HomeNews

Cek Fakta: Truk Tulisan Kanji yang Diributkan Andi Arief Dimiliki Perusahaan Sleman, Angkut Logistik Pemilu untuk Kulonprogo

Oleh:Yudi Supriyanto
13 Maret 2019 - 16:47 WIB

Cuitan Andi Arief soal truk bertuliskan kanji bersegel KPU. - Twitter

Harianjogja.com, JOGJA — Asosiai Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) DPD Jawa Tengah dan DIY angkat bicara ihwal kontainer bertuliskan aksara Jepang yang mengangkut surat suara Pemilu 2019. Kontainer itu jadi perbincangan karena fotonya diunggah oleh politikus Partai Demokrat Andi Arief di Twitter.

Truk yang membawa kotak kargo tersebut mengangkut kotak suara dari sebuah percetakan di Solo ke kantor KPU di Kulonprogo. Truk itu dimiliki perusahaan angkutan di Sleman.

Aris Sriyono, General Manager PT Jaya Mulya Eralindo, mengungkapkan perusahaannya mendapat pesanan muatan dari PT. Cabe Raya Surabaya yang menjadi rekanan dari percetakan yang tidak memiliki hubungan bisnis sama sekali dengan KPU.

"Ya, memang benar truk yang diributkan dalam pemberitaan tersebut adalah milik perusahaan kami yang berdomisili di Ring Road Barat Kradenan Gamping, Sleman, DIY,” kata Aris yang juga menjabat sebagai Wasekjen DPD Aptrindo Jawa Tengah dan DIY dalam pernyataan resmi yang diterima Jaringan Informasi Bisnis Indonesia, Rabu (13/3/2019).

Aris mengatakan armadanya membawa kotak suara dari percetakan PT. Nyata Grafika Media, Jalan Adi Sumarmo 138, Kartasura, Sukoharjo ke kantor KPU di Kulonprogo, dengan pengawalan ketat dari kepolisian Polres Surakarta.

Sebelumnya, Andi Arief, mantan Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat,  menyebar foto truk bertuliskan kanji Jepang dengan segel KPU.

Komisioner KPU Viryan Aziz langsung meredakan suasana dan menegaskan tak ada kecurangan dalam penyediaan logistik Pemilu 2019. “Kalau disebarkan kan belum tentu jelas. Dosa loh nyebarin hal yang belum jelas. Biarkan publik akan menilai siapa dari masing-masing pihak. Orang itu kan sekarang akan dilihat dari postingan-nya,” katanya di Gedung KPU, Jakarta, Senin (11/3/2019).

Komisioner KPU Ilham Saputra menceritakan truk bertuliskan kanji itu mengangkut logistik Pemilu 2019 ke Kabupaten Kulonprogo. Pemenang lelang adalah konsorsium Temprina yang pabriknya berada di Solo. 

“Jadi tidak ada itu surat suara dari Cina. tidak ada. Sekali lagi itu adalah surat suara yang dikirimkan pemenang atau kemudian penyedia surat suara yang kami kirimkan ke Kabupaten Kulonprogo,” jelasnya.

Sementara itu wanita yang terpampang dalam foto tersebut adalah Ketua KPU Kulonprogo bernama Mutiah. Dia dikawal oleh polisi yang mengamankan surat suara.

“Kemudian diangkut oleh logistik yang kebetulan kebanyakan kontainernya diimpor dari Singapura. seperti itu. Jadi tidak ada itu surat suara yang dicetak di Cina, dicoblosin, dan sebagainya,” ucapnya.

Sumber: JIBI/Bisnis Indonesia Tag: pilpres 2019, pemilu 2019, Andi Arief, Cek Fakta Editor: Budi Cahyana

Artikel Terkait
CEK FAKTA: Inul Daratista Meninggal Dunia karena Kecelakaan? 1 week ago

Berita Pilihan

Mulai 1 Januari 2022, Ini Kebijakan Pajak Penghasilan Terbaru Ayah Vanessa Angel Siap Polisikan Para Haters Mahfud Salah Tulis 2022 Jadi 2032 saat Ucapkan Tahun Baru, Warganet Bereaksi.. Kota Semarang Banjir saat Malam Pergantian Tahun Baru Pergantian Tahun Baru 2022 di Kota Magelang Kondusif
Berita Terbaru
Ini 3 Sektor Unggulan untuk Percepat Pertumbuhan Ekonomi Magelang 3 hours ago
Jokowi Minta Masyarakat WFH di Tengah Melonjaknya Kasus Omicron 12 hours ago
Riset: UGM Sebut Masyarakat Ingin Gojek dan Angkutan Umum Terintegrasi 12 hours ago
Hasil Riset UGM: Transportasi Online Bisa Lengkapi Angkutan Massal 13 hours ago
Ada Lowongan Kerja di BCA, Ini Posisi dan Syarat yang Dibutuhkan 13 hours ago

Terpopuler

Pemberontak Myanmar Serang Kantor Polisi dan Bunuh Belasan Anggota Keamanan Warga Magelang Jadi Tersangka Penerbangan Balon Udara Berisi Petasan KECELAKAAN LION AIR: Angkasa Pura I Selidiki Arahan ATC JT 960 5 Mapala UMY Taklukkan Gunung Elbrus Kesadaran Berasuransi Mulai Meningkat saat Pandemi
Impor Vaksin Covid-19 Dipastikan Berkurang, Ini Penjelasan Menkes 13 hours ago
Pemerintah Janjikan Minyak Goreng Harga Rp14.000 per Liter Berlaku Besok 14 hours ago
Pemerintah Upayakan Agar Minyak Goreng Tetap Murah 16 hours ago
Balihonya Bermunculan, Ridwan Kamil Blak-blakan Mengaku Tengah Kampanye 17 hours ago
Diduga Hina Korban Pemerkosaan, Kasatreskrim Polres Boyolali Dicopot 17 hours ago