam Midnight Sun Fun Run (dimulai pada tengah malam pada akhir pekan).

4. Islandia

Negara yang penuh dengan beragam bentang alam yang indah ini memiliki waktu siang yang lama karena waktu malam hanya dua jam saja. Anda dapat mengunjungi air terjun, gunung berapi, gletser, pergi berkemah dan menyelam sepanjang hari. Selain itu, Anda juga dapat menunggang kuda Islandia atau bermain golf rekreasi di salah satu dari 65 lapangan golf yang tetap buka pada tengah malam.

5. Norwegia

Karena lintang tinggi Norwegia, ada variasi musiman yang besar di siang hari. Selama bulan-bulan musim panas atau dari akhir Mei hingga akhir Juli, Matahari tidak pernah sepenuhnya terbenam terkhususnya di Norwegia Utara.

Anda dapat memesan tur sepeda, bermain kayak di laut, memancing, bermain golf, atau naik kapal pesiar untuk berendam dengan matahari tengah malam di Norwegia Utara.

Sumber: JIBI/Bisnis.com Tag: fenomena alam Editor: Bhekti Suryani

Artikel Terkait
Fenomena Langka! Gurun Sahara Diselimuti Salju, Suhu Minus 2 Derajat 2 days ago
Besok Puncak Hujan Meteor Ursid 1 month ago

Berita Pilihan

22 Tempat Terbaik di Dunia untuk Dikunjungi Tahun Depan, Termasuk Indonesia 6 Pohon Tertua di Dunia, Ada yang 9.550 Tahun Mengenal Ngupit Klaten, Daerah yang Disebut Tertua di Indonesia Liburan ke Jogja, Jangan Lewatkan Jajanan Sehat! Pelaku Wisata Diharapkan Memahami Tren Baru yang Muncul Akibat Pandemi
Berita Terbaru
Bahaya! Jangan Pesan Pasta saat Naik Pesawat 1 day ago
Deretan 10 Pantai Pasir Hitam Terbaik Di Dunia 2 days ago
Warung Makan di Jogja dengan Nama Aneh, Samperin Yuk! 2 days ago
Makanan Tradisional Jawa Tengah yang Punya Nama Unik, Ada Kupat Jembut 2 days ago
Mengenal Watu Lempeng, Wisata Kulonprogo yang Muncul Berkat Booming Gowes 3 days ago

Terpopuler

Masih Pandemi tapi Mau Traveling? Lakukan Saja 5 Tips Aman Ini! Ini Daftar Pasar Tiban di Jogja Selama Bulan Puasa Pesonna Tugu Hotel Jogja Berbagi Hewan Kurban dengan Warga Sekitar Menyambangi Kuil Gantung di Atas Gunung Hengshan Ladies Market, Surga Belanja bagi Pelancong yang Tega Menawar Harga di  Hong Kong
14 Oleh-Oleh Kerajinan Tangan Khas Jogja 4 days ago
Daftar 5 Desa Wisata Menawan nan Eksotis di Indonesia 4 days ago
Resep Mudah Ayam Penyet Ungkep Oles Sambal 4 days ago
Cita Rasa 10 Sate Klatak di Imogiri Bantul 4 days ago
Prambanan Gudangnya Tempat Piknik, Ada Wisata Religi Juga di Perbukitan 5 days ago