Advertisement

Kebutuhan Pangan di Jogja selama Kampanye Bakal Meningkat, Stok Cadangan Beras Ditambah

Alfi Annisa Karin
Selasa, 09 Januari 2024 - 19:47 WIB
Arief Junianto
Kebutuhan Pangan di Jogja selama Kampanye Bakal Meningkat, Stok Cadangan Beras Ditambah Jajaran Pemkot Jogja tengah melakukan pengecekan cadangan beras di gudang penyimpanan beberapa waktu lalu. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Penjabat Wali Kota Jogja, Singgih Raharjo menyebut pada masa kampanye ini kebutuhan pangan bisa jadi meningkat. Ini lantaran biasanya kegiatan kampanye akan mengundang banyak orang, sehingga membutuhkan jumlah konsumsi yang banyak pula.

Belum lagi, saat kampanye para caleg akan punya acara dan kesibukan masing-masing yang di dalamnya akan membutuhkan konsumsi. Sehingga, bisa turut meningkatkan permintaan kebutuhan pangan. "Oleh sebab itu, permintaan pangan itu harus diantisipasi. Salah satunya bisa menjalin kerja sama dengan daerah lain yang memiliki stok pangan," ujarnya, Selasa (9/1/2024).

Advertisement

Untuk memastikan keamanan stok pangan di Kota Jogja, Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Kota Jogja menambah stok cadangan beras. Tahun ini, cadangan beras ditambah hingga 55 ton. Akan direalisasi pada Mei 2024.

Plt Kepala DPP Kota Jogja, Sukidi menuturkan penambahan cadangan beras ini juga dilakukan untuk memenuhi target. Pemkot Jogja, lanjutnya, punya target untuk memenuhi cadangan beras hingga 120 ton.

"Jumlah cadangan beras itu sesuai dengan Peraturan Gubernur No. 24/2016 tentang Cadangan Pangan Pemerintah Daerah dan Peraturan Wali Kota Jogja No. 22/2019 tentang Cadangan Beras Pemkot Jogja," kata Sukidi.

Penambahan cadangan beras tahun ini lebih banyak jika dibanding dengan tahun lalu. Pada 2023, DPP Kota Jogja hanya melakukan penambahan stok beras sebanyak 18 ton. Kini, cadangan beras milik Pemkot Jogja tercatat ada 65,05 ton.

BACA JUGA: Pemda DIY Memastikan Stok Pangan Cukup di Masa Libur Nataru

Jumlah ini belum terpakai, lantaran kebutuhan beras di tengah masyarakat masih bisa dipenuhi dari berbagai gelaran bantuan pangan dan operasi pasar.

Sukidi menambahkan, pengadaan cadangan pangan beras 55 ton dilakukan menggunakan APBD murni Kota Jogja. Jika telah ter-realisasi, maka nantinya cadangan pangan milik Pemkot Jogja menjadi sejumlah 120,05 ton. "Alokasi anggaran beras cadangan Rp12.000/kilogram dengan jenis beras kualitas medium," imbuhnya.

Selama ini DPP Kota Jogja masih mengandalkan beras dari Purworejo, Delanggu, Klaten, Sragen dan Kulonprogo. "Pemkot Jogja bekerja sama dengan PT Tarumartani selaku BUMD Pemda DIY dalam menyimpan dan mengelola cadangan beras pemerintah daerah," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Menko Airlangga Isi Kuliah Tamu di LSE: Indonesia On-Track Capai Visi Indonesia Emas 2045

News
| Kamis, 02 Mei 2024, 12:57 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement