HomeWisata

Wisata Bromo Dibuka, Ini Link Pemesanan Tiket Kunjungan

Oleh:Newswire
30 November 2021 - 22:57 WIB

Tiga orang menunggang kuda dengan latar belakang Gunung Bromo. - Antara/Umarul Faruq

Harianjogja.com, MALANG - Seluruh pintu masuk kawasan wisata Gunung Bromo yang ada di empat wilayah di Jawa Timur dibuka untuk para wisatawan seiring dengan penurunan level pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Balai Besar TNBTS Novita Kusuma Wardani, di Kota Malang, Jawa Timur, Selasa (30/11/2021), mengatakan bahwa pembukaan seluruh pintu masuk pada kawasan Bromo tersebut dengan membatasi jumlah wisatawan maksimal 25 persen dari total daya tampung.

"Objek daya tarik wisata alam Gunung Bromo dibuka dengan kapasitas maksimal 25 persen, mulai 30 November 2021," katanya.

Novita menjelaskan, saat ini kawasan wisata Bromo yang ada di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru telah dibuka dari seluruh pintu masuk. Kawasan Bromo terletak di empat wilayah, yakni Kabupaten Malang, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Pasuruan, dan Kabupaten Probolinggi.

Sebelumnya, akses untuk menuju Taman Nasional Bromo Tengger Semeru hanya dibuka pada satu pintu masuk, yakni Kabupaten Malang yang telah berstatus PPKM level 2. Saat ini empat wilayah tersebut berstatus PPKM level 2 sesuai dengan Instruksi Mendagri Nomor 63/2021.

Dia menambahkan, meskipun saat ini wisata Bromo telah dibuka seiring dengan menurunnya status level PPKM, ia meminta seluruh wisatawan untuk memperketat penerapan protokol kesehatan termasuk penggunaan aplikasi PeduliLindungi.

"Tetap menerapkan protokol kesehatan secara lebih ketat, serta wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi," katanya.

Menurutnya, ada lima titik yang bisa dikunjungi wisatawan dengan kapasitas 25 persen dari total daya tampung pada kawasan Bromo Tengger Semeru. Lima titik tersebut adalah Bukit Cinta dengan kapasitas 31 orang dan Bukit Kedaluh bagi 107 orang per hari.

Selain itu, pada titik Penanjakan, kuota wisatawan yang diperbolehkan sebanyak 222 orang per hari, Mentigen 55 orang per hari dan Savana Teletubbies sebanyak 319 orang per hari. Tiket kunjungan bagi wisatawan bisa diakses melalui www.bookingbromo.bromotenggersemeru.org.

Kepala Sub Bagian Data, Evaluasi, Pelaporan dan Kehumasan Balai Besar TNBTS, Sarif Hidayat menambahkan jika nantinya pemerintah pusat menerapkan level 3 PPKM pada akhir tahun, maka Taman Nasional Bromo Tengger Semeru akan menyesuaikan dengan aturan itu.

"Kami akan mengikuti hasil evaluasi dan instruksi dari pusat (Mendagri) terkait level PPKM tersebut," ujarnya.

Pemerintah pusat menyatakan akan menerapkan PPKM level 3 pada 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022 di seluruh wilayah Indonesia. Kebijakan tersebut akan diterapkan menunggu Kementerian Dalam Negeri menerbitkan Instruksi Mendagri terbaru.

Kebijakan tersebut dinilai perlu dilakukan untuk memperketat pergerakan masyarakat dalam upaya untuk mencegah adanya lonjakan kasus konfirmasi positif Covid-19 usai libur akhir tahun.

Sumber: Antara Tag: wisata Editor: Bhekti Suryani

Artikel Terkait
Mengenal Watu Lempeng, Wisata Kulonprogo yang Muncul Berkat Booming Gowes 3 days ago
14 Oleh-Oleh Kerajinan Tangan Khas Jogja 4 days ago
Daftar 5 Desa Wisata Menawan nan Eksotis di Indonesia 4 days ago
Mengulik Surga Bawah Tanah Cappadocia 5 days ago
Ngopi In The Sky di Gunungkidul Dihentikan, Eh Muncul di Jakarta 5 days ago

Berita Pilihan

22 Tempat Terbaik di Dunia untuk Dikunjungi Tahun Depan, Termasuk Indonesia 6 Pohon Tertua di Dunia, Ada yang 9.550 Tahun Mengenal Ngupit Klaten, Daerah yang Disebut Tertua di Indonesia Liburan ke Jogja, Jangan Lewatkan Jajanan Sehat! Pelaku Wisata Diharapkan Memahami Tren Baru yang Muncul Akibat Pandemi
Berita Terbaru
Bahaya! Jangan Pesan Pasta saat Naik Pesawat 1 day ago
Deretan 10 Pantai Pasir Hitam Terbaik Di Dunia 2 days ago
Warung Makan di Jogja dengan Nama Aneh, Samperin Yuk! 2 days ago
Makanan Tradisional Jawa Tengah yang Punya Nama Unik, Ada Kupat Jembut 2 days ago
Mengenal Watu Lempeng, Wisata Kulonprogo yang Muncul Berkat Booming Gowes 3 days ago

Terpopuler

Masih Pandemi tapi Mau Traveling? Lakukan Saja 5 Tips Aman Ini! Ini Daftar Pasar Tiban di Jogja Selama Bulan Puasa Pesonna Tugu Hotel Jogja Berbagi Hewan Kurban dengan Warga Sekitar Menyambangi Kuil Gantung di Atas Gunung Hengshan Ladies Market, Surga Belanja bagi Pelancong yang Tega Menawar Harga di  Hong Kong
14 Oleh-Oleh Kerajinan Tangan Khas Jogja 4 days ago
Daftar 5 Desa Wisata Menawan nan Eksotis di Indonesia 4 days ago
Resep Mudah Ayam Penyet Ungkep Oles Sambal 4 days ago
Cita Rasa 10 Sate Klatak di Imogiri Bantul 4 days ago
Prambanan Gudangnya Tempat Piknik, Ada Wisata Religi Juga di Perbukitan 5 days ago