Advertisement

TKN Apresiasi Sikap Surya Paloh yang Menerima Hasil Pemilu 2024

Newswire
Kamis, 21 Maret 2024 - 09:47 WIB
Abdul Hamied Razak
TKN Apresiasi Sikap Surya Paloh yang Menerima Hasil Pemilu 2024 Surya Paloh / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Tim Kampanye Nasional Prabowo-Gibran mengapresiasi sikap Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh yang menerima hasil Pemilu 2024. Hal itu disampaikan usai rapat pleno Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI untuk Pemilihan Umum Presiden (Pilpres) 2024.

Wakil Ketua TKN Meutya Hafid mengatakan TKN mengapresiasi sikap Ketum NasDemyang secara langsung menyampaikan menerima hasil Pilpres 2024. "Di mata kami, sikap Bang Surya itu menunjukkan sosok kesatria yang mengakui dan menerima keunggulan serta kemenangan orang lain dengan jiwa besar," kata kata Meutya dikutip Kamis (21/3/2024)

Advertisement

Pernyataan Surya Paloh yang menerima hasil Pilpres 2024 disampaikan secara langsung usai penetapan KPU RI pada Rabu (20/3/2024) malam. Sikap itu, kata Meutya, menunjukkan senioritas Surya Paloh sebagai seorang politisi yang bijak.

BACA JUGA: Ojol Ogah THR Diganti Insentif, Ini Alasannya

"Yang saya kenal, Bang Surya adalah tokoh politik senior yang sudah melalui asam garam berbagai kontestasi nasional. Apa yang disampaikan Bang Surya atas hasil Pilpres 2024, bahwa politik harus jalan terus, move on," katanya menegaskan.

Meutya yang juga Ketua Komisi I DPR RI itu mengapresiasi Partai NasDem yang akan membuka komunikasi dengan semua kubu, termasuk pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2 Prabowo-Gibran demi mengedepankan persatuan bangsa.

Pihaknya juga berharap hal ini dapat diikuti oleh partai-partai politik lainnya. Apalagi capres terpilih Prabowo Subianto juga kembali menegaskan bahwa beliau menyampaikan siap bekerja sama dengan mengajak semua elemen bangsa termasuk kubu pasangan calon nomor urut 1 dan 3 untuk bersama membangun bangsa.

Sebelumnya, Surya mengumumkan partainya menerima hasil Pemilu 2024 dan hasil pemilihan presiden-wakil presiden di Pemilu 2024. Surya Paloh juga mengucapkan selamat kepada Prabowo-Gibran sebagai pasangan calon terpilih di Pemilu 2024.

“Partai NasDem mengucapkan selamat kepada seluruh partai politik peserta Pemilu 2024, dan ketiga pasangan calon yang telah mengikuti kontestasi pemilihan presiden pada Pemilu 2024. Partai NasDem mengucapkan selamat kepada pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai pemenang Pilpres 2024,” kata Surya Paloh.

Dia menyatakan para peserta pemilu punya pilihan dalam merespons hasil Pemilu 2024, yaitu menerima, menolak, dan abstain — tidak menerima dan tidak menolak.

“NasDem menyatakan sekali lagi demi kepentingan persatuan nasional dia menerima hasil Pemilu 2024 dengan catatan berbagai kekurangan, berbagai hal-hal yang perlu kita perbaiki, kita harus perbaiki. Itulah sikap NasDem,” kata Ketua Umum NasDem.

BACA JUGA: Perolehan Suara Prabowo-Gibran Terbanyak dalam Sejarah Pemilu

Hal itu disampaikan Surya Paloh usai Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden RI Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2024-2029.

Penetapan tersebut tertuang dalam Keputusan KPU Nomor 360 Tahun 2024 tentang Penetapan hasil Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota Secara Nasional dalam Pemilihan Umum Tahun 2024.

"Hasil Pemilihan Umum secara nasional sebagaimana dimaksud dalam Diktum Kesatu sampai dengan Diktum Kelima ditetapkan pada hari Rabu tanggal 20 bulan Maret tahun 2024 pukul 22.18.19 menit WIB," kata Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari di Gedung KPU RI, Jakarta, Rabu malam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Prabowo Subianto: Terima Kasih MK!

Prabowo Subianto: Terima Kasih MK!

Pemilu2024 | 1 week ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PBB Sebut Evakuasi Warga Rafah Butuh Waktu 10 Hari

News
| Rabu, 01 Mei 2024, 21:57 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement