HomeWisata

9 Destinasi Romantis di Indonesia yang Cocok untuk Bulan Madu, Ada Jogja

Oleh:inta
02 Desember 2021 - 16:47 WIB

Wisatawan mengantre di Gate Zonasi Malioboro untuk cek suhu dan kode QR pada Minggu (27/12/2020). - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Harianjogja.com, JAKARTA—Indonesia adalah harta karun berupa tempat-tempat yang luar biasa dan pemandangan alam yang menakjubkan.  Cocok untuk bersantai maupun untuk menjelajahi lokasi eksotis yang belum banyak dikunjungi.

Berikut sembilan tempat yang cocok untuk menjadi destinasi bulan madu dilansir dari Have Halal Will Travel:

1. Bali

Berbicara Indonesia seperti tidak lengkap tanpa menyebutkan Bali. Pulau ini adalah salah satu tujuan wisata paling populer baik bagi penduduk lokal maupun asing. Di antara beragam akomodasi yang tersedia (termasuk vila-vila indah), matahari terbenam yang menakjubkan di tepi pantai, atraksi budaya yang kaya dan daerah pedalaman yang indah, ada banyak hal yang dapat dinikmati pengunjung.

Di luar area Kuta yang populer, ada banyak hal yang bisa ditemukan di area seperti Ubud, Nusa Dua, Jimbaran, atau Sanur. Kunjungi ladang Tegallalang yang sekarang terkenal, atau mampir ke Wanagiri untuk mengambil beberapa foto pasangan yang indah.

2. Pulau Belitung

Pulau Belitung adalah bagian dari provinsi Bangka-Belitung di Sumatera Selatan. Menarik perhatian ketika ditampilkan dalam film adaptasi dari novel Indonesia yang terkenal, Laskar Pelangi. Ada pantai yang sangat bagus dan peluang snorkeling di Belitung dan pulau-pulau sekitarnya, seperti Pulau Lengkuas.

Kunjungi Danau Kaolin, bekas area pertambangan yang terkenal dengan perairan biru mudanya yang sangat kontras dengan perbukitan pasir putih. Anda juga dapat melakukan perjalanan sehari ke Pulau Lengkuas untuk bersenang-senang di pantai, mengunjungi benteng tua Belanda dan mengunjungi mercusuar yang indah.

3. Raja Ampat

Berikutnya adalah tempat terpencil yang semakin menarik perhatian banyak orang, Raja Ampat. Kabupaten ini adalah kepulauan dengan lebih dari 1.500 pulau kecil yang terletak di provinsi Papua Barat.

Raja Ampat dikenal sebagai surganya para penyelam, jadi jika Anda pasangan yang suka menyelam atau snorkeling, Anda harus memanfaatkan banyak tempat menyelam yang tersedia di seluruh area. Sekarang ada banyak akomodasi yang tersebar di berbagai pulau, yaitu pulau Waigeo, Kri, Arborek, dan Pam.

4. Lombok

Pulau tetangga Bali ini sering digambarkan sebagai tempat yang lebih murah daripada Bali. Lombok merupakan rumah bagi Gunung Rinjani yang bisa ditempuh dengan perjalanan dua sampai empat hari. Lombok juga berada di dekat Kepulauan Gili, yang memiliki pantai yang menakjubkan dan banyak tempat menyelam/snorkel sehingga Anda dapat menikmati aktivitas laut.

5. Labuan Bajo

Labuan Bajo adalah sebuah kota yang terletak di ujung barat Pulau Flores di provinsi Nusa Tenggara Timur. Banyak orang datang ke Labuan Bajo untuk mengunjungi Taman Nasional Komodo yang tidak hanya mencakup Pulau Komodo tetapi juga pulau Padar, Rinca, dan Kelimutu. Anda juag bisa bertemu dengan orang Manggarai, masyarakat adat yang tinggal di daerah tersebut.

6. Gili Trawangan

Gili Trawangan adalah salah satu dari tiga pulau yang secara kolektif dikenal sebagai Kepulauan Gili (dua lainnya adalah Gili Meno dan Gili Air). Gili Trawangan adalah yang terbesar dari ketiganya. Pulau-pulau Gili umumnya sangat kecil dan menawarkan liburan sederhana dan lebih dingin.

Anda dapat bersepeda melintasi pulau, bepergian ke pulau Gili lainnya, menyelam, snorkeling, atau sekadar bermalas-malasan di tepi pantai yang indah. Jangan lupa untuk mengambil foto matahari terbenam yang menakjubkan yang pasti akan Anda lihat, atau di salah satu dari banyak ayunan pantai yang kini menjadi terkenal di Instagram.

7.  Bintan

Pulau yang bisa ditempuh hanya satu jam perjalanan dari Singapura dengan feri ini akan mengejutkan Anda! Bintan dipenuhi dengan resor tepi pantai seperti Banyan Tree Bintan, Club Med Bintan, atau Indra Maya Villas yang memberikan kenyamanan mewah yang tidak ingin Anda tinggalkan. Jika Anda mencari opsi yang lebih terjangkau, periksa tempat-tempat seperti Cassia Bintan atau Nirwana Resort Hotel.

Kunjungi Gurun Pasir Busung, bekas tambang pasir yang membuatnya terlihat seperti dunia lain. Untuk budaya lokal, bertamasya ke Tanjung Pinang atau kunjungi Pulau Penyengat terdekat yang memiliki sejarah kuat terkait dengan bekas kesultanan Melayu di wilayah tersebut.

8. Jogja

Bagi mereka yang suka menjelajahi situs budaya dan sejarah atau hanya menjelajahi kota baru, Jogja menjadi tujuan yang sempurna. Dekat dengan kompleks candi Borobudur dan Prambanan yang mengesankan, Jogja terkenal sebagai pusat warisan seni dan pendidikan. Ada banyak universitas di sini dan populasi siswa yang besar.

Meskipun candi-candi memang wajib dikunjungi, Anda juga berkesempatan mengunjungi banyak tempat wisata Jogja lainnya. Salah satunya menyusuri Malioboro yang ramai untuk menikmati suasana atau berbelanja oleh-oleh untuk dibawa pulang. Anda juga dapat mendaftar untuk tur 4WD ke Gunung Merapi atau bertamasya ke Taman Nasional Kalibiru.

9. Sumba

Pulau Sumba yang terletak di provinsi Nusa Tenggara Timur adalah sebagian besar pantai yang belum tersentuh. Cocok bagi pasangan petualang, karena Sumba menyimpan begitu banyak keindahan yang terpencil.

Anda akan disuguhi oleh beberapa pantai yang luar biasa, seperti pantai Mandorak. Sumba menjadi rumah bagi beberapa resor kelas atas, termasuk resor Nihi Sumba yang mewah karena banyak para peselancar yang datang untuk menikmati ombak di lepas pantai Sumba. Sisi lain yang menarik dari Sumba adalah desa-desa setempat. Sumba memiliki banyak desa di puncak bukit tempat Anda akan menemukan rumah-rumah tradisional dengan atap jerami yang tinggi.

Sumber: JIBI/Bisnis.com Tag: wisata Editor: Budi Cahyana

Artikel Terkait
Mengenal Watu Lempeng, Wisata Kulonprogo yang Muncul Berkat Booming Gowes 3 days ago
14 Oleh-Oleh Kerajinan Tangan Khas Jogja 4 days ago
Daftar 5 Desa Wisata Menawan nan Eksotis di Indonesia 4 days ago
Mengulik Surga Bawah Tanah Cappadocia 5 days ago
Ngopi In The Sky di Gunungkidul Dihentikan, Eh Muncul di Jakarta 5 days ago

Berita Pilihan

22 Tempat Terbaik di Dunia untuk Dikunjungi Tahun Depan, Termasuk Indonesia 6 Pohon Tertua di Dunia, Ada yang 9.550 Tahun Mengenal Ngupit Klaten, Daerah yang Disebut Tertua di Indonesia Liburan ke Jogja, Jangan Lewatkan Jajanan Sehat! Pelaku Wisata Diharapkan Memahami Tren Baru yang Muncul Akibat Pandemi
Berita Terbaru
Bahaya! Jangan Pesan Pasta saat Naik Pesawat 1 day ago
Deretan 10 Pantai Pasir Hitam Terbaik Di Dunia 2 days ago
Warung Makan di Jogja dengan Nama Aneh, Samperin Yuk! 2 days ago
Makanan Tradisional Jawa Tengah yang Punya Nama Unik, Ada Kupat Jembut 2 days ago
Mengenal Watu Lempeng, Wisata Kulonprogo yang Muncul Berkat Booming Gowes 3 days ago

Terpopuler

Masih Pandemi tapi Mau Traveling? Lakukan Saja 5 Tips Aman Ini! Ini Daftar Pasar Tiban di Jogja Selama Bulan Puasa Pesonna Tugu Hotel Jogja Berbagi Hewan Kurban dengan Warga Sekitar Menyambangi Kuil Gantung di Atas Gunung Hengshan Ladies Market, Surga Belanja bagi Pelancong yang Tega Menawar Harga di  Hong Kong
14 Oleh-Oleh Kerajinan Tangan Khas Jogja 4 days ago
Daftar 5 Desa Wisata Menawan nan Eksotis di Indonesia 4 days ago
Resep Mudah Ayam Penyet Ungkep Oles Sambal 4 days ago
Cita Rasa 10 Sate Klatak di Imogiri Bantul 4 days ago
Prambanan Gudangnya Tempat Piknik, Ada Wisata Religi Juga di Perbukitan 5 days ago