Advertisement

Libur Akhir Tahun Bersamaan dengan Pelaksaan Kampanye, Ini Harapan Pelaku Wisata di Jogja

Anisatul Umah
Rabu, 13 Desember 2023 - 18:17 WIB
Abdul Hamied Razak
Libur Akhir Tahun Bersamaan dengan Pelaksaan Kampanye, Ini Harapan Pelaku Wisata di Jogja Ilustrasi pencoptan alat peraga kampanye (APK) Pemilu 2024. / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA— Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY menyampaikan stabilitas dan keamanan politik harus terus dijaga, baik di tingkat nasional dan di DIY khususnya. Apalagi masa kampanye saat ini berbarengan dengan momen libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Ketua PHRI DIY, Deddy Pranowo Eryono mengatakan kampanye santun bisa dilakukan dengan kampanye budaya. Melalui kampanye berbudaya masyarakat akan melihat bahwa Jogjakarta benar-benar istimewa.

"Kalau kampanye yang santun, di DIY kami sudah dengungkan kampanye yang santun kampanye yang berbudaya. Dengan budaya Jogja justru itu akan menarik perhatian wisatawan," ucapnya, Rabu (13/12/2023).

BACA JUGA: Waduh, 39 TPS di Kulonprogo Masuk Blank Spot

Menurutnya dengan kampanye yang berbudaya bisa membalikkan kesan yang selama ini terbentuk bahwa kampanye identik dengan rusuh dan meresahkan. Melalui kampanye berbudaya masyarakat justru akan simpati.

"Kami berharap peserta kampanye bisa kampanye berbudaya, ini akan jadi daya simpati dan menarik wisatawan ke DIY," lanjutnya.

Sebelumnya, Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) menyampaikan, momen Natal dan Tahun Baru yang berbarengan dengan masa kampanye pemilihan umum (Pemilu) akan menjadi sebuah pertaruhan jumlah kunjungan wisatawan.

Advertisement

BACA JUGA: Nataru Effect, Ekonomi DIY Diramal Tumbuh di Atas 5%

Ketua GIPI DIY, Bobby Ardianto mengatakan naik atau turunnya wisatawan di akhir tahun ini akan sangat tergantung dengan situasi dan kondisi masa kampanye Pemilu. Jika berlangsung kondusif, akan mendukung peningkatan kunjungan wisatawan, berlaku juga sebaliknya.

"Libur Nataru [Natal dan Tahun Baru] tahun ini tentunya sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, tahun ini bersamaan dengan kampanye pesta demokrasi Indonesia," ucapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Jadwal KRL Jogja Solo dari Stasiun Tugu Jogja, Minggu 5 Mei 2024

Jogja
| Minggu, 05 Mei 2024, 02:37 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement