Wisata

Wisata ke Jogja! Hindari 5 Titik Kemacetan Ini

Penulis: Sunartono
Tanggal: 16 Januari 2022 - 11:47 WIB
Antrean kendaraan di perempatan Imogiri, Bantul, Jumat (7/6/2019).- Harian Jogja - Salsabila Annisa Azmi

Harianjogja.com, JOGJA--Kota Jogja dan DIY pada umumnya menjadi salah satu destinasi wisata. Arus lalu lintas yang macet bukan pemandangan yang aneh terutama saat libur akhir pekan. Dari sejumlah titik kemacetan, ada lima titik yang terjadi hampir setiap hari.

Lima titik kemacetan ini cukup menguras emosi hingga mengakibatkan gelisah dan asam lambung naik bagi orang yang tidak sabar dalam berkendara. Berikut ini adalah titik kemacetan di seputar area Kota Jogja berdasarkan pantauan Harianjogja.com selama beberapa pekan terakhir :

1. Simpang Empat Ring Road Gejayan

Simpang ini menjadi simpul antrean panjang kemacetan nyaris di empat penjuru arus lalu lintas. Wisatawan perlu menghindari kawasan ini saat berwisata ke Jogja.

Dari arah barat antrean panjang terjadi karena arus dari arah barat yang sudah tidak terkontrol lagi, karena kendaraan arah barat dari simpang empat Jalan Kaliurang bisa langsung melewati terowongan Kenthungan. Akibatnya arus roda empat menumpuk di jalur cepat sisi barat simpang empat Gejayan. Kondisi ini biasanya terjadi dari pukul 09.00 hingga 11.00 WIB dan pukul 15.00 hingga 18.00 WIB terutama saat akhir pekan.

Sedangkan antrean dari arah selatan persimpangan ini lebih sering terjadi pada saat sore hari atau saat waktu masyarakat pulang kerja antara pukul 16.00 hingga 17.30 WIB.

2. Kawasan Simpang Empat Gejayan - Lippo Plaza

Kawasan macet lainnya yang perlu dihindari saat berwisata ke Jogja adalah simpang empat Gejayan-Lippo Plaza. Antrean panjang sering kali terjadi dari Simpang Empat Bangjo hingga ke timur kawasan Kampus UIN Sunan Kalijaga. Hal ini disebabkan karena kondisi ruas jalan yang relatif sempit, hanya cukup untuk dua kendaraan bermotor.

Selain itu arus dari arah Solo yag akan menuju kawasan Malioboro lebih banyak melewati jalur ini karena menjadi pintu masuk yang paling mudah diakses. Kemacetan biasanya terjadi dari pukul 09.00 WIB hingga larut malam.

3. Simpang Empat Ring Road Godean

“Enggan lewat Jalan Godean, itulah kalimat yang kerap disampaikan para pelaju dari barat Jogja yang bekerja di Kota Jogja. Kondisi jalan sangat sempit, sementara arus lalu lintas yang terus bertambah sehingga tak sebanding. Akibatnya jalan ini kerap terjadi antrean panjang terutama dari arah Ringroad menuju ke barat.

BACA JUGA: Pasangan Selingkuh, Ini Tanda Awalnya

Selain menjadi salah satu jalur wisata Menoreh, Jalan Godean juga kerap menjadi alternatif bagi masyarakat di utara Jogja yang akan menuju ke Bandara YIA. Akibatnya arus lalu lintas di kawasan ini terus membludak.

4. Simpang Empat Imogiri Timur

Jalan Imogiri Timur senasib dengan Jalan Godean yang sudah bertahun-tahun tidak diperlebar meski arus lalu lintas saat ini terus meningkat. Kawasan jalan ini menjadi alternatif bagi masyarakat terutama usai berwisata dari kawasan Panggang, Gunungkidul atau perbukitan Dlingo, Bantul. Antrean panjang dari arah selatan persimpangan ini biasanya terjadi saat pulang jam kerja atau ketika libur akhir pekan.

5. Simpang Tiga Ringroad Maguwoharjo

Titik antrean ini terutama dari arah barat dari depan eks Hotel Quality hingga Hotel Sheraton. Kemacetan sering terjadi terutama saat libur akhir pekan dan saat sore hari waktu masyarakat pulang jam kerja. Biasanya antrean makin panjang terutama di titip penggal depan Hotel Sheraton karena adanya kendaraan roda empat yang ingin putar balik.

Lima titik kemacetan ini layak untuk menjadi perhatian wisatawan saat berwisata ke Jogja maupun aparat kepolisian dan Dinas Perhubungan dengan melakukan rekayasa durasi pengaturan lampu bangjo yang lebih efektif. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

Taman Pintar Dikunjungi 3 Ribu Lebih Wisatawan Sehari Selama Libur Lebaran
Pelaku Wisata Siapkan Strategi Ini untuk Atasi Kunjungan Wisatawan Mangunan yang Turun
Melemahnya Rupiah Tidak Lantas Mendorong Naiknya Kunjungan Wisman ke DIY
Pola Baru Kunjungan Wisatawan Selama Libur Lebaran 2024, Pusat Kuliner dan Oleh-oleh Ramai

Video Terbaru

Berita Lainnya

  1. Taylor Swift Rilis Cuplikan Video Fortnight sebelum Luncurkan Album Baru
  2. Gibran Lantik 5 Pejabat Eselon II Pemkot Solo, Ini Daftarnya
  3. Mengatasi Kesenjangan Digital
  4. 10 Berita Terpopuler : Sragen Terapkan 3 Model Seragam Sekolah-Banjir Dubai

Berita Terbaru Lainnya

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru
Ada Kompetisi Unik, Pramusaji Kafe di Paris Balapan Bawa Baki
Rayakan Hari Kemenangan dengan Syawalan Sekar Kedhaton Restaurant
Menikmati Wisata Hanya dari Atas Sepeda Motor
Mengunjungi Gedung Monster, Bangunan Unik Padat Penduduk di Hong Kong
Berkeliling di Segarnya Taman Tengah Kota Jogja
Menyeruput Manis dan Segarnya Es Buah Legendaris di Jogja
Museum Kacamata Tokyo, Toko Kacamata Ikonik yang Tinggal Kenangan
Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII
Unik, Pepohonan di Tempat Ini Tumbuh ke Samping, Bukan ke Atas