Wisata

Bosan dengan Oleh-Oleh Jogja yang Itu-Itu Saja, Coba Cokelat Truffle Ini

Penulis: Lajeng Padmaratri
Tanggal: 25 Januari 2022 - 10:07 WIB
Trufllelogy. - Instagram trufflelogy

Harianjogja.com, JOGJA--Meski belum genap dua tahun dirintis, produk cokelat truffle rumahan yang dijalankan Balindo menambah semarak bisnis camilan cokelat di Jogja. Melalui jenama Trufflelogy, pemuda asal Batam itu ingin menghadirkan camilan cokelat yang berbeda kepada para pencinta cokelat.

Cokelat merupakan camilan sejuta umat. Nyaris tak ada orang yang tak doyan makanan olahan dari kakao ini. Kini, tangan-tangan kreatif membuat cokelat kian beragam, salah satunya ialah cokelat truffle.

Cokelat truffle adalah suguhan cokelat yang terbuat dari cokelat dan krim yang umumnya dibentuk seukuran sekali makan, lalu dilumuri bubuk cokelat. Lantaran pemain bisnis cokelat jenis ini belum banyak di Jogja, Balindo pun tanpa ragu menawarkan produk cokelat truffle-nya sebagai salah satu pilihan menikmati olahan kakao.

Sekitar empat tahun lalu, pria 35 tahun ini merantau ke Jogja. Di kota ini, ia mengambil spesialisasi cokelat dengan salah satu chef untuk mendalami produk olahan kakao. Setelah puas belajar ilmu dasarnya, Balindo pun mengeksplorasi olahan cokelat. Puncaknya, pada 2020 ia merilis Trufflelogy.

"Pada 2020 mau buka bisnis, ternyata barengan sama pandemi. Tapi ya sudah jalani saja, meski saat awal-awal aku masih kerjain sendiri. Sekarang pasar yang terbentuk justru maksimal di penjualan online, mungkin karena pandemi juga," ujar Balindo, belum lama ini.

Saat itu, dia hanya berpikir bagaimana menggarap olahan cokelat truffle dengan serius. Dengan modal Rp900.000 yang ia gunakan untuk membeli alat dan bahan, Balindo memulai eksperimen cokelatnya.

Ada tiga varian yang pertama kali diluncurkannya, yaitu dark light, choco milk, dan matcha. Sejumlah varian itu mulanya ia tawarkan ke lingkaran pertemanannya. Beruntung, mereka menghargai usahanya dan mendukung dengan membeli.

Sembari meraba pasar, dia pun merambah promosi di media sosial. Rupanya, masa awal pandemi Covid-19 yang memaksa orang banyak beraktivitas di rumah saja justru membuat banyak pesanan Trufflelogy berasal dari luar Jogja.

"Pandemi bikin orang jadi banyak jajan, Trufflelogy ikut laris lewat penjualan online. Kami banyak kirim ke luar kota, dibandingkan penjualan dalam Jogja sendiri. Lama-lama pembeli yang suka cokelatku ikut promosiin dengan unggah ke Instagram Story, ternyata jadi viral," ungkapnya.

Sejak pertengahan 2021 lalu, Balindo pun menyewa sebuah rumah di Ngaglik, Sleman sebagai tempat produksi sekaligus outlet kecil bagi pelanggannya. Di sana, dia kini dibantu 12 karyawan.

Varian

Dibandingkan cokelat batangan, camilan berupa cokelat truffle memiliki tekstur yang lebih lembut. Tampilannya juga unik lantaran bertabur bubuk cokelat.

Setelah merilis tiga varian awal, Trufflelogy pun menambah tiga varian lain yaitu choco rum, choco mint, serta salted caramel. "Dari enam itu yang jadi best seller varian dark light, choco milk, matcha, dan salted caramel," kata dia.

Setiap satu boks Trufflelogy berukuran 135 gram. Harganya beragam berdasarkan variasi rasanya, mulai dari Rp50.000 hingga Rp60.000. Selain bisa dibeli langsung di outlet Ngaglik, Trufflelogy juga bisa dipesan via aplikasi daring seperti lokapasar dan pengiriman ojol.

"Buat orang Jakarta, mungkin cokelat satu boks seharga Rp50.000 gini murah ya. Jadi banyak yang pesan itu memang dari Jakarta," kata dia.

Meski mengirim ke luar kota, Balindo memastikan bahwa cokelat tersebut tahan di suhu ruang selama enam hari sehingga masih aman ketika diterima konsumen. Masa liburan, perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru), hingga Lebaran membuat permintaan Trufflelogy melonjak drastis.

Untuk momen Nataru pada Desember lalu, kata dia, ribuan boks terjual Trufflelogy.

"Selain itu yang lebih tinggi lagi momen Valentine di 14 Februari. Alhamdulillah omzetnya bisa buat menggaji 12 karyawan yang kebanyakan mereka tadinya korban PHK selama pandemi," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

Rekomendasi Makanan Takjil Tradisional di Pasar Ramadan Kauman Jogja
Pak Jede, Dekatkan Klatak kepada Pencintanya di Jogja
Berburu Daging Sapi Premium Juicy di Indoguna Meatshop & Grocery
Ini Resep Gudeg Manggar Khas Jogja dan Detail Masakannya

Video Terbaru

Berita Lainnya

  1. Begini Persiapan Dishub Wonogiri untuk Sambut Pemudik Lebaran 2024
  2. Ngabuburide Seru Berkonsep Fashion Urban City Rolling Naik Honda Stylo 160
  3. Jelang Ibadah Paskah, Polisi Sragen Sterilisasi 4 Gereja
  4. Puan: Partai Pemenang Pemilu Berhak Raih Kursi Ketua DPR

Berita Terbaru Lainnya

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII
Unik, Pepohonan di Tempat Ini Tumbuh ke Samping, Bukan ke Atas
Wae Rebo Ditetapkan The Spectator Index Jadi Desa Tercantik Kedua di Dunia
Ada Taman Bermain Gantung Setinggi 200 Meter di China, Warganet Pertanyakan Keamanannya
Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali
Makanan 16 Negara Disajikan di Grand Mercure dan Ibis Yogyakarta Adisucipto Selama Ramadan
The Phoenix Hotel Yogyakarta Sajikan Menu Buka Puasa Spesial dengan Promo Menarik
Hari Raya Nyepi Kawasan Gunung Bromo Ditutup Total
Rasakan Sisi Spiritual Ramadan di Istanbul
Berburu Daging Sapi Premium Juicy di Indoguna Meatshop & Grocery