Wisata

6 Wisata Terdekat di Jogja untuk Liburan

Penulis: Bhekti Suryani
Tanggal: 23 Desember 2021 - 20:17 WIB
Suasana di Jalan Malioboro, Kota Jogja, Minggu (5/9/2021). - Harian Jogja/Gigih M. Hanafi

Harianjogja.com, JOGJA--Berwisata di Jogja kerap menjadi pilihan terutama bagi wisatawan lokal maupun nasional saat libur akhir tahun. Wisatawan kerap memilih wisata terdekat di sekitar kota agar tak repot bepergian ke tempat jauh.

Seperti halnya libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022, Jogja masih kerap diburu wisatawan.

Sebagian wisatawan tak mau repot berwisata ke lokasi yang berjarak jauh hingga puluhan kilometer. Jangan khawatir, di Jogja terutama di pusat kotanya, terdapat banyak objek wisata yang bisa dijajal saat libur akhir tahun ini. Seperti yang dirangkum Harianjogja.com, berikut sejumlah objek wisata terdekat di Jogja yang bisa jadi pilihan wisatawan.

1. Malioboro

Malioboro sudah sangat melegenda di dunia pariwisata Jogja. Selain lokasinya berada di pusat kota, kawasan ini menyuguhkan beragam pilihan belanja dan wisata kuliner.

Baik belanja batik, kuliner di pinggir jalan, oleh-oleh khas Jogja maupun belanja barang-barang khas lokal yang tersedia di Pasar Beringharjo. Bagi yang ingin belanja fesyen, mal juga ada di tempat ini.

2. Kraton Jogja

Bergerak tak sampai satu kilometer ke selatan dari Malioboro, wisatawan bisa berwisata ke kawasan Kraton Jogja. Di tempat ini pelancong bisa belajar tentang sejarah Kraton Jogja, mengenal raja-rajanya sekaligus belajar budaya Jawa.

3. Gembira Loka Zoo
Kalau objek wisata satu ini tak asing lagi bagi wisatawan terutama keluarga. Setiap akhir pekan kerap ramai dikunjungi pelancong. Kebun Bintatang yang terletak di dalam Kota Jogja ini tak hanya menyuguhkan beragam satwa melainkan juga wisata naik kapal di danau dan beragam wahana menarik lainnya.

4. Taman Sari
Objek wisata Taman Sari terletak tak jauh dari Kraton Jogja. Taman Sari merupakan bangunan bersejarah yang dahulu merupakan sebuah taman atau kebun istana Kraton Jogja.

Kompleks ini dibangun secara bertahap pada masa Sri Sultan Hamengku Buwono I. Tamansari memiliki luas lebih dari 10 hektare dengan 57 bangunan di dalamnya. Bangunan-bangunan tersebut berbentuk gedung, kolam pemandian, jembatan gantung, kanal air, danau buatan, pulau buatan, masjid, dan lorong bawah tanah.

5. Alun-Alun Selatan
Berwisata ke Jogja tak afdol bila belum menjajal Alun-Alun Selatan. Kawasan ini merupakan halaman belakang Kraton Jogja. Alun-Alun Selatan paling ramai saat malam hari, karena banyak lapak kuliner dan atraksi sepeda hias yang berkeliling Alun-Alun.

Selain itu, dua pohon beringin raksasa menjadi ikon Alun-Alun Selatan. Konon pohon beringin ini punya nuansa magis saat wisatawan mencoba berjalan melalui dua pohon itu menggunakan penutup mata. Sayangnya saat libur Nataru kali ini, pemerintah sengaja menutup kawasan alun-alun untuk menghindari kerumunan manusia di suatu titik tertentu.

6. Taman Pintar
Kalau objek wisata satu ini sangat ramai dikunjungi keluarga dan anak-anak. Selain murah meriah, Taman Pintar yang berlokasi di dekat Malioboro ini menyediakan banyak permainan edukasi yang menarik bagi anak-anak. Selain bersenang-senang dan bermain, anak-anak juga bisa sambil menyerap pengetahuan.

Itu tadi sejumlah objek wisata terdekat di Jogja yang dirangkum harianjogja.com, untuk menjadi referensi wisatawan berlibur ke Jogja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

Dispar DIY Gelar Pelatihan Event bagi Pengelola Wisata di Gunungkidul
Seusai Lebaran, Pelaku Wisata Andalkan Halal Bihalal dan Rombongan Siswa Sekolah
Hindari Kemacetan, Wisatawan Pilih Menginap di Homestay Pinggiran Kota
TWC Siapkan Beragam Atraksi Menarik di Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko

Video Terbaru

Berita Lainnya

  1. Dugaan Penyebab Banjir Dubai, Curah Hujan UEA Terbesar di 75 Tahun Terakhir
  2. Amankan Industri dari Dampak Geopolitik, Kemenperin Siapkan Insentif Impor
  3. Hujan Batu Kerikil di Pulau Tagulandang imbas Meletusnya Gunung Ruang
  4. Lebaran sudah Lewat, Masih Ada Perusahaan di Sleman Belum Bayar THR

Berita Terbaru Lainnya

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru
Ada Kompetisi Unik, Pramusaji Kafe di Paris Balapan Bawa Baki
Rayakan Hari Kemenangan dengan Syawalan Sekar Kedhaton Restaurant
Menikmati Wisata Hanya dari Atas Sepeda Motor
Mengunjungi Gedung Monster, Bangunan Unik Padat Penduduk di Hong Kong
Berkeliling di Segarnya Taman Tengah Kota Jogja
Menyeruput Manis dan Segarnya Es Buah Legendaris di Jogja
Museum Kacamata Tokyo, Toko Kacamata Ikonik yang Tinggal Kenangan
Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII
Unik, Pepohonan di Tempat Ini Tumbuh ke Samping, Bukan ke Atas