HomeJogjapolitan

Partai Ummat DIY Tegaskan Perekrutan Caleg Tanpa Mahar

Oleh:Sunartono
25 Januari 2022 - 14:27 WIB

Para anggota Tim Ad Hoc DPW Partai Ummat DIY saat memberikan keterangan terkait perekrutan Bacaleh, Selasa (25/1/2022). - Harian Jogja/Sunartono.

Harianjogja.com, JOGJA--Partai Ummat DIY yang juga besutan politikus senior Amien Rais secara resmi mengumumkan pendaftaran Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) untuk Pemilihan Legislatif 2024 mendatang. Partai ini menegaskan pendaftaran dilakukan tanpa mahar politik alias gratis.

Ketua Tim Ad Hoc DPW Partai Ummat DIY Iriawan Argo Widodo menegaskan Partai Ummat resmi memulai seleksi untuk bacaleg dengan membuka pendaftaran. Berbagai elemen masyarakat bisa bergabung menjadi Caleg dengan tanpa mahar.

"Untuk pendaftaran Bacaleg ini tanpa mahar alias gratis. Kemudian untuk sosialisasi dan menjalankan program tentu dari calon masing-masing," katanya di Kantor DPW Partai Ummat DIY, Selasa (25/1/2022).

Ia menambahkan para pendaftar tidak serta merta langsung diterima. Melainkan harus melalui seleksi dan memenuhi sejumlah syarat internal. Terutama berkaitan dengan kesamaan pandangan politik hingga visi dan misi partai. Menurutnya sudah banyak kader internal yang akan menjadi caleg terutama dari kalangan pengurus.

Partai Ummat DIY menargetkan ada satu caleg yang lolos ke parlemen untuk setiap daerah pemilihan. Gerilya melakukan perekrutan pun dimulai lebih awal.

Baca juga: Partai Ummat: Kami Mendapat Banyak Dukungan dari Warga Muhammadiyah di DIY

"Selain kami sampaikan ke masyarakat, kami lakukan pendekatan khusus terhadap beberapa tokoh yang memiliki potensi menjadi bacaleg dari Partai Ummat," ucapnya.

Ketua Divisi Rekruitmen Bacaleg DPW Partai Ummat DIY Arnabun menyatakan persentase 30% dari kalangan perempuan menjadi pertimbangan utama dalam perekrutan Caleg di Partai Ummat. Sehingga akan ada banyak perempuan yang berpeluang menjadi caleg bahkan mendapatkan kursi dari Umnat. Syaratnya, kata dia, tidak hanya bermodal cantik, namun juga harus memiliki intelektualitas serta memahami persoalan di dapilnya.

"Intelektual itu bukan berarti harus S1 atau S2 pendidikannya, tetapi mampu memahami persoalan di dapilnya agar keterwakilan perempuan tidak hanya pelengkap tetapi bisa menyuarakan apa yang jadi kepentingan di dapil," ucapnya. 

Tag: Pilpres 2024 Editor: Bernadheta Dian Saraswati

Artikel Terkait
Pengamat Prediksi Nasdem Gabung Koalisi Indonesia Bersatu 21 hours ago
Airlangga Bangun Koalisi Indonesia Bersatu, Kader Gerindra Beri Pujian 2 days ago
Ridwan Kamil Beri Dukungan Airlangga Jadi Capres 2 days ago
Temui Airlangga, Ridwan Kamil Tegaskan Bakal Balas Budi Terhadap Golkar 3 days ago
Koalisi Golkar, PAN dan PPP Tinggal Tentukan Capres dan Cawapres 3 days ago

Berita Pilihan

Cakupan Jaminan Kesehatan di Sleman Tembus 95,79%, Lampaui Nasional Pedagang Daging di Kulonprogo Jualannya Turun, Imbas PMK? DPC PDIP Kota Jogja: Ibu Mega Inspiratif & Membanggakan Rakyat Indonesia Kota Jogja Kelola Sampah dengan Sambal Pedas Terasi Kompetisi Digital Bisa Percepat Penerapan Sekolah Pintar
Berita Terbaru
Hafiz Ungkap Tips Mempertahankan Hafalan 26 minutes ago
UNY Latih Alumni Siswa Calon Ayah-Ibu Mahir Arsip Keluarga 36 minutes ago
Mengenal Pangan Lokal untuk Kesehatan 46 minutes ago
Merapi Muntahkan Lagi Awan Panas Sejauh 2,5 Kilometer 1 hour ago
200.000 Anak Muda Diajak Belajar Teknologi Digital Secara Gratis 1 hour ago

Terpopuler

Rumah Warga Gunungkidul Disewa Rp17 Juta untuk Syuting KKN Desa Penari Bus Rombongan Takziah Terguling di Gamping, Satu Meninggal Bus Sekolah di Gunungkidul Penuh, Ada Siswa Menangis Tak Kebagian 1 Penumpang Tewas Akibat Bus Terguling di Sleman, Ini Videonya... Tega, Pemuda di Kulonprogo Tipu Teman SMP Rp50 Juta
Cek Jadwal KRL Jogja-Solo, Termalam 20.22 WIB dari Lempuyangan 3 hours ago
Menguatkan Ruang dan Kesempatan Kelompok Difabel dalam Pesta Demokrasi 4 hours ago
Tidak Ada Klithih Apabila Remaja Berteater 5 hours ago
Panitia Muswil VII Buka Pendaftaran Calon Ketua MPW Pemuda Pancasila DIY 6 hours ago
Dinas Kominfo DIY dan KPID Siapkan Masyarakat Beralih ke Siaran TV Digital 6 hours ago