Advertisement

Tips Mudik Lebaran 2024 Menggunakan Mobil Pribadi

Newswire
Selasa, 26 Maret 2024 - 14:17 WIB
Abdul Hamied Razak
Tips Mudik Lebaran 2024 Menggunakan Mobil Pribadi Suasana Jembatan Kretek 2 yang steril dari pedagang kaki lima untuk memperlancar arus alternatif mudik di Bantul, Minggu (23/4/2023). - Harian Jogja - Yosef Leon

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Anda hendak mudik lebaran menggunakan mobil pribadi? Jika iya, sebaiknya persiapkan diri dan kendaraan Anda sejak saat ini agar perjalanan selama mudik tidak terganggu.

Berikut hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum mudik menggunakan mobil pribadi yang dikutip dari Antara pada Selasa (26/3/2024).

Advertisement

1. Periksa surat-surat kendaraan

Dokumen kendaraan yang harus disiapkan sebelum berkendara meliputi Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Surat Izin Mengemudi (SIM) aktif. Kedua dokumen tersebut penting untuk menghindari tilang ketika ada pemeriksaan.

2. Siapkan fisik dan mental

Pemudik juga mesti mempersiapkan kondisi fisik dan mental untuk melalui jalur-jalur yang tidak biasa dilalui dalam perjalanan mudik.

Perjalanan mudik yang bisa sampai berjam-jam dapat membuat kondisi tubuh menurun. Jadi, pastikan pengemudi dan seluruh anggota keluarga dalam kondisi sehat dan cukup tidur beberapa hari sebelum berangkat mudik.

Selain itu, pemudik juga perlu menyiapkan obat-obatan pribadi di tempat yang mudah dijangkau di dalam mobil.

BACA JUGA: Pemudik Lebaran 2024 Diminta Waspadai Jalur Rawan banjir dan Longsor di Sleman

3. Cek kaki-kaki mobil

Sebelum digunakan untuk mudik, kendaraan sebaiknya diperiksa kondisinya. Periksa kondisi kampas rem, suspensi, tie rod, ball joint, hingga pelek serta bautnya. Jika kondisi sudah kurang baik, maka sebaiknya diganti.

Ban yang sudah tidak layak pakai sebaiknya diganti, karena daya cengkeramnya pada permukaan jalan sudah turun sehingga bisa membahayakan keselamatan saat digunakan untuk berkendara ketika hujan.


4. Perhatikan mesin kendaraan

Mesin kendaraan sebaiknya diperiksa sebelum kendaraan digunakan untuk perjalanan mudik. Gunakan pelumas berkualitas yang sesuai dengan spesifikasi mobil agar mesin terhindar dari gesekan berlebih yang dapat merusak komponen mesin.

Pemilik kendaraan dapat melihat buku manual untuk memilih pelumas yang sesuai dengan spesifikasi mobil.

5. Perhatikan rute perjalanan

Pemudik hendaknya mempelajari rute yang akan dilalui dalam perjalanan mudik serta medan dan kondisi jalan yang akan dilalui, lokasi tempat istirahat, dan lokasi posko kesehatan terdekat.

Cek pula jalur-jalur yang rawan macet di sepanjang jalur mudik. Pemudik bisa memanfaatkan fitur peta digital pada gawai untuk menandai titik-titik rawan macet dan jalan alternatifnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Buruan Beli! Harga Tiket MotoGP Diskon 50 Persen

News
| Sabtu, 27 April 2024, 13:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement