Olahraga

KONI DIY Targetkan 11 Emas di PON XX

Penulis: Ujang Hasanudin
Tanggal: 03 Mei 2021 - 23:07 WIB
Gubernur DIY Sri Sultan HB X, berfoto bersama dengan perwakilan pengurus KONI DIY Masa Bakti 2021-2025 di Bangsal Kepatihan, sesuai dilantik, Senin (3/5/2021). - Harian Jogja/Ujang Hasanudin

Harianjogja.com, JOGJA—Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) DIY menargetkan 11 medali emas pada ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX yang akan diselenggarakan pada Oktober 2021 di Papua. Target ini lebih kecil dibandingkan dengan PON sebelumnya ketika KONI DIY mampu mendulang 16 medali emas.

Ketua Umum KONI DIY Djoko Pekik Irianto mengatakan untuk menghadapi PON XX di Papua, organisasinya sudah melakukan pelatihan semua cabang olahraga sejak 2017 lalu. Bahkan tahun lalu sebenarnya sudah siap, namun karena pandemi Covid-19 sehingga PON ke-XX yang sedianya digelar 2020 akhirnya ditunda menjadi Oktober tahun ini.

Mulai awal tahun ini, kata Djoko, semua atlet sudah berlatih dengan mengedepankan protokol kesehatan, “Kami kejar target 11 medali emas,” kata Djoko, seusai dikukuhkan bersama pengurus KONI DIY periode 2021-2025 oleh Ketua Umum KONI Pusat, Letjen TNI (Purn) Marciano Norman di Bangsal Kepatihan, Senin (3/5/2021).

Djoko tidak menampik target ini lebih kecil dibandingkan perolehan pada PON sebelumnya ketika DIT mendapatkan 16 medali emas. Menurut dia, dalam pelaksanaan PON XX di Papua ini harus realistis mencapai target, karena ada dua cabang olahraga yang tidak dipertandingkan dalam PON XX tersebut, yakni, balap sepeda dan dansa. Padahal dua cabang olahraga tersebut menjadi salah satu andalan.

Pada awalnya, KONI DIY menargetkan 17 medali emas dengan catatan tiga dari cabang olahraga balap sepeda dan dua dari dansa. “Karena tidak dipertandingkan kami realistis saja,” ujar Djoko.

Sementara ini, target 11 medali emas yang menjadi andalan adalah cabang olahraga panahan, voli pasir, bela diri dan sepatu roda. Djoko optimistis target 11 medali emas akan tercapai. Setelah selesai penyelenggaraan PON XX, KONI akan bersiap kembali mempersiapkan PON selanjutnya yang kemungkinan digelar 2023 atau lebih cepat dari sebelumnya.

Berbeda dengan target KONI DIY, Gubernur DIY, Sri Sultan HB X justeu meminta KONI DIY menargetkan 20 medali emas. Syarat mutlak untuk meraih target tersebut adalah disiplin diri dalam berlatih dan mengikuti semua program Pusat Pelatihan Daerah (Puslatda). Namun tetap dengan mematuhi protokol kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

AHY Pasang Target LavAni Pertahankan Gelar Juara di Proliga 2024
Proliga 2024, 14 Tim Bakal Bertanding di 9 Kota Memperebutkan Gelar Juara
PPDB Kelas Khusus Olahraga untuk SMP Negeri di Bantul Mulai Dibuka
Petenis Serbia Djokovic Raih Penghargaan Olahragawan Terbaik Dunia

Video Terbaru

Berita Lainnya

  1. Boyolali Kembali Diguyur Hujan Sore Ini, Simak Prakiraan Cuaca Sabtu 27 April
  2. Prakiraan Cuaca Klaten Sabtu 27 April: Pagi Cerah Berawan, Sore Hujan
  3. Bersahabat! Tidak Ada Hujan di Wonogiri pada Prakiraan Cuaca Sabtu 27 April
  4. Garuda Selangkah Lagi Menuju Paris, Ini Fakta tentang Olimpiade Melbourne 1956

Berita Terbaru Lainnya

PLN Mobile Proliga 2024 di Yogyakarta Resmi Dibuka, Jakarta Elektrik PLN Siap Berlaga
Proliga Hari Pertama, Jakarta Pertamina Enduro Kalahkan Bandung BJB
Jadwal Proliga 2024 Kamis 24 April, Pertandingan Pertama LavAni vs Garuda Jaya
Jangan Sampai Kehabisan, Tiket Proliga Bisa Dibeli di PLN Mobile
Proliga 2024, 14 Tim Bakal Bertanding di 9 Kota Memperebutkan Gelar Juara
Petenis Serbia Djokovic Raih Penghargaan Olahragawan Terbaik Dunia
Megawati Bidik Gelar Juara Proliga 2024
Peringkat Jonatan Christie Kini di Tiga Besar Dunia
Seorang Nenek Pecahkan Rekor Dunia Plank Terlama di Usia 58 Tahun
Jogja Tuan Rumah Superchallenge Supermoto 2024, Catat Tanggalnya