Advertisement

Banyak Masalah Pengelolaan Air, UGM Buka Program Studi Teknik Sumber Daya Air

Catur Dwi Janati
Jum'at, 22 Maret 2024 - 09:17 WIB
Abdul Hamied Razak
Banyak Masalah Pengelolaan Air, UGM Buka Program Studi Teknik Sumber Daya Air Sumber Air - Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN— Untuk membantu mengatasi berbagai masalah dan tantangan pengelolaan sumber daya air di Indonesia, Fakultas Teknik UGM membuka Program Studi S1 Teknik Sumber Daya Air (TSDA).

Program yang perdana dibuka tahun lalu tersebut membawa misi menyiapkan SDM yang unggul di bidang pengelolaan air. "Untuk TSDA, kami berharap dapat berkontribusi menyiapkan SDM unggul  dalam bidang pengelolaan air, mengingat air merupakan sumber kehidupan," terang Dekan Fakultas Teknik UGM, Prof. Selo pada Kamis (21/3/2024).

Advertisement

BACA JUGA: Ribuan Hektare Lahan Pertanian di Sleman Gagal Tanam

Menurut Selo, Indonesia saat ini masih  menghadapi sejumlah persoalan pengelolaan air. Mulai dari ketidakseimbangan antara penyediaan dan permintaan air bersih, hingga masalah pencemaran air oleh limbah industri dan rumah tangga.

"Bahkan masih terjadi konflik dalam penggunaan air untuk pertanian, industri, dan pemukiman," imbuhnya.

Hingga saat ini terdapat delapan departemen dan 15 program studi yang ada di Fakultas Teknik UGM. Keberadaan program studi Teknik Sumber Daya Air yang baru dibuka tahun lalu tersebut akan menambah khazanah keilmuan pada bidang teknik di UGM.

Prof Selo menegaskan untuk menghadapi industri 4.0 atau era inovasi disruptif juga society 5.0, tidak ada pilihan lain kecuali memperkuat kemampuan inovasi. Khususnya dalam rangka menyiapkan generasi terbaik Indonesia yang nanti akan menjadi insinyur yang humanis dan profesional.

"Mata kuliah Konsep Keteknikan untuk Peradaban (KKUP) sebagai mata kuliah khas FT UGM merupakan salah satu upaya untuk menyiapkan lulusan yang humanis. Selain itu, pendidikan yang diberikan serta hasil pembelajaran diharapkan memiliki kualitas yang tinggi dan dapat bersaing di tingkat internasional," tandasnya. (Catur Dwi Janati

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kelola Judi Online Cuaca77.com, 11 Orang Ditetapkan Tersangka

News
| Selasa, 30 April 2024, 20:57 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement