Advertisement

Google Keluhkan Perpres Hak Penerbit, Menkominfo Janji Cari Titik Temu

Akbar Evandio
Minggu, 06 Agustus 2023 - 11:57 WIB
Sunartono
Google Keluhkan Perpres Hak Penerbit, Menkominfo Janji Cari Titik Temu Google Keluhkan Publisher Rights, Menkominfo Janji Cari Titik Temu. Menkominfo Budi Arie Setiadi dalam konferensi pers perjudian online di kantor Kominfo, Jakarta pada Kamis (20/7/2023). - Bisnis.com/Widya Islamiati

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie memastikan bakal menampung dan mencari solusi terkait dengan keluhan Google mengenai draf Peraturan Presiden (Perpres) tentang Publisher Rights atau hak penerbit.

Dia mengatakan meski pun aturan ini nantinya bakal mewajibkan platform digital Google untuk membayar berita dari media massa yang ditampilkan di platformnya, tetapi pemerintah akan memastikan ekosistem digital tetap berjalan dengan sehat.

Advertisement

BACA JUGA : Menkominfo Akan Bikin Gebrakan untuk Berantas Judi Online

"Ya pastinya semua keluhan diakomodasi, kami kan cari titik temu ya. Pemerintah prinsipnya ingin ekosistem [dari terciptanya PP] ini menyehatkan," ujarnya kepada wartawan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Sabtu (5/8/2023) malam.

Budi melanjutkan Kemeterian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo)  sedang melakukan pengkajian dari dinamika masing-masing penerbit besar. Kementeriannya ingin ada harmonisasi antara penerbit dengan Google dalam aturan tersebut.

Namun, Budi saat ini belum bisa memastikan mengenai kepastian waktu soal penentuan nasib Publisher Rights tersebut. "Ya secepatnya, secepatnya, kita kan masih terus berdialog dengan banyak pihak untuk itu," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gobel Minta Jepang Ajari Smart Farming kepada Petani Muda Indonesia

News
| Minggu, 05 Mei 2024, 12:37 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement