Advertisement

Pemkab Gunungkidul Anggarkan Rp8,1 Miliar Untuk Rehabilitasi Venue PORDA XVII DIY 2025

Andreas Yuda Pramono
Senin, 22 April 2024 - 14:57 WIB
Abdul Hamied Razak
Pemkab Gunungkidul Anggarkan Rp8,1 Miliar Untuk Rehabilitasi Venue PORDA XVII DIY 2025 Obelix Sea View

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul menyiapkan anggaran Rp8,1 miliar untuk rehabilitasi gedung dan/atau sarana-prasarana penunjang Pekan Olahraga Daerah (PORDA) XVII DIY 2025. Anggaran paling besar tersedot untuk perbaikan Stadion Handayani sebesar Rp7,3 miliar.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Gunungkidul, Supriyanto mengatakan penentuan lokasi pertandingan telah ditetapkan bersama Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) DIY tahun lalu. Rekomendasi perbaikan pun telah diberikan KONI DIY. Ada sekitar 29 titik atau lokasi pertandingan untuk Porda XVII DIY 2025.

Advertisement

BACA JUGA: Alasan MK Tolak Seluruh Permohonan Sengketa Pilpres Kubu AMIN

“Cabang olahraga ada 49 cabor, tapi yang dipertandingkan sekitar 45 cabor. Soalanya kan ada cabor yang baru eksibisi,” kata Supriyanto ditemui di kantornya, Senin (22/4/2024).

Lokasi atau venue yang menjadi kewenangan Dispora Gunungkidul antara lain lapangan volli pasir, lapangan tenis di Sewokoprojo, gedung kesenian, dan lapangan Stadion Handayani. Lokasi lain, Dispora akan bekerja sama dengan Pemerintah Kalurahan/Desa, Swasta, dan Instansi Pendidikan seperti SMA 2 Wonosari.

Tahun lalu, Dispora juga telah melakukan peningkatan kualitas dan rehabilitasi seperti pengecatan lapangan tenis, kamar mandi, dan lapangan volli pasir. Selain itu, ada juga perbaikan lampu.

Tahun ini, Dispora masih akan melanjutkan rehabilitasi tersebut terutama lapangan Stadion Handayani. Target penyelesaian rehabilitasi tersebut pada September 2024. Dengan begitu, Dispora masih memiliki cukup yang apabila perlu perbaikan lagi.

“Di gedung kesenian juga akan ada aspal gedung kesenian untuk lapangan parkir,” katanya.

Dispora juga akan menyiapkan lokasi khusus sebagai sekretariat setiap kontingen. Dengan begitu, Pemkab akan menyewa bangunan seperti rumah kosong dengan dana APBD. Paling tidak durasi sewa hanya sampai delapan hari.

BACA JUGA: Naik Dua Kali Lipat, Program Padat Karya Sasar 264 Lokasi di Kabupaten Sleman

Selain persiapan infrastruktur, Dispora telah menghibahkan Rp2,9 miliar ke KONI Kabupaten. Anggaran tersebut digunakan untuk melakukan pembinaan atlet. Hibah tersebut mengalami kenaikan dibandingkan setahun sebelumnya sebesar Rp1,5 miliar.

Adapun jumlah atlet di Gunungkidul mencapai sekitar 600 orang mengacu pada Porda 2022. Supriyanto menegaskan tujuan Dispora ada dua yaitu sukses penyelenggaraan dan sukses prestasi.

“Ada yang bertanding minimal dua hari, bisa sampai delapan hari juga. Jadwal detail kami masih belum tahu. Kita lihat dari KONI DIY. Kan mereka penyelenggaranya,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Aktivitas Gunung Ibu Masih Tinggi, Sebagian Warga Memilih untuk Mengungsi

News
| Rabu, 22 Mei 2024, 08:27 WIB

Advertisement

alt

Lokasi Kolam Air Panas di Jogja, Cocok untuk Meredakan Lelah

Wisata
| Senin, 20 Mei 2024, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement