Advertisement

Dampak Bencana di Kota Jogja, Sejumlah Rumah Rusak dan Puluhan Pohon Tumbang

Alfi Annisa Karin
Sabtu, 27 Januari 2024 - 14:27 WIB
Abdul Hamied Razak
Dampak Bencana di Kota Jogja, Sejumlah Rumah Rusak dan Puluhan Pohon Tumbang Salah satu rumah di Berbah, Sleman, yang rusak akibat tertimpa pohon tumbang saat hujan deras disertai angin kencang, Jumat (24/1/2024). - Antara - ist/BPBD Sleman

Advertisement

Harianjogja.com, UMBULHARJO—Beberapa waktu terakhir, intensitas hujan di Kota Jogja meningkat. Ditambah lagi, badai siklon tropis terjadi di DIY juga belakangan ini.

Kondisi ini menyebabkan sejumlah dampak kerusakan di Kota Jogja. Kepala Pelaksana BPBD Kota Jogja Nur Hidayat menjelaskan, kerusakan dari bencana hidrometeorologi ini paling nampak terjadi pada rumah warga dan pepohonan.

Advertisement

BACA JUGA: 15 Rumah Rusak Diterjang Hujan Angin Senin Malam, Genteng dan Atap Berterbangan

"Telah terjadi 35 pohon tumbang dan 6 rumah rusak yang diakibatkan oleh cuaca ekstrim. Namun, tidak ditemui korban jiwa," ujar Nur, Sabtu (27/1/2024).

Dia menambahkan, cuaca ekstrem hidrometeorologi diprediksi masih akan terjadi hingga Februari mendatang. Meski begitu, masyarakat diminta untuk tidak panik. Sebagai langkah antisipasi, kini setidaknya ada 155 kampung tangguh bencana (KTB).

Anggota KTB diharapkan bisa melakukan pencegahan hingga penanganan bencana di masing-masing kampung. BPBD Kota Jogja masih terus mengejar target pembentukan KTB yang ditargetkan mencapai 169 KTB.

"Tahun ini akan kita tuntaskan. Sehingga di seluruh kampung sudah terbentuk KTB dan dapat menanggulangi kebencanaan melalui informasi yang cepat serta penanganan tepat sasaran,” ungkapnya.

Sementara, Penjabat Wali Kota Jogja Singgih Raharjo menyebut selain rusaknya beberapa rumah dan puluhan pohon tumbang, bencana hidrometeorologi juga menyebabkan beberapa reklame ambruk. Menurutnya, mitigasi bencana menjadi hal yang penting. Sehingga kejadian bencana bisa ditanggulangi.

"Jangan sampai pohon tumbang dan bencana lainnya memakan korban," tuturnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ikuti Afsel, Mesir Resmi Gugat Israel ke mahkamah Internasional

News
| Senin, 13 Mei 2024, 10:47 WIB

Advertisement

alt

Unik, Ada Lampu Bangjo Khusus Unta di Tengah Gurun Pasir

Wisata
| Sabtu, 11 Mei 2024, 18:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement