Advertisement

KRAS 2024 yang Diikuti Ribuan Peserta Dapat Jadi Magnet Sport Tourism

Catur Dwi Janati
Kamis, 22 Februari 2024 - 21:17 WIB
Mediani Dyah Natalia
KRAS 2024 yang Diikuti Ribuan Peserta Dapat Jadi Magnet Sport Tourism KRASS 2022 yang digelar di Kolam Renang UNY Kampus Wates, Kulonprogo, Sabtu (12/2 - 2022)

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Kejuaraan Renang Antarsekolah dan perguruan tinggi (KRAS) 2024 di Sleman kembali diadakan. Tak hanya menjadi wadah menjaring perenang muda berbakat, gelaran ini dinilai bisa menjadi magnet sport tourism di Sleman.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Sleman, Agung Armawanta menerangkan gelaran KRAS merupakan inisiasi Pengkab PB Aquatik Sleman bekerja sama dengan Dispora Kabupaten Sleman. Kejuaraan renang beragam kelas ini bisa menjadi wadah untuk mencari bibit-bibit unggul pada cabor renang.

Advertisement

"Sebenarnya ini sudah ketiga kalinya KRAS ini dilaksanakan kerja sama dengan Dispora Sleman. Pemerintah mendukung inisiatif teman-teman Pengkab Aquatik dan juga panitia yang sudah mendorong olahraga renang ini dalam skala yang lebih besar," kata Agung pada Rabu (21/2/2024).

KRAS tahun ini disebut Agung memiliki daya tarik tersendiri, yakni banyaknya perenang muda yang ikut penambahan yang biasanya juga dihadiri oleh orang tuanya. Selain menjadi ajang olahraga, ajang ini lanjut Agung juga dapat menunjang pariwisata di Kabupaten Sleman. "Hal ini tentu dapat menunjang pariwista di Kabupaten Sleman khususnya," lanjutnya.

Baca Juga

587 Perenang Ikuti Kejuaraan Antarsekolah dan Perguruan Tinggi

KRAS 2022 Digelar dengan Prokes Ketat

800 Perenang Ikuti Krasi 2020

Diselenggarakan di Kolam Renang Kampus UNY Karangmalang, kejuaraan ini akan digelar selama tiga hari mulai 23 Februari sampai dengan 25 Februari 2024. Ketua Panitia KRAS 2024, Agus Supriyanto mengungkapkan bila tahun ini KRAS diikuti sebanyak 884 peserta yang berasal dari 28 provinsi se-Indonesia. Jumlah tersebut mengalami penurunan dibandingkan dengan pelaksanaan KRAS tahun lalu.

"Walaupun ini ada penurunan dari tahun sebelumnya karena tahun ini berbarengan event lomba renang ada di Tegal, ada di Jawa Barat, ada di NTB, tanggalnya sama persis," terangnya.

Sementara untuk nomor seri KRAS 2024 diketahui mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Adapun total seri perlombaan yang ada mencapai 4874. Hal ini dikarenakan pelaksanaan KRAS 2024 mengikutsertakan satu nomor yang dikhususkan untuk finisher yaitu Kelompok Umur (KU) IV dan KU V. Tujuannya untuk ialah untuk memacu anak-anak usia dini agar bisa berpartisipasi dalam semua gaya renang.

"Kenapa ini penting, karena diusia dini KU IV, KU V itu agar bisa melakukan semua gaya. Kemudian tidak ditekan untuk kecepatannya. Sehingga teknisnya nanti bisa disemua gaya, sehinga nanti diusia spesialisasi sudah tinggal meneruskan," tandasnya.

Ditambahkan Agus, ajang renang ini diharapkan dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat. Sehingga pelaksanaan KRAS tahun depan dapat mengundang pelajar-pelajar dari luar negeri."Karena untuk tahun ini ada 28 provinsi yang ikut andil dikegiatan ini sehingga cukup lumayan besar event ini. Sehingga ini menjadi daya tarik tersendiri bagi atlet-atlet renang untuk datang di DIY. Kami berharap untuk tahun depan bisa mengundang negara tetangga," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gunung Ibu Pulau Halmahera Meletus, Abu Vulkanik Setinggi 3,5 Kilometer

News
| Minggu, 28 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement