Advertisement

JAB Fest 2024 Digelar Awal Mei, Pecinta Seni dan Buku Jogja Merapat!

Yosef Leon
Senin, 29 April 2024 - 15:27 WIB
Yosef Leon
JAB Fest 2024 Digelar Awal Mei, Pecinta Seni dan Buku Jogja Merapat! Dinas Kebudayaan DIY dan Yayasan Seruang menjelaskan rangkaian acara JAB Fest yang bakal digelar pada 1-14 Mei 2024 di The Ratan dan Kampoeng Mataraman, Senin (29/4/2024). - Harian Jogja/Yosef Leon.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dinas Kebudayaan DIY menggandeng Yayasan Seruang bakal menggelar Jogja Art + Books Festival (JAB Fest) pada 1-14 Mei 2024 di The Ratan dan Kampoeng Mataraman. Kegiatan itu digelar untuk mendukung pengembangan budaya dan pelestarian literasi.

Kepala Dinas Kebudayaan DIY Dian Laksmi Pratiwi mengatakan, agenda ini dianggap sebagai wajah keistimewaan budaya Jogja secara nasional dan Internasional.

Advertisement

"Literasi memberikan kekuatan pada setiap karya seni dan memberikan energi pada laku kebudayaan yang tumbuh dan bergerak sebagai identitas keistimewaan di Jogja," katanya, Senin (29/4/2024).

BACA JUGA : PROGRAM LITERASI: Milenial Diajak Belajar Agama di Era Digital

Menurutnya, program JAB Fest menjadi bagian dari strategi dalam menunjukkan identitas keistimewaan Jogja dari aspek literasi budaya yang telah direncanakan oleh Dinas Kebudayaan DIY. "JAB Fest tahun ini mengusung delapan program yang mempertemukan seni dengan literasi dalam beragam bentuknya," katanya. 

Ketua Program JAB Fest 2024 Dodo Hartoko menyatakan, delapan program tersebut yakni Diskusi buku, Performance Lecture, Berbincang, Seniman Bicara, Pameran Seni Rupa, The Sounds of Poetry, Penulis Bercerita, dan Bazar Buku. 

"Festival ini bermaksud menunjukkan kemewahan Jogja dari pertemuan seni dan literasi yang dihidupi dan digerakkan oleh masyarakatnya" katanya. 

Sederetan nama besar para penggerak seni dan literasi akan meramaikan acara, di antaranya, Eko Nugroho, Afrizal Malna, Leila S Chudori, Silampukau, Saut Situmorang, St. Sunardi, Puthut EA, Erizal, dan lainnya. Secara khusus, JAB Fest 2024 memberikan ruang seniman membicarakan karyanya dalam merefleksikan mooi Indie dari masa ke masa.

BACA JUGA : Bedah Buku Ajak Tingkatkan Ibadah dan Literasi

"Program JAB Fest ini mendapat dukungan dari Dinas Kebudayaan Pemda Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai bagian dari penguatan literasi dan pengembangan kebudayaan melalui dana keistimewaan Yogyakarta," ujarnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Soal Kaesang Mau Ikut Pilkada, Grace Natalie: Sudah Cukup Umur Maju Bupati atau Walikota

News
| Rabu, 15 Mei 2024, 14:07 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement