Advertisement

Pemilu Usai, Gus Endar Serukan Persatuan dan Kerukunan

Ujang Hasanudin
Jum'at, 26 April 2024 - 16:07 WIB
Ujang Hasanudin
Pemilu Usai, Gus Endar Serukan Persatuan dan Kerukunan Pembukaan Muhajadah Malam Jumat Pon di Pondok Pesantren Al Munawwir Krapyak, Panggungharjo, Sewon Bantul, Kamis (25/4/2024) malam. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Pengasuh Pondok Pesantren Al-Munawwir Krapyak, KHR Chaidar Muhaimin Afandi atau akrab disapa Gus Endar menyerukan seluruh anak bangsa untuk kembali menjaga persatuan dan kerukunan setelah terjadi perbedaan pilihan dalam Pemilu 2024.

Hal tersebut disampaikan Gus Kendar di depan ratusan jemaah pada acara Syawalan, Halal Bi Halal dan Pembukaan Muhajadah Malam Jumat Pon di Pondok Pesantren Al Munawwir Krapyak, Panggungharjo, Sewon Bantul, Kamis (25/4/2024) malam.

Advertisement

Acara yang digelar oleh Jam'iyyah Ta'lim Wal Mujahadah Padang Jagad ini mengambil tema "Merajut Kebhinekaan Mempersatukan Perbedaan, NKRI Harga Mati" menampilkan perform pelawak senior Marwoto Kawer dan Novi Kalur sehingga suasana bertambah gayeng dan meriah penuh keakraban.

"Sebagai warga negara kita semua wajib menjaga persatuan yang erat agar dalam lingkungan kita bisa hidup damai dan tentram," katanya.

BACA JUGA: Ganjar Pranowo ke Ponpes Al-Munawwir Krapyak, Jalin Keakraban dengan Gus Endar

Menurutnya, Pemilu telah usai sehingga tidak perlu terkotak-kotak karena perbedaan pilihan. Saat ini semua elemen bangsa harus kembali rukun, karena kebhinekaan mempersatukan perbedaan. "Kita harus selalu nguwong ke uwon. Tidak ada gunanya merawat perbedaan, "tandasnya.

Pendiri dan pengasuh Jam'iyyah Ta'lim wal Mujahadah Jumat Pon (JTMJP) "Padang Jagad' menegaskan bahwa persatuan adalah salah satu kunci penting untuk menjaga keutuhan bangsa. Siapapun harus selalu bersikap hati-hati, menjaga tutur kata, jangan membuat pernyataan yang bisa menimbulkan polemik di masyarakat.

Dengan demikian kehidupan akan ayem tentrem tanpa ada perselisihan antar anak bangsa."Urusan- urusan yang lain itu terserah Tuhan. Yang penting bagaimana kedepannya kita semua ini bisa guyub rukun. Pesn saya kepada semua jamaah ,selama 2 tahun ini saya selalu mengingatkan dimanapun adanya jamaah Padang Jagad harus bisa nguyub'aken siapapun semua elemen- elemen bangsa Kita semua punya kewajiban menjaga ketentraman lingkungan yang kita tinggali ini tanpa terkecuali," kata buyut dari KH.M.Munawwir bin Abdullah Rosyad, pendiri Pondok Pesantren Al-Munawwir Krapyak, yang merupakan perintis pendidikan al-Quran di tanah jawa itu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Muhadjir Sebut Jokowi Perintahkan Para Menteri untuk Bangun Rest Area Lebih Banyak

News
| Senin, 06 Mei 2024, 18:27 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement